Thursday 16 November 2023

Penyebab freezer kulkas 2 pintu tidak dingin

 Penyebab kulkas 2 pintu tidak dingin di bagian bawah


kulkas inverter 2 pintu saya 1 tahun belakangan ini mengalami tidak dingin di area pintu bawah . chiller atau apa namanya yang tempat menyimpan makanan / buah, namun pada freezer tidak ada kendala, penyebab nya apa ya.


yang menjengkelkan adalah membuat makanan / sayuran / buahan buahan menjadi cepet busuk, karena tidak ada udara yang masuk, lalu saya coba buka kulkas atas, saya buka dalamnya ternyata bagian kipas yang menyalurkan udara hawa dingin atas tidak sampai ke bawah karena keblock bunga es, nah biasanya penyebabnya ini guys. kan sumber dingin bagian bawah itu ambil dari atas freezer, kalau keblock ya gak bisa turun udara dingin nya.

namun sayang nya keblock ini sebab akibat, karena pada dasarnya kulkas 2 pintu itu akan menguras secara otomatis, tidak seperti pada umumnya kulkas 1 pintu yang perlu di kuras biar gk makin menebal bunga es nya.

kalau punya saya kurang tau penyebab nya apa, karena setelah saya kuras, pasti gak sampai 1 minggu kulkas bagian bawah udah gk dingin, ujung ujung nya saluran hawa dingin yang menyalurkan dari atas ke bawah itu keblock es.

kalau saya lihat youtube ada 2 kemungkinan, 1 termis nya eror, cuman termis ini jarang eror sih sebenar nya, kemarin saya coba ganti termis punya sy tetep tidak beres, bisa juga perangkat heater yang mencairkan buang es di evaporator, harusnya kulkas 2 pintu itu evaporator nya akan mencair sesuai timer si kulkas nya, jadi gak boleh ngblock es, tempatku itu ngblock es, bisa juga otaknya si kulkas, kan biasanya kulkas 2 pintu itu udah di program , bukan mekanikal lagi untuk proses pengurasan.

punya saya sudah habis 700rb an belum beres , baru 1 bulan kambuh lagi, akhirnya saya beli baru 3.5jt udah dapat kulkas 2 pintu inverter juga. setelah sy pikir pikir drpd benerin lagi mending beli baru.

oiya kata mas servis kulkas penyebab utama kerusakan kulkas yang sudah inverter itu adlaah daya listrik yang tidak stabil, memang tegangan listrik di rumah saya itu gak stabil di 220, sering drop kalau pas sore hari, nah kemarin pas beli baru langsung pasang inverter, sebetulnya kulkas nya udah 10 tahun lebih sih, ya sudah untung pemakaian, kalau kata tukang servis yang lain untuk perbaikan yang pintu bawah tidak dingin itu kira kira 350rb, namun sy kok males, takut gagal lagi,








No comments:

Post a Comment