Monday 27 July 2020

Ada Cahaya Pelangi Ketika Melihat Cahaya Terang

Ada Cahaya Pelangi Ketika Melihat Cahaya Terang






" Ada yang lain
Disenyummu
Yang membuat lidahku
Gugup tak bergerak
Ada pelangi
Di bola matamu
Dan memaksa diri… "
~ ~ Pelangi di matamu Jamrud ~ ~

http://suarahampa.blogspot.com/ Mungkin kamu masih teringat dengan lirik lagu tersebut gaes , emang sih ini kalau anak milenial gak tau lirik nya, kalau anak 90an pasti tau lah, heheh sebenare gak nyambung juga sih dengan artikel yang ane buat, cuman ane mau menggaris bawah "ada pelangi di bola matamu " ternyata penggalan lirik ini gak indah indah banget sob, karena ada pelangi di mata itu bisa jadi tanda ketidak normalan sebuah panca indra kita.


      Berawal dari ane suka melihat cahaya pelangi di sekitar cahyaa lampu terang, terutama di tempat tempat gelap, ane sangat kwatir kan dengan kondisi mata ane, ane merasa kan ini setelah ganti kacamata, tepatnya bulan maret, ane baca baca sih melihat cahaya pelangi di mata itu tanda mata bahaya serius gaes, lalu baru hari Jumat kemarin tgl 24 Juli 2020 berani memeriksakan mata ane, ane periksa di Dokter Endang Purwanti.

      Oiya selain melihat cahaya pelangi mata ane yang kiri juga merasa kayaknya minus nya nambah, kan ane takut tu, kenapa nambah minusnya cepet , huhu. sampai di dokter Endang ane langsung bilang melihat cahaya pelangi gitu, dokternya bilang "waduh " wah ane juga takut kan, hehe

      Pertama ane dicek ukuran tekanan bole mata , nah disitu alatnya kayak kita disuruh melihat di lubang gitu, nanti kita akan semacam di tiup dari alatnya, gak sakit sih pemerikasaan ini, nama alatnya contacless tonometer, ternyata tekanan bola mata nya yang kanan 18mmHg, yang kiri cukup banyak 20mmHg, lalu sama di test dilihatkan syaraf optik alatnya namanya kalau gak salah oftalmoskopi, disini akan keliatan syaraf mata gimana gitu, cara ngetesnya gak sakit, jadi ini alatnya kayak alat foto gitu, nah lensanya panjang dan model corong, mungkin ini ngzoom banget lensannya jadi bisa sampai syaraf mata keliatan, dini keliatan apakah masih bagus atau udah parah, punya ku kemarin katanya tidak apa apa, diagnosa dokter hipertensi okular,

      Hipertensi okular itu artinya tekanan bola mata tinggi, klaau dibiarkan bisa mencetuskan faktor glukoma, bahaya gaes pokoknya kalau dibiarin, jujur saja ane tidak mengalami pusing atau mual atau mata merasakan sakit, yang ane rasakan cuman melihat pelangi di sekitar lampu terang kalau kondisi gelap aja, ini gejala orang bisa bervariasi, kalau parah mungkin di keadaan terang pun cahaya pelangi akan nampak, ada yang bilang juga mata kayak mau keluar atau kayak tertusuk tusuk gaes.

     selain itu ane juga minta cek mata apakah nambah atau tidak, ternyata nambah juga .huhu
ini hasil pemeriksaan februari kemarin


lalu ini tanggal 24 kemarin



eh setelah tak amati ternyata silinder ane turun, tapi sama aja karena minus naik, ini kalau silinder dinaikan pastinya minus juga turun, wkwkw. pas periksa kemarin gak mahal gaes, 70rb aja, udah cek tekanan bola mata, cek syaraf mata, dan cek minus mata.

Tidak sampai disini pemirsa, llau ane diresepkan obat dengan obat tetes, cendo timolol, bagi penderita glukoma atau hipertensi okular obat ini tentu tidak asing, karena ini biasa diresepkan untuk penderita tersebut, obat ini jenis beta blocker, jadi cara kerjanya adalah biar memperlambat produksi cair di dalam mata gaes, saya diresepkan 2x dalam 1 hari , mata kanan dan kiri, beberapa orang kalau cukup tinggi pasti gak cumna 1 obat, berhubung ane masih batas normal tapi cukup tinggi maka diresepkan ini saja, batas normalnya kalau gooling segini 10-21 mmHg, tapi kata dokter Endang paling tidak sekitar 16an MmHg lah, gitu.

     
Setelah diresepkan ane menuju k24 buat nebus obat, perlu diketahui obat ini bisa mengakibatkan efek samping, sebelum dikasih ditanyain apakah ada riwayat asma, gitu mungkin akan membahayakan kalau ada asma, ane tebus obat ini harga 60rb an gaes, lalu nanti kalau habis atau misal 3 bulan belum habis disuruh kembali lagi ke dokter, akan dievaluiasi. penggunaan 12 jam , 12 jam karena 2x dalam sehari.

     
 nah malamnya ane coba ditetesi, dengan bantuan bini kedua mata ane ditetesi, obat ini bikin mata perih, lalu mata memerah, ini awal awalnya tapi gak sakit bgt kok, dan tenggorokan rasanya pait.wkwkw tapi gak papa demi kesembuhan gaes.

     apakah sudah ngefek ? efek yang ane rasakan adalah kalau diteken bola mata tidak terlalu keras sebelum menggunakan obat ini, lalu biasanya otot otot mata akan kemerahan setelah perjalanan, kemarin otot mata ane gak kemerahan, emang sih kadang ane suka merasakan mata cepet merah dan perih kalau dibuat naik motor perjalanan 1jam an, mungkin mata gak tegang tegang banget setelah ditetesi, lalu untuk cahaya pelangi masih nampak, ane belum melihat perubahan signifikan, eh hampir lupa kadang ane kalau bangun tidur melihat bola lampu muncul lingkaran abu abu dikondisi terang, ini udah 3 hari ane belum lihat, emang sih tekanan bola mata itu tinggi kalau bangun tidur, semoga ane gak lihat lingkaran di lampu karena tekanan bola mata udah turun.

      Sekian dan terimakasih, ane berpesan bahwa jika kamu merasakan yang ane tuliskan di atas, segera hubungi dokter mata, daripada dibiarin lebih jauh, ane pun nyesel baru 3 bulan periksa, makin dini kita tau tekanan bola mata tinggi, maka pengendalian makin mudah daripada dibiarin, jangan takut pokoknya. bye bye gaesss

lanjutan ada diisini ya... terdiagnosa glaucoma tekanan normal


20 comments:

  1. misi gan, ane juga didiagnosis hipertensi okular, ada silinder juga nih. kebetulan liat pelangi jg klo pas lagi dijalan raya malem malem. tekanan kemaren 25-23 turun tp masih diatas normal 22-21. masih liat pelanginya gak gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener gan ane juga tekanan sih saya udah 14 tp kenapa masih muncul pelanginya
      oiya gan bisa telegram saya nanti saya tambahkan ke grup hipertensi okular di whataapp

      Delete
  2. Bang masukin aku di grup hipertesi okuli dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. tp grupnya gak aktif bgt ya ..uidah tak mintol adminnya nambahin

      Delete
  3. Berapa biaya keseluruhan cek mata bang?? Masa cuma 70 ribu??

    ReplyDelete
    Replies
    1. klaau di klinik aku periksa sgitu, karena eamng alatnya tidak sebanyak misal periksa di di RS khusus mata besar

      Delete
  4. Bang sekarang gimana kondisi matanya bang tolong dijawab bangg,saya juga kayak abangnya semoga bukan glukoma🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. periksa aja gan, saya kalau pas seharian habis kerja di depan komputar masih keliatna tu pelanginya gan

      Delete
    2. Boleh minta wa atau id telegramnya bang mau tanya-tanya lagi?boleh ya bang🙏

      Delete
    3. ada di aboutme kontak saya mas

      Delete
    4. http://suarahampa.blogspot.com/p/about-us.html

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Bang kalo ngeliat pelanginya cuma kadang kadang ga sering itu gimana ya?

    ReplyDelete
  7. Bang saya periksa ke dokter mata periksa ny bentar bngt trs Blng ny kena glukoma dh gtu penjelasan singkat bngt GK diksih tau tinggi tekanannya gmn bng :(GK ilng"pelangi ny
    Mohon di bls bhng

    ReplyDelete
    Replies
    1. situ OCT ngga ? OCT aja..saya jg diagnosa glukoma tekanan normal

      Delete
  8. Gmana matanyabbg..anak saya 3 tahun gt kyknya krna radiasi lapto

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kena Normo tension glaucoma..mendingna OCT amannya

      Delete