Friday, 17 November 2017

Pengalaman Mengikuti Sidang Pelanggaran Lalu Lintas

Pengalaman Mengikuti Sidang Pelanggaran Lalu Lintas


Pada hari Rabu tanggal 01 November 2017 ane pulang kerja, eh kok pas di pertigaan bangjo bandara Adisucipto ane di deketin sama pak polisi, dia tiba-tiba nanya dalam hati sebenarnya ane ingin jawab "semua laki-laki memang selalu salah pak" niat jawab itu ane urungkan karena mungkin terdengar jayus, Bapak Polisi menjelaskan kalau motor ane ngga nyalain lampu, waduh ane lupa kalau ternyata tanggal ini ada operasi zebra , yaitu dari tanggal 1 - 11 november, langsung Pak Pol minta STNK beserta sim, okaydah karena ane baik hati ane kasih tuh surat-surat, dalam hati untung STNK ane tidak tertukar dengan motor Ducati Honda Prima kelangenan bapak. Pak Polkis nanya ane, mau surat yang biru atau yang merah, doi jelasin kalau yang biru kita bayar via bank BRI, ane juga sebetulnya kurang tau dengan opsi surat biru, yaudah dah ane minta yang surat tilang warna Tilang, dalam Surat Tulisan Tertulis "Pasal 288(2)" yang berbunyi 
"Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan tanpa menyalakan lampu utama pada malam hari dan kondisi tertentu sebagaimana dimaksud dalamPasal 107 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah) (Pasal 293 ayat 1"

Setelah dikasih surat tilang ane pulang dengan perasaan kesal, yup memang kesal, karena apa kok ngga diingetin dulu ya kalau pelanggar ternyata cuman lupa, wong ya setelah di hidupkan kembali nyala lagi kok, kalau benar-benar lampu mati baru kena denda,...ah yasudahlah, itung-itung bersedekah, siapa tau memang saya kurang bersedekah.

      Nah ini bagian Intinya nya, tadi cuman intro saja jadi ane dapat sidang tanggal 17-11-2017, tepat pagi tadi, ane berangkat dari rumah ke Kejaksaan Negeri Sleman dari jam 06.30 pagi, sampai sana jam 07.45 ternyata sudah banyak pelanggar lain yang ikut sidang juga, ternyata walaupun sidang dimulai jam 08.00 namun banyak yang datang jauh dari jam itu, buat apa dateng lebih awal? biar dapet nomer antrian yang ngga banyak, Tadi dapet nomer 387, ngga lama sih, karena 30 menit berlalu ane sudah mendapat giliran bisa dikatakan 10 menit sudah 100 nomor.
      
      Ane sedikit kasih gambaran prosesnya, siapa tau kamu perlu informasi ini, datang dengan membawa bukti tilang, setelah itu kamu antri menunggu penukaran surat tilang diganti menjadi surat antrian, nah nanti tinggal nunggu aja kamu dapet giliran, katanya bapak nya Informasi tadi pengambilan / Pelayanan ngga cuman dilayanin pada hari tanggal sesuai surat tilangnya saja, jadi jika kamu sibuk kamu bisa ngambil hari berikutnya di jam kerja, katanya juga ngga ada biaya tambahan, artinya jumlah denda sama saja. Nah tapi ini gak tau berlaku di semua atau wilayah Kejaksaan Negeri Sleman saja. berikut foto yang sempet ane ambil.


(suasana antrian loket, ini di Kejaksaan Negeri Sleman, gatau kenapa pindah disini, jika sesuai surat tilang maka di adakan di Pengadilan Negeri Sleman)


(nah setelah ke loket nanti dituker sama nomer antrian kayak gini)

(Urutan Pengambilan bukti tilang)

( Kirain ada hakim seperti kayak sidang-sidang,gataunya cuman langsung bayar aja lalu barang yang di Tahan dikembalikan) 

(ini bukti setor denda tilang)

( Surat cinta dari Pak Polisi pertigaan bangjo bandara Adisucipto)


Segitu dulu ya sob, semoga pengalaman ini berguna, semoga kita kedepannya tertib lagi, Terimakasih sudah membaca artikel ane...byebye

Thursday, 16 November 2017

Kenangan Bersama Aplikasi Mig33

Kenangan Bersama Aplikasi Mig33


Entah kenapa terbersit ingin sekali buat artikel tentang mig33, mungkin bagi generasi jaman now, ngga tau dengan aplikasi ini, aplikasi ini memang lahir pada tahun 2005, waktu hp masih jadul,koneksinya pun masih GPRS. Untung denga perkembangan zaman koneksi sekarang sudah 4G, gak kebayang download hana annisa materi kuliah dengan menggunakan koneksi GPRS, bisa - bisa download an materi kuliah kelar kita sudah lulus kuliah karena saking lemotnya. Waktu itu juga sistem operasi Android masih belum ada, baru terkenal HP JAVA dan HP Symbian, pasti bagi generasi jaman now ngga ngalamin ya ponsel model ini, ya gapapa lah, jaman sekarang malah lebih enak kok, Teknologi Sudah Maju dan Internetan sudah pakai sistem kuota. Namun bagaimanapun teknologi zaman dulu meninggalkan kenangan yang cukup mengesankan, seperti aplikasi yang ingin saya ceritakan ini.

     Sejarahnya menurut pakde Wiki, Aplikasi ini di ciptakan pada tahun 2005 oleh seseorang yang bernama Steven Goh dan May Lin Ng dari Australia, Aplikasi ini mengusung konsep Instant Messaging jadi dimana user dapat berkirim pesan dengan instant dengan menggunakan jalur data Internet, Masih Inget jaman tarif internet menggunakan paketan biasa, ane masih inget make operator dengan inisial IM3, tarifnya termurah dibanding operator lain, 0.1 / kbps.  
    
      Kembali ke Aplikasi mig33, Sebenarnya ane tau dari kakak ane, waktu itu ane aktif menggunakan Mig33 sejak tahun 2007 sampai tahun 2009, masih inget juga ane make HP LG KG-300. Sebelum menggunakan mig33 kita registrasi dahulu dengan menggunakan nomer hp, masih inget ane registrasi dengan username "Shimasu" ane milih username ini karena biar ke jepang-jepangan,jahahahhaha, geli sendiri inget jaman dulu, lalu setelah login kita dapat berkirim pesan ke private chat atau chat room, jadi kita dapat mencari room di mig33, karena ane suka dengan kejepang-jepangan ane join ke room "Learn Japanesse" nah dari situ ane dapat kenalan, bahkan sampai sekarang pun ane masih punya kontak telpon beberapa member dari mig33. Oiya setiap daftar kita akan dapat mig balance semacam uang virtual yang berguna untuk beli Gift atau untuk kick user, jadi sistemnya kalau kita ingin kick user maka kita musti ada mig balance, ndak gratis broo.,Setiap Kick bayar, lupa berapa tarifnya, yang jelas ngga lebih mahal dari bayar parkir jaman now.

      Tipe - Tipe Pengguna mig33 memang bermacam-macam ada yang tukang flooder / tukang spam, jadi timeline sebuah room akan bergerak cepat sekali, sehingga user lain tidak bisa membaca teks-teks yang dikirimkan sebelumnya, kalau sudah kayak gini biasanya seorang owner / admin pemilik grup akan banned / kick user dari room...rasain lu, Lain lagi dengan tipe Tukang Kick, Kemunculan pasukan kick sepertinya bukan diawal-awal tapi di pertengahan ketenaran aplikasi mig33, jadi seseorang menggunakan aplikasi khusus yang didesain untuk login bareng, lalu pasukan itu join ke suatu room, terkadang pasukan itu berbuat onar dengan kick user satu persatu, akibatnya user yang dikick tidak bisa gabung lagi ke room tersebut dalam waktu beberapa saat, ngeselin memang, apalagi kalau obrolan room lagi serius seriusnya lalu ada pasukan kick datang, tapi beberapa orang yang beruntung dapat menghindar sebuah kick, jadi ketika user dapat notif akan dikick, lalu user tersebut keluar room dan kembali lagi, alhasil user berhasil lolos dari sebuah kick,tapi kalau pasukan kick cukup banyak maka waktu remaining cuman sedikit, ngga lolos dah, dan kena kick. Ada juga tipe pengguna yang join mig33 buat cengin cewek, ada hlo temen chat ane punya banyak pacar virtual , jadi ketika ada user make profil foto cewek langsung di chat private, haha. Ane dulu juga punya teman dekat cewek di Mig33, nama yang masih ingat adalah "Beks_Kuns" doi orang Depok katanya, sempet juga punya nomer HPnya tapi udah hilang, ane sempet ngepoin di sosmed  beberapa tahun selanjutnya, tapi ane gak berani nyapa, Paling juga doi sudah lupa, haha.

      Kemudian Waktu terus berlalu dan akhirnya user mulai hilang satu persatu, mungkin juga karena kesibukan atau juga karena mulai membosankan kegiatan ngmig ,ane juga waktu kelas 3 SMA sudah ngga ngmig33 lagi, ya seperti alasan tadi, temen-temen udah banyak yang menghilang, room favorit pun terasa sepi, Sebenarnya ane sampai sekarang kangen ketika seru-seruan di room, Mungkin karena waktu itu awal-awal instant messaging Exist kali ya. Walaupun sampai sekarang aplikasi mig33 masih tapi sudah ganti nama menjadi migme sejak tahun 2014, namun ane masih enggan ngmig lagi, ya karena suasanannya sudah berbeda ditambah makin usia bertambah maka kesibukan juga makin komplek, ya biarlah kenangan menjadi kenangan. 

Kurang Lebihnya kayak gitu pengalaman ngmig33 tahun 2007-2009, apakah kamu punya pengalaman ngmig33 juga ? kalau ada boleh kok share dikomen, kita nostalgia bareng, oiya maaf kalau ane gak ada screenshoot aplikasinya, karena aplikasi ini dulu berjalan di hp jadul jadi ane gak bisa SS-in, mau ambil dari Google juga takutnya kena pelanggaran, okay segini dulu ya sob..terimakasih sudah membaca...bye bye


Wednesday, 15 November 2017

Blower AC Blazer nggak nyala

Blower AC Blazer nggak nyala


Berjumpa Kembali dengan ane sob, tentang mbah tua si blazer yang blower nya mati, Okay lets go langsung saja intronya.... Barusan ane nganterin ponakan ane ke rumah sakit pake si kebo, dalam perjalanan ane coba hidupin AC nya ternyata blower nya ngga mau nyala, padahal paginya ane panasin si kebo terlihat baik-baik saja, eh kok nggak ada angin ngga ada hujan pas hidupin blower acnya ngga nyala.

     Setelah Sampai Rumah Klinik, ane parkirin si kebo, karena ane penasaran dengan AC nya, ane buka Tuasnya dan ternyata kompresor ac terlihat baik-baik saja di tandai dryer AC terlihat basah, sampai disitu ane berpikiran wah jangan jangan kabel nya di gigit tikus, maklum ane berfikiran ini karena beberapa waktu sebelumnya ane mergoki si jerry ndepis(mojok tanpa co) di dekat garasi, karena ingin tau jawabanya ane tanya tetangga ane yang tau soal mobil, katanya doi kalau ngga nyala bisa karena sekring putus atau kabel bermasalah atau lebih parahnya blowernya itu yang bermasalah.

    Skip..Skip..Skip.. Setelah nyampe rumah ane coba utak atik sekring yang ada di dasboard pinggir pintu pengemudi, ane lihat bagian sekring AC terlihat baik baik saja, tidak putus cinta , katanya tetangga ane kalau sekring putus pasti kompresor jg ngga bekerja, berbeda kalau kamu putus, pasti kamu ngga bisa tidur seminggu, sisanya ngga doyan makan, eh, kembali ke topic, okay dari situ ane pindah ke ruang mesin, ane lihat - lihat siapa tau ada mantan kabel yang  owah tapi ane lihat kok ngga ada yang janggal, beruntung tetangga ane yang baik hati nyamperin ke rumah ane, langsung tetangga ane cek bagian sekitaran blower, ternyata memang ada kabel di socket yang putus, nah dari situ penyaktinya si kebo sudah ketaun, tanpa ba bi bu tetangga ane langsung ambil peralatan buat nyambung kabelnya, sesudah nyala blower ac kembalin nyala seperti dahulu kala,kabin mobil pun dingin lagi,ternyata ngga cuman pacar ane yang dingin...eh *semoga doi ngga baca artikel ini. Berikut hasil jepretan.

(tetangga ane dan lek ane sedang menyambung kabel di socket)

(socket blower yang bermasalah di pojok kanan, dekat dengan dryer)

Kesimpulan

"Ngga rugi kita srawung ke tetangga, karena kalau ada apa-apa bisa saling membantu" 

Banyak salah kata mohon maaf, dan sampai jumpa di artikel selanjutnya, 



Monday, 13 November 2017

Tawaran Kerja di Perusahaan Start Up, Ambil Ngga Ya ?

Tawaran Kerja di Perusahaan Start Up, Ambil Ngga Ya ?


Selamat Pagi,Sore,Siang dan Malam, Kali ini ane ingin menulis tentang Pekerjaan lagi. Memang impian semua orang ingin bekerja di perusahaan Dewasa / Perusahaan Bonafit setelah lulus kuliah nanti termasuk ane dulu waktu fresh graduate. Habis wisuda dengan giatnya ane berusaha melamar melalui lamaran email / kirim pos dan mengikuti job fair, namun sayangnya cinta harapan bertepuk sebelah tangan , Tidak ada balasan undangan Test atau gagal di tengah-tengah saat mengikuti tahapan-tahapan tesnya misalnya pas psikotes atau pas wawancara, memang menyebalkan sekali tapi mau gimana lagi. Waktu terus berlalu dan ngga mungkin kan kita terus-terusan nganggur ? oleh karena itu ngga ada salahnya kita nyari perusahaan - perusahaan lain misalnya perusahaan startup yang kadang bagi orang lain dipandang sebelah mata.
     
      Sedikit informasi tentang perusahaan Startup, apasih perusahaan startup itu ? Perusahaan Startup adalah perusahaan yang baru didirikan atau baru beroperasi, dengan kata lain perusahaan yang baru berkembang. di kota tempat ane tinggal Yogyakarta, pertumbuhan perusahaan startup cukup pesat, Apalagi di kota-kota besar, pasti lebih banyak. Memang sih kerja di perusahaan startup banyak di ragukan oleh orang-orang tapi berikut hal-hal yang mungkin kamu rasakan ketika kamu kerja di perusahaan startup.

Jam Kerja Fleksibel : Beberapa perusahaan startup menerapkan jam kerja yang fleksibel, misalnya kamu dapat berangkat kerja terserah masuknya jam berapa, yang penting durasi waktu kerjanya misalnya 8 jam kerja. Cukup beruntung kalau kamu dapat perusahaan seperti ini  karena kamu ngga akan takut telat ngantor, lah wong jam kerjanya aja fleksibe, cukup seru kan ?.

Karyawan dibolehkan remote working : Nah ini seru lagi kalau kamu diperbolehkan bisa remote working, apaan tu remote working ? kerja dengan remot ? ngga sob maksudnya kamu kerja ngga harus di kantor, kamu bisa kerja di rumah mantan,  kerja sambil ngopi dan sambil lain-lain, perusahaan ngga peduli kamu menyelesaikan kerjaan dimana, yang penting kerjaan kelar titik.

Pakaian Bebas : Sering kali perusahaan menerapkan pakaian bebas, jadi karyawan kerja dengan pakaian kaosan oblong, celana pendek, celana jeans, celana pantai, dll tapi yang perlu diingat tetap kathokan dan sempakan lho ya. yo ra boss ?

Salary yang menggiurkan : Karena beban perusahaan sedikit(karyawan ngga banyak)  jadi perusahaan bisa menggaji lebih(lebih dari UMR maksudnya,hehe :D), jadi jangan dipandang perusahaan startup tidak mampu menggaji karyawannya lebih, ya semoga kalaupun kamu kerja di perusahaan startup , kamu berada di perusahaan seperti ini. Faktanya ya terkadang Salary di perusahaan besar tidak sebanding dengan tekanan kerja lho.

Ikatan kekeluargaan yang kuat antar karyawan : Ya karena karyawannya ngga banyak jadi ketika kamu ngantor ketemunya cuman itu-itu aja. gimana mau ngga akrab kalau tiap hari selalu saling sapa dan ngobrol bareng.

Tahapan Seleksi masuk kerja ngga banyak : Kalau kamu sering ngikuti seleksi perusahaan besar pasti butuh waktu cukup lama di tambah tahapan yang relatif banyak , berbeda dengan perusahaan startup biasanya waktu testnya relatif singkat dan tahapannya ngga seribet seleksi di perusahaan besar, tesnya ada yang langsung test skill lalu jika lolos dilanjut wawancara jika lolos lagi dilanjut offering job. 

Persyaratan masuk di perusahaan startup ngga rempong : Ngeselin kan ketika kamu ingin daftar diperusahaan namun syaratnya cukup repot, kalau pasti ketrima sih ngga papa, tapi kalau ngga kan rugi waktu dan rugi biaya, ya kan ? nah kalau diperusahaan startup biasanya syaratnya ngga ribet, yang penting kamu punya skill dan mau bekerja. biasanya hlo ya.....

Cukup sekiannya ya artikel ini, dah capek ngetik dan kehabisan ide ane sob, kalau kamu ada pengalaman kerja di startup atau kerja di bonafit boleh kok share di komentar, banyak salah kata mohon maaf...byebye

Sunday, 12 November 2017

Lolos Google Adsense

 Lolos Google Adsense





Hari berganti hari dan bulan berganti bulan, akhirnya Adsense ane lolos sob, yup barusan ane dpt email dari google tepat hari ini pas bikin artikel, sebenarnya ane gak nyangka bakal lolos GA(Google Adsense), karena ane sendiri bikin artikel ngga tiap minggu bahkan ane menargetkan hanya 1x terbit artikel di blog ini, kadang malah 2 bulan sekali ane bikin artikelnya, Kronologi jumat kemarin tanggal 10-11-2017 ane iseng daftarin kembali GA nya, eh lha kok Minggu sore 11-12-2017 ane depet balesan kayak gambar di atas, Sebelumnya ane ditolak mulu tiap kali daftar Adsense, keterangannya konten masih kurang memang sampai saat artikel ini dibuat artikel ane cuman 62 buah, nggak banyak kan ?

      Nah terus yang bikin lolos GA itu kira-kira apa ya? apakah artikel banyak? kayaknya ngga juga karena sampai artikel ini diterbitkan cuman jumlahnya 62?. Apakah karena tiap artikel lebih dari 300 jumlah kata ? kayaknya ngga juga soalnya banyak artikel ane yang kurang dari itu. Ngomong-ngomong page views blog ini perhari cuman 200-300 aja.

      Sebenarnya ane sendiri kurang paham kok bisa lolos, sejauh ane yang lakukan adalah bikin artikel niatan untuk share aja. mungkin ini ya yang bikin lolos ? 

Akhir kata jangan patah semangat jika GA belum diterima, be yourself aja dah dan terimakasih sudah meluangkan untuk membaca artikel ini..bye bye

Friday, 3 November 2017

Kenapa Pilih Blazer ?

Kenapa Pilih Blazer ?


       Halo Sob, baru mood bikin artikel ni, ternyata cita cita ane bikin artikel 1 bulan 1 x ngga terpenuhi, 2 bulan ngga bikin 1 artikel pun, soalnya baru sibuk kerja dan entah mengapa ngga nemu mood dalam menulis, kebetulan ada temen kerja ane yang nanya, kenapa pilih mobil boros si Kebo, nah ane malah dapet ide kalau dituangkan dalam tulisan, ya itung itung ngisi artikel lah. simak alasan kenapa ane pilih si kebo yang terkenal boros nya.

Yang pertama : Ane beli si kebo memang buat weekend aja, jadi menurut ane boros bensin ngga masalah, toh makenya juga jarang-jarang, bahkan ane belum pernah make ni kebo buat berangkat kerja, karena disamping boros, jalanan menuju kantor sangat padat sekali, dan susah kalau mau puter arah pas mau pulang, soalnya si kebo bodynya cukup bongsor.

Yang kedua : Sparepart sangat melimpah, yaps mungkin diluar sana masih banyak orang-orang yang menganggap sparepart kebo susah, padahal diluar sana banyak yang menjual barnag dari yang ori sampai KW atau sparepart second, untuk mengatasi masalah ini gabung ke grup jual beli di facebook khusus part blazer dan gabung ke komunitas tentunya(btw ane belum join ke komunitas manapun), buktinya tiap hari banyak yang menawarkan part baru maupun second, bahkan sering juga ada user yang ngampak kebo sekarat buat kelangsungan kebo-kebo yang masih di angon, menurut ane harganya pun cukup terjangkau ngga semahal apa yang orang lain pikirkan.

Yang Ketiga : Harga jual kebo jatuh, nah makin kesini menurut ane harga jual mobil sangat jatuh terutama mobil eropa, mungkin karena image boros dan rewel nya, nah disini pembeli motuba di untungkan, coba aja nyari di OLX, dengan bawa uang dibawah 50jt sudah bisa memawa pulang kebo, bahkan ane pernah liat iklan di OLX, Opel Blazer DOHC surat komplit AB kota tahun 1996 dijual dengan harga 28 juta, minus pajak telat 1x, gimana ? cukup murah kan untuk ukuran mobil yang keliatan ngga tua tua amat dari bentuk body nya ?

Yang Keempat : Tampilan Fisik yang sudah ngapsul dan cukup "macho" apalagi kalau di modif body di naikkan , dikasih over fender dan ukuran ban diganti ban besar misal 33, terlihat sangat "macho" dah, dan disamping itu fiturnya sudah lumayan untuk tahun segitu,

Yang Kelima : Pajak relatif terjangkau, pajak kebo ane DOHC 97 PKB nya 750rb, pertahun totalnya 950rb, ni kebo masuk kategori minibus

nah itu semua pertimbangan ane kenapa beli kebo, tapi ane juga pengen ngasih tau kekurangan mobil ini, ngga berimbang kan kalau cuman kelebihan aja

Kekurangan ni kebo menurut ane,
- Bensin boros, nah ini jelas sekali dan sudah terbukti
- Part ORI sangat mahal, nah ini juga jelas sekali, contoh part filter oli merk GM kalau dipasaran 170-220 an, sedangkan kalau merk lokal bisa 35-70rb an, cara ngakalinya gampang sih kalau ngga pengen nguras kantong,beli aja part subsitusi dari mobil lain, atau pake yang buatan indo aja,
- untuk tahun segitu ni kebo cukup banyak sensornya, jadi kenapa mobil eropa terkenal dengan image rewel ? karena banyak sensornya, sedikit cerita sensor speed ane sudah agak soak, jadi terkadang kalau RPM rendah sekali oper gigi maka kadang mesin mati, solusi ganti baru, harganya nanya-nanya 750rb an.
- harga jual anjlok, nah ini pasti , mending jangan dijual, atau dijual ketika ni kebo jadi barang inceran kolektor, hehe


Segitu dulu sob, kalau ada salah kata mohon maaf, atau bisa diralat lewat komentar, terimakasih sudah membaca, byee


Wednesday, 23 August 2017

Kopi Susu pada Blazer

Kopi Susu pada Blazer


 Halo sob, berhubung ane dapet ide bikin artikel, artikel tentang pengalaman yang ngga mengenakkan baru-baru ini, yaitu Kopi Susu pada Blazer  ane, kalau kopi susu minuman sih ane demen, tapi kalau oli mesin berubah menjadi kopi susu adalah salah satu momok bagi pemilik kendaraan bermotor.
    
     Jadi ceritanya kemarin waktu pacar ane pulang, ane bawa tuh kebo buat jemput doi, di sini kebu ane belum terasa kalau kebo ane bermasalah, setelah pulang istirahat bentar, lalu habis itu kita main ke tempat saudaranya doi, selesai bersilaturahmi kita memutuskan cari makan siang, nah saat starter awal si kebo agak susah nyala, dalam benak ane wah ada apa nih, percobaan kedua akhirnya bisa, lalu kita tiba di warung makan daerah wirosaban. selesai makan kira-kira 1 jam kita mau pulang, nah masalah terjadi di sini, jadi ane starter aki ane tekor, lalu ane buka kap mesin, ane terkejut ketika air radiator pada tabung cadangan kosong / tidak ada airnya, padahal sebelum berangkat jemput doi ane cek kondisi air radiator tidak ada perubahan(tidak berkurang air radiatornya), lalu ane tengok ke bawah , tidak ada tetesan radiator ataupun kebocoran pada selang radiator,ane bingung nih kemana perginya air radiator pada tabung cadangan, lalu ane tambahkan air radiator pada tabung cadangan,setelah itu aki di cas sebentar, kira-kira 1 jam mengecas aki, ane pasang lagi aki ke mobil, lalu ane starter lagi, sampai berulang kali gak nyala juga. dalam benak ane wah ada masalah apa nih..

     Karena berulang kali mencoba ngga bisa lalu ane putuskan untuk telpon orang bengkel, kebetulan temen ortu doi buka bengkel mobil di daerah situ, selang 30 menitan orang bengkel datang, lalu sama orang bengkel di coba starter terus agak lama sambil injak pedal gas, setelah itu kebo ane pun nyala, namun si kebo ngga seperti biasanya, pertama getaran mesin kayak mobil diesel, getarannya sampai ke kabin terasa banget, lalu ada yang aneh dari knalpot, kenalpot seperti nembak nembak di sertai asep putih, lalu orang bengkel perhatikan si kebo sebentar, katanya orang bengkel ada kemungkinan kebocoran pada perpak silinder kop / gasket silinder head, karena air radiator yang habis tadi masuk ke ruang mesin, jadinya mesin nggak normal , kondisi mesin pun ngga kering / basah, diliat dari cover mesin bagian atas terlihat rembesan juga. setelah itu ane pun pulang dengan hati-hati karena oli bercampur dengan air. Dengan kondisi bocor ane bawa dari wirosaban ke rumah sekitaran 14 km, sampai rumah ane cek lagi ternyata air radiator pada tabung cadangan habis lagi. Setelah kejadian itu ane tanya-tanya sama pengangon kebo di grup jual beli chevrolet opel blazer di facebook, beberapa orang yang berkomentar juga pernah ngalami "Kopi Susu", solusinya yaitu bongkar mesin untuk mengganti gasket yang bocor, mereka juga menasehati agar kedepannya hati-hati, ketika sudah ada gejala kebocoran sebaiknya segera di ganti perbaikan perpak, karena kalau sudah terlanjur oli bercampur dengan air radiator akan membahayakan mesin itu sendiri. 

      Setelah itu ane cerita ke tetangga ane kalau oli berubah jadi kopi susu, lalu tetangga ane bilang bisa perbaiki, yaudah ane tinggal si kebo di rumah tetangga ane, setelah dibuka mesinnya ternyata memang biang masalahnya adalah gasket silinder head yang sudah keropos / sudah waktunya ganti, bolongnya sudah terlihat lebar sekali, lalu tetangga ane menyarankan sekalian meratakan silinder headnya juga, setelah 4 hari tetangga ane ngabarin kalau si kebo sudah jadi, berhubung ane kerja maka tetangga ane yang nganterin si kebo kerumah, sebenarnya pengerjaan bisa lebih cepat, namun karena di sambi jadi pengerjaan bisa selama itu, karena tetangga ane setiap harinya kerja di bengkel jadi ngerjainnya si kebo sesudah pulang dari bengkel. berikut gambar - gambar nya.

 ( ini kopi susu 3.5 litearan, sebenarnya baru awal agustus kemarin ane ganti oli + filternya)





 ( itu biang keroknya, gasket silinder yang berlubang cukup parah)
       
 ( Terlihat rembesan oli yang sudah sampai ke atas)

( biaya jajan si kebo)

Sekian dari ane, pesan ane sayangi dan rawatlah kendaraanmu, biar ngga menyusahkan hidupmu, Terimakasih sudah membaca artikel ini, bye...