Saturday 19 January 2019

Oli Mesin Opel Blazer

Oli Mesin Opel Blazer


Fungsi oli pada mobil itu ibarat darah pada manusia, jadi hal yang penting untuk diperhatikan, oli mesin berfungsi melumasi komponen-komponen yang bergesekan di dalam mesin agar tidak mengalami keausan.




     Beberapa yang lalu boil ane blazer udah waktunya ganti oli, agak terlambat sih, ane jengkel oli di blazer ane selalu kurang gak tau kenapa, mungkin karena udah ada ke ausan jadi oli cepet habis, padahal tidak ngebul hlo, tapi pas ane ganti oli terakhir sendiri itu memang ada kebocoran pada selang hawa dimana membawa hawa panas dari mesin yang bercampur dengan oli, udah tak ganti, coba besok kurang-kurang lagi apa ngga,


  
      Kembali ke topik, untuk spesifikasi oli Opel Blazer berdasarkan buku manualnya menggunakn API(American Petroleum Insitute) dengan klasifikasi SG atau di atasnya. API nya 10W-30,10W-40,10W-50, mungkin kalau mobil belum capek bisa ya menggunakan oli itu tanpa mengalami oli kurang, tapi dengan kebo ane yang KM nya mau menyentuh 300rb kayaknya bakalan kurang-kurang menggunakan oli dengan spesifikasi itu, dulu sih ane pernah make Shell Helix HX5 15W-40, tapi pernah kurang-kurang alhasil ane ngejag ngejog atau menambahkan oli, akhirnya ane nyoba yang Shell Helix HX3 20W-50 semakin W nya banyak semakin kental, Ane baca dari web official Shell Helixnya sendiri jenis HX3 ini cocok untuk mobil lelah atau berkilometer tinggi, oleh karena itu dibuat yang kental, biar meminimalkan kebocoran. ane rasa kok ganti oli dari HX5 ke HX3 tidak ada penurunan performa, sama aja kok. untuk harga ane kemarin beli Shell Helix HX5 210rb , untuk HX3 harganya 150rb, itu kemasan isi 4L ya, kemarin ane ganti tanpa copot filter oli masih ada sisa kira kira 600ml an. oiya ini ada foto spesifikasi Oli mesin Opel Blazer Dari buku bawaanya.






Sekian dari ane, semoga bermanfaat bagi yang sedang nyari info, makasih dah mampir.,.

2 comments:

  1. Efeknya tingkat kekentalan olinya di tambah gimana om?? Apakah memang olinya berkurang ato tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ternyata biang keladi oli mesin berkurang adalah seal klep yang udah jelek..dulu turun separo sekalian benerin..alhasil tidak ada asap putih dan oli tidak berkurang

      Delete