Friday 4 January 2019

Mengganti Selang Hawa Opel Blazer

Mengganti Selang Hawa Opel Blazer


Sebelumnya ane ucapkan selamat tahun baru 2019 ya gaes, semoga tahun ini lebih baik daripada tahun sebelumnya, Amin...Lanjut Masih Bersama #CeritaBlazer, jadi ceritanya ane pas habis ganti oli mesin ane perhatiin pada selang-selang kok terlihat ada sebuah selang agak besar yang robek , terus ane googling sama nanya nanya di grup Motuba Facebook, ternyata itu selang hawa.


      Selang hawa adalah menyalurkan udara yang bercampur dengan oli untuk kembali lagi ke bak karter, lihat nih di ruangan mesin or bahasa gaulnya engine bay nya kebo ane, terlihat kotor banget karena ada endapan oli2 yang mungkin udah lama bocor dari selang tersebut.





nah terlihat banget kan, oiya sebelumnya ane gak tau kalau sobek karena biasanya ane markirin di garasi rumah ane, tapi kebetulan ane pas mau ganti ane keluarin si kebonya, karena garasi minim cahaya dan lampu di garasi mati jadinya gak terlihat itu robeknya. Mungkin bisa saja penyebab oli ni kebo ya karena lubang itu.

      Setelah ane googling untuk beli baru ane cari-cari info, kalau yang ori ada yang jual di harga 230an, yang ori ada tulisannya GM di selangnya, yang ane beli gak ada, ane cari part KW nya aja, maklum kantongnya baru boros banget nih, ane dapet harga 125 udah sama ongkir, ya hampir separonya, tapi soal kualitas ya gak tau, ane rasa bagusan banget yang ORI. memang untuk selang-selang beginian usia gak menipu sob, ya wajar saja karena kena panas tiap mesin nyala, pasti selang-selang makin lama makin nggetas, oiya untuk selang Blazer DOHC sama SOHC beda ya sob, ini untuk selang DOHC, nih selang KW nya yang DOHC, tidak ada merknya dan tidak ada tulisannya apa-apa di selangnya.



Malah di grup Motuba ada yang ganti selang itu dengan pipa pralon. tap ane masih belum kebayang cara ngencenginnya, untuk melepas dan menggantinya sih kalau dengan selang karet ini gak susah, cuman ngendorin klem aja, habis itu selang yang lama dicopot lalu ganti yang baru dan diklem lagi, dah selesai.

Semoga pengalaman ini berguna, banyak kesalahan mohon maaf sob, kalau kalian punya pengalaman tentang selang ini bisa komen sob, jika ingin hubungi ane ada kontak ane di about.makasih... 

No comments:

Post a Comment