Sunday 13 January 2019

Kenangan Main Sega 16 bit

Kenangan Main Sega 16 bit


Kali ini ingin membuat artikel tentang konsol jadul, mungkin kalian pernah merasakan, konsol satu ini bernama sega, orang sini sering menyebutnya dengan sebutan sega megadrive. Konsol ini diciptakan pada tahun 1988 di jepang dengan kemampuan 16-bit , saat itu menjadi saingan dari nintendo 8 bit dengan favorit di konsol itu adalah game Mario Bross, sedangkan untuk sega game andalan nya adalah Sonic hedgehog. Stick pada konsol ini cukup simple, di kiri adalah tombo arah seperti pada konsol umumnya, dan tombol bagian kanan adalah tombol dengan nama "A,B,C" dan tombol atasnya "X,Y,Z" untuk tombol pinggir atas ane gak inget apa aja. 


       Seingat ane nih dulu kakak ane ketrima di salah satu SMP favorit di jogja, nah doi dijanjikan ortu ane sebuah konsol yang saat itu cukup banyak dimainkan orang-orang,  kakak ane SMP kira kira waktu itu ane masih SD kelas 3 atau 4 an, kalau gak salah, pas pulang dari ngaji , wuih dulu waktu SD ane ngaji cuy, sekarang malah engga,Sedih juga kadang, kenapa ane males-malesan sekarang, lanjutt tiba-tiba di rumah ada kakak ane yang sedang main konsol, ane liatin tertulis adalah SEGA, wow keren nih , dari gambarnya cukup rapet, dulu pernah juga sih punya nintendo 8 bit, tapi rusak, akhirnya naik level punya SEGA 16 Bit. seingatku dulu harganya 300rba an, jangan dibandingkan dengan sekarang ya..itu taun masih dibawah 2000 cuy, 

     Seingatku dulu game bonus bawaanya adalah "Golden Age", kalau kalian pernah main dulu tokoh utamanya ada yang mirip conan, doi pake pedang, dan ada tokoh wanita dengan pakaian seksi sama satunya tokoh jagoannya pake kapak ada tanduknya dengan baju warna hijau, musuhnya tengkorak-tengkorak, game ini bisa dimainkan 2 player, cukup asyik lah kala itu.

      Berhubung di sekitar warga rumah yang kebetulan punya konsol itu di rumah ane jadi sering kali temen-temen pada main ke rumah kalau pas siang habis sekolah atau kadang di hari minggu itu. masih inget dulu pagi-pagi ada temen sekitar rumah dateng  pengen mau main sama nonton game SEGA, yha maklum dikala itu kita mainnya bukan kayak jaman sekarang, dulu mainnya boy-boy an, petak umpet, main kelereng dan banyak permainan tradisional lainnya, jadi ketika ada game konsol waktu itu sungguh hiburan yang wah. 

     Lambat laun koleksi game ane nambah, kadang juga kakak ane pinjem kaset sama temene, oiya kaset di konsol ini modelnya masih katrit, tapi bedanya lebih kecil daripada kaset nintendo, permasalah dari kaset ini kadang kita perlu nyebul katritnya kalau kotor, soalnya kalau kotor gak bisa dimainin, kenangan game yang ane mainkan untuk adventure adalah . tiny toon adventure, kita ngumpulin wortel, musuh bebuyuannya adalah babinya, ane lupa dulu nyimpen save2an game gimana ya sob ? seingatku dulu ada semacam password gitu, kalau kita tau passwordnya maka kita bisa loncat level tertentu, dulu inget banget sampe ane bikin catetan untuk nulis password. selain itu ada game sonic, game sonic cukup laris banget waktu itu, baca baca di wiki katanya game sonic di sega terjual 40jutaan copy , wow fantastis sekali, untuk game tarung yang paling fenomenal adalah mortal kombat, sampai sekarang ane masih inget tokoh-tokohnya Liu kang, sub zero, kung lau, raiden, reptil dan banyak lainnya, dulu seingatku dirumah cuman ada mortal kombat 2, grafik mortal kombat cukup bagus dan sangat seru dimainkan sama temen temen, kita bisa mengeluarkan jurus andalan, biar musuh cepat kalah, berhubung konsol di rumah ane sendiri maka ane sering nyari jurus-jurus yang dimiliki tiap tokoh, sampai ane tulis ditembok biar mudah liatnya, kangen banget dah pokoknya, selain jurus ada fatality dan brutality, nah ini ane dulu gak tau cara ngeluarinnya fatality atau brutality, memang susah sih, pernah kakak ane ngajak temennya main dirumah , doi bisa ngeluarin jurus-jurus yang ane gak tau, akhirnya diajarin juga. hehe. Game game lainya yang ane inget adalah, Road race, game balapan liar yang menggunakan senjata contohnya setrum, rantai dan balok kayu, yang menyebalkan adalah kita ketangkep polisi, sebenarnya dulu banyak juga game yang ane mainkan, tapi ya itu, kaset gamenya cuman pinjaman, yah mahal lah waktu itu, disamping itu aku dan kakak ane belum mampu beli sendiri.

     Memang kenangan konsol ini dikeluarga ane cukup mengenang, ya dulu kita bertiga sama kakak kakak ane sering rebutan main ini, kadang ane ngalah , karena yang main kakak ane berdua, kadang kita mainnya sembunyi-sembunyi biar orang tua ga tau, ya jujur saja ane memang bukan anak yang berprestasi, takutnya ganggu sekolah ane, wajar lah orang tau ya...

    Nah setelah itu muncul PS -1 , ketika ps 1 muncul dengan kemampuan 32 bit maka Sega 16 bit berasa jadul dan terlihat kotak-kotak, akhirnya Sega 16 bit gak dimainkan lagi, oiya untuk PS-1 kita gak dibelikan ortu, karena memang konsol itu dulu masih mahal banget, kasian orang tua juga, kalau main biasanya kita ke rental PS-1.

    Pokoknya kenangan ini gak akan pernah terlupakan, terimakasih Sega 16 bit, kamu mewarnai hari-hari waktu kecilku #makasih , oiya game buat ane adalah guru bahasa inggris, ya memang game kebanyakan menggunakan bahasa inggris.

    Sekian dulu sob, jika ada pengalaman unik bisa tulis di kolom komentar, ada kesalahan mohon dikoreksi ya sob..bye makasih dah mampir,

     , 

     

No comments:

Post a Comment