Friday 4 October 2019

Cara memasang SSD di Laptop Asus A43S

Cara memasang SSD di Laptop Asus A43S K43SM


suarahampa.blogspot.com halo gaes, selamat datang di blog ane yang gak berfaedah ini, ane mau ngasih tutorial nih, bagaimana cara mengganti SSD atau menambah SSD ke laptop, ternyata gak susah gaes, gampang kok..ikuti aja cara dibawah ini.


Yang pertama adalah pastikan slot DVD nya ukuran berapa, kalau ane sih make asus A43S K43SM, slot  nya DVD cukup besar jadinya ukuran yang 12.77MM, jangan sampai salah.karena nanti tidak pas dan gak bisa dipasang.


nah sepaket itu ane dapat harga di shopee pas diskon 10.10 dengan harga 293rb ada cashback koin sekitar 40rb an..mayan lah... di dalam wadah SSD caddy ada obeng kecil, yang nanti akan berguna.


Peralatan adalah
1. Obeng plus tapi kecil aja,..lupa ukuran berapa
2. benda yang tipis tapi kuat, kalau di ane menggunakan pick guitar, buat nyongkel keyboard, bisa diganti dengan obeng minus tapi yang kecil aja
3. obeng kecil ini udah ada di paketan Caddy nya kok.


Langkah pertama adalah, balikkan laptop dan copot kedua baut
nah itu, dari gambar ketas ada baut kiri kanan, ketika sudah terlepas maka dorong cover ke atas, nanti akan terlihat gambar kayak di atas ini.




langkah kedua adalah mencopot harddisk, yaitu caranya adalah lepas 4 baut seperti gambar diatas, jika sudah terlepas maka dorong ke bawah kalau melihat gambar ini.



Langkah ketiga adalah, copot harddisk dari dudukan dan mengganti SSD nya, posisikan colokan nya nanti pas masang SSD sama persis seperti awal, bautnya ada di kiri kanan atas bawah, ada 4 biji. ketika sudah copot maka gantilah dengan SSD dan pasang kembali.



Langkah ke empat adalah mencopot  keyboard, nah di keuyboard itu ada semacam lubang lubang kecil di atasnya, nah itu gunanya adalah kalau di tekan akan mencopot kancingan keyboard, lalu caranya adalah tekan dengan benda kecil yang tipis, bisa menggunakan obeng minus tapi yang kecil aja, tekan pada 4 lubang lalu perlahan lahan dari sisi kanan di angkat ke depan, jika semua ke empat udah copot maka dorong ke atas, maka kancingan bawah akan lepas.
nah itu penampakan ketika sudah terangkat.



Langkah ke lima adalah mencopot DVD internal, nah itu ada 1 baut, lepas aja lalu dorong ke kanan pada dvd internalnya maka nanti akan terlepas dari colokan, itu kan ada lubang lubang kecil, bisa digunakan untuk tempat ndorong dvd keluar.


langkah ke enam, setelah DVD internal keluar maka adalah memasangkan HDD ke Caddy, pasangkan sesuai gambar di atas, lalu jangan lupa baut kasih baut dibawah ssd caddy, biar gak lepas HDD ke Caddy nya.



Langkah ke tujuh. langkah ke tujuh adalah  copot besi pengancing di DVD internal , karena di paketan Caddy tidak ada kancingannya, jadi kita ambil dari DVD internal, nah obeng kecil dipake buat nyopot baut ini, karena baut ini cukup kecil gaes. copot aja lalu pasangkan di Caddy. 

langkah ke delapan, ini adalah pasangkan caddy di slot dvd internal, lalu keyboard dikembalikan seperti semula, caranya gampang, masukkan yang bawah dulu, dorong ke bawah lalu pada kancingan ke 4 diatas keyboard cukup tekan aja. nanti akan masuk lagi, lalu cover bawah HDD jangan lupa dipasang juga, biar daleman nya aman. setelah itu masuk ke bios dah cek pada harddrive
maka akan terlihat 2 drive, HDD dan SDD artinya kedua nya udah bisa berdampingan..hohoh

Selanjutnya adalah installing OS, karena DVD internal di copot maka cara installnya adalah pake USB bootable atau dvd external...

Oiya gak tau kenapa kalau SSD di slot HDD lalu HDD yang ditaruh di caddy maka partisi di HDD hilang, tapi ini ane tanya temen ane  di laptop lain gak kejadian, jadi solusi nya dari ane adalah yang di taruh Caddy adalah SSD nya, biar gak merubah partisi, cuman maksimal kecepatan cuman 300mb, padhaal sebenarnya bisa lebih,  tapi gak papa daripada partisi HD ane hilang baca ini lah biar lengkap Partisi Hilang Setelah Ganti SSD

Okay sekian dulu dari ane klau ada pertanyaan bisa kirim komentar atau tanya via telegram (kontak ada di about me)

No comments:

Post a Comment