Friday 4 October 2019

Partisi Hilang Setelah Ganti SSD

Partisi Hilang Setelah Ganti SSD 



suarahampa.blogspot.com jadi ceritanya kan ane pengen ganti HDD ane di laptop dengan SSD, yaudah deh mumpung ada promo di shopee yaitu 290rb udah dapat HDD Caddy 2.5" maka ane beli lah.


    Lalu ane dengan nekat liat tutorial di youtube , bagaimana cara mencopot HDD dan DVD internal laptop, karena kan ane harus mengorbankan DVD internal laptop biar HDD dan SSD nya bisa running bareng, lalu ane copot satu persatu sesuai tutorial, nanti deh ane jelaskan cara mengganti HDD caddy nya, pertama kali nyoba ane pasang SSD di slot HDD lalu HDD nya ane taruh di HDD caddy lalu ane pasang di Slot DVD internal.

    Lanjut ane install ulang windows, nah pas milih partisi ane tercengang nih, karena partisi yang di HDD tiba tiba semacam keformat, jadi 1 lagi kayak HD baru ..okelah disini ane kan install ke SSD nya, lalu ane lanjut sampai selesai..sesudah installing selesai kan masuk windows, dan partisi HD nya tetep hilang..waduh ane kan panik..ane cari cari cara gak tau musti ngapain, yang sangat ane sayangkan disitu adalah banyak foto foto ane...lalu ane punya ide gimana kalau HDD tetep di Slot HDD dan si SSD nya yang tadinya di slot di HDD dipindah di Slot DVD . okelah ane pindah. lalu ane restart.

    Setelah ane masuk ke menu pilih partisi ternyata partisi di HDD balik lagi, alhamdullilah, saran ane sih kalau ada yang ngalami kejadian kayak gini maka jangan melakukan apapun ke partisi yang hilang, karena akibatnya fatal kalau ketimpa, musti di recovery, beruntung punya ane belum tak apa apain, jadi ketika slot nya tak pindah maka tidak ada perubahan apapun, file-file pun aman..alhamdullilah

Sekian dari ane, banyak salah kata moon maap, ada eprtanyaan kirim aja di komentar

2 comments:

  1. Belum pernah coba spt itu sih, tapi aku dah pernah pasang hdd di caddy di laptop yang sama. Dan di slot sata nya hdd juga, system win7, partisi tetap terbaca.

    Mungkin pas instalasi jangan dipasang dulu hdd nya ke caddy. Terutama kalau win10, karena sistem partisinya beda (mbr-gpt) belum lagi setingan biosnya yg securitynya aktif.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kayaknya ini jg ada faktor lain , kalau gak salah gegara hdd di bios ke password..mungkin artikel ini salah..harusnya tidsk terbaca karena terpassword

      Delete