Saturday 22 September 2018

Bunyi "Nguk" Setelah Starter Mati Pada Motor

Bunyi "Nguk" Setelah Starter Mati Pada Motor


Pengen share nih, penting gak penting yah, kali aja bermanfaat, jadi beberapa minggu yang lalu kira-kira hampir sebulanan motor ane ketika masih dingin lalu dihidupkan dan dimatikan setelah mesin mati ada bunyi suara "nguk" yang cukup keras, nah lalu pas hari ini waktu ane servis ane sekalian bilang sama empu bengkelnya untuk membereskan suara "nguk" lalu apa Penyebabnya ?

      Nah ternyata setelah diselidiki bunyi tersebut karena arang kumparan atau sering disebut carbon boster sudah aus, malah punya motor ane udah mritili, tugas dari arang kumparan ini adalah yang ane dapet dari beberapa situs adalah menghantarkan atau meneruskan arus listrik dari field coil ke armatur coil terus kekomutator baru ke massa, gak paham ? Sama :ngakak: ngakak


      Akibatnya kalau benar benar habis maka motor distarter tidak akan nyala walau aki keadaan bagus, kalau motor masih mending bisa di kick starter, kalau mobil ya repot.



tapi tapi tapi... permasalahan motor ane ternyata gak sampai disitu, jadi memang kali ini ane agak telat servis, akibatnya oli tinggal dikit, kata bapak montirnya mungkin kira kira  gak sampai 400ml, normalnya kan oli ni motor 800ml, tapi karena ane telat servis akibatnya oli berkurang, wah wah wah untung mesinnya gak rompal, nah setelah ane servis timbul masalah, yaitu ada oli netes, setelah di selidiki ternyata ada seal magnet yang minta ganti, yaudah ane balikin ke bengkel lagi, kata montirnya ini gegara telat servis dan ganti oli. memang ane harusnya ganti di 2000km tapi ini motor ane pake sampai 3000km, sungguh keterlaluan ane, 






Segini dulu sob artikel dari ane, banyak kesalahan ane moon maap yak...

4 comments:

  1. saya juga pernah mengalami honda beat mogok, starter susah nyala..
    solusinya saya tuliskan di artikel saya ini
    https://www.kirimartikel.com/2019/06/solusi-honda-beat-mogok-starter-tidak.html
    semoga bisa bermanfaat dengan saling bertukar informasi.

    ReplyDelete
  2. Supra saya suka kesulitan hidup lo di starter dan berbunyi ngit ngit.. kudu di serpis apa nya...Gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau cool brush nya udah menipis om..kayak punya ane

      Delete