Sunday 2 December 2018

Konsumsi Bensin Opel Blazer

Konsumsi Bensin Opel Blazer


"Mobil Boros..... " itu adalah kata yang ane sering denger tentang mobil ini, oiya boil ane Blazer DOHC 97, 2200cc,  selain itu sering juga denger "part nya mahal....gak semua bengkel bisa benerin....",. bahkan dulu sebelum ane meminang ni kebo kakak ane yang pertama sudah mewanti-wanti untuk gak beli ni kebo, tapi ya gimana udah terlanjur suka, mau di kata apa tetep ane beli ni kebo.


     Jadi minggu yang lalu ane sama temen-temen kantor njagong manten di daerah temanggung di daerah Gemawang Blawong Wetan, dari rumah ane isi 300 ribu, ane inget kondisi indikator bensin, yaitu tinggal seperempat.
ni fotonya saat ini 
nah itu kondisi saat ini dan kondisi saat ane belum isi bensin 300rb, setelah ane isi kondisinya jadi ini
nah hampir full gaes, saat ini kilometer dengan bensin 300rb adalah 250km, jadi bisa kita hitung kira-kira konsumsi bahan bakarnya. dengan uang dengan uang 300rb kita dapat 38.5 liter (300rb dibagi harga bensin saat ini 7800). nah jarak tempuhnya adalah 250km, jadi 250 : 38.5  jadinya adalah 6.5an ..1 liter bensin bisa menempuh 6.5km an, untuk saat itu, memang konsumsi bahan bakar itu sangat banyak faktornya misal dari kondisi mesin kondisi medan kondisi ban misalnya , kondisi beban dan lainnya, sama tergantung kita mainkan gas nya, kalau kita mainkan RPM nya konsumsi bahan bakar akan sangat irit, tapi kalau tinggi ya boros, oiya kondisi di daerah temanggung menurut ane cukup berat dengan beban 5 orang termasuk ane , di sana ane mainnya berani nya cuman gigi 1 atau gigi 2, itu pun ane injak pedalnya dalem, jadi RPM nya tinggi, mungkin kalau medannya datar bisa lebih irit lagi, pernah denger dari sesama pengguna blazer bisa kok luar kota 1:10km an, ya masuk akal sih kalau kita main gigi 4 atau 5 dengan sedikit gas pun boil bisa melaju dengan cepat, apalagi jalan tol, pasti akan lebih irit lagi.

      Jadi menurut ane blazer boros itu ada benarnya, ya memang faktanya seperti itu, tapi dengan harga yang seksi karena hanya dengan 30jt an(tergantung kondisi boil) kamu bisa meminang si kebo amrik ini menurut ane tetep best deal lah. 

      Saran saja kalau untuk dipake harian dan bensin jadi masalah menurut ane urungkan saja beli ni boil, ya daripada menyesal kemudian, mendingan dibelikan mobil yang irit BBM. Blazer....sahabat pertamina...hehe.
    

56 comments:

  1. wih. mantap blazernya om.
    terima kasih pengalamannya membantu sekali.
    https://www.indoblazer.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahah ..makasih om..salah satu inspirasi artikel tentang blazer di blog ini dari indoblazer om..haha

      Delete
    2. Tapi lumayan laaah.. Klo keboku tak ganti mesin phanter 2.5..skrang 100rb bisa keliling jatim

      Delete
    3. Habis berapa biaya swapenggine nya om...?

      Delete
    4. Ganti karbu kijang aja

      Delete
  2. Waah jadi minat nih ane..bwat dapetin si kebo amrik..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo om..beli..biar merasakan borosnya kebo...

      Delete
    2. saya sudah 12 tahun pakai blazer santai aja....kalau mau pakai mobil enak mikirin bbm mending beli sepeda tanpa bbm, coba blazer bandingkan dengan innova atau fortuner bensin sama aja boros nya.

      Delete
    3. kwkwkw klaau ane kerasa sih om..apalagi kondisi sekarang yang tak ada penghasilan karena congornya.lebih baik tak kandangin dlu..haha

      Delete
  3. Kok malah becanda ni..aslinya itu termasuk irit atau boros atau standar mobil2 lain seperti kijang avansa inova kira2 ni..

    ReplyDelete
  4. Klo mw irit beli becak om,tinggal ngotel aja gak beli bensin. 🤣🤣🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha bvener sih om..pengen irit naik celeng..haha

      Delete
  5. beda tipis dengan innova atau forunter bensin yang kapasitas mesin 2000 keatas

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin ane..ane sendiri blm pernya nyobain sendiri

      Delete
  6. saya pakai blazer sudah 12 tahun sampai sekarang gak bangkrut gara2 bbm...wkwkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. yep pengangon mesti akan memikirkan juga soal itu

      Delete
  7. Klu gresik ke solo kr" berapa y

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba km yang ditempuh dikalikan 8

      Delete
    2. Cikarang solo berangkat aaja 800 belum tolnya 480

      Delete
  8. boros tapi menang gagah...kemarin sempat pingin opel montera...udah minat bgt...tp pas cek kr..dapat yg ancur..karena minim referensi..akhirnya dibelikan kijang super...35 juta...tapi tetap hati pinginnya opel...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya menang gagahnya dan banyak saudaranya om. hehe wah kalau gitu mendingan beli di temen temen komunitas aja biasanya kondisinya terawat om...ya smg bisa meminangnya

      Delete
    2. Ga boros2 amat jg lah... Dibanding inova msh lbh irit koq, utk harian dalam kota sekitar 7-8km/l montera 2000

      Delete
    3. kalau punya saya mungkin 6-7 an kali ya

      Delete
  9. Para suhu dan senior..
    Mau tanya nihh?
    Kalau hati karet bantalan kaki-kaki,satu set..all in,kira kira harus siap dana berapa ya??
    Blazer DOHC lt 1997.
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. 2 juta paling sudah banyak sisanya gan...tergantung aoa aja yang diganti..dan jasanya cukup lumayan. serahkan ke ahli blazer yak om

      Delete
  10. Aku sdh lbh 5 tahun pake montera 2000, bbm ga separah inova atau kuda bensin lah... Blazer utk pemakaian harian msh asik2 aj lah... Dalam kota sekitar 7-8km/l saya rasa msh normal lah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya om sbnere kalau buat harian asal gak kena macet gak terasa...hehe kalau kena macet kayaknya terasa borosnya

      Delete
  11. Saya juga punya cerita gan, saya ada yg nawarin blazer th 97 LT DOHC,pajak hidup, body ori luar dalam dan masih rapih tapi mesin mati heheee..waktu itu dia nawari 23jt..saya kaget semurah itukah harga mobil? Saya gk niat beli cuma saya iseng bilang kalo 15jt sh gpapa..eh dia bilang ambil aja 18jt..tanpa pikir panjang langsung saya trf 18jt..giliran dah dibayar baru saya bilang sama ortu, doi ngambek gk ketulungan katanya sayang uang, mobil mati mesin pula..karena dah terlanjur akhirnya sedikit gk saya hiraukan..ortu bilang katanya buat benerinnya bisa abis 20jt an..disitu saya juga sempet kaget..kebetulan mamanng saya montir, saya bilang ke dia kalo saya beli blazer kondisi mesin mati..mamang saya langsung bilang "baguslah sekalian kita belajar bongkar jeroan blazer"
    Singkat cerita si blazer ditarik pakai kawat seling sampe bengkel mamang dan langsung dia bongkar..mamang saya bilang harus beli metal duduk dkk..saya belanja kw jakarta, dalam hati saya ini pasti mahal2..eh taunya di total cuma habis 2.4jt. Lalu klep di skir dll..alhasil si blazer nyala normal dan sampe saat ini sudah 3tahun bersama saya gk pernah ada masalah..pernah sekali radiatornya pecah dan air muncrat..akhirnya sama mamang saya diganti pakai radiator truk colt diesel..
    konsumsi bbm pernah saya test full to full dapet di angka 1:8,6 menurut saya itu sama aja kayak kijang..temen saya juga bilang kijang rata 1:8...jadi kalo bilang blazer boros dan sparepart mahal itu bener2 omong kosong..dan yg bilang gtu biasanya orang yg belom pernah punya blazer..dan diapun baru katanya dan katanya heheee

    salam pecinta kebo..

    ReplyDelete
    Replies
    1. nice share banget nih , terbukti part blazer gak beda jauh dengan jepangan ..makasih dah komen dan mencerahkan yang mau meminang blazer..bahwa part kebo tu gak mahal..gak jauh dr jepangan

      Delete
  12. Wah jd tambah syur ne SM si kebo Eropa hahaha...
    Ada yg nawarin th97 pajak hdp 32
    Gmn ya...para suhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih sutandariyah apa modif om? murah tu om..32 pajak hidup

      Delete
  13. Kapasitas bensinnya berapa liter suhu...krna dari feroza 95 jdi pngn blzer bisa muat pnumpang bnyk

    ReplyDelete
  14. dah 2 tahun lebih ,ini blog masih jalan,,, hahahha
    wah ngiler nih, soalnya dah sering bawa GMC tahoe thn 2000 , walau kaki kai udagh pada ancur setir suka nyelonong sendiri ,tp masih tetep enak,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. wow mantab chevy tahoe, kayak di pilem2 yang jadi villain itu, hehe disini jarang ya si tahoe ini

      Delete
  15. Saya angon saudaranya kebo, yakni sapi alias Zafira. Emang biaya sparepart dan bengkel lumayan, tapi kalau sdh dapat bengkel terpercaya, ikut komunitas atau bahkan berani ngoprek sendiri akan tahu sela2-nya. Tiap saya liat Blazer..pasti mbuntuti dari belakang, amati dari samping..dah puas baru deh nyalip sambil tetap ngelirik dari spion :D. tiap dapat jalan hancur yg sapi kadang mesti hati2 milih lintasan, kembali inget lagi dgn macho-nya si kebo.
    Kalau konsumsi BBM, sapi lebih irit.. saya rute dari Depok (Jabar) ke Jogya biasanya isi full tank (58-an Liter) sudah sisa, kisaran 350rb tinggal pilih premimum atau pertalite.

    Angon Blazer masih salah satu impian saya, cm sayang kandangnya gak muat dimasukin sapi & kebo..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah irit banget tu om ? sparepart susah gak sih om si zafira ini.

      Delete
  16. Halo om, kepincut banget sama blazer, ini lagi cari cari unit, mohon share dong om untuk pemula yg gak ngerti mesin blazer ngerepotin nggak sih untuk dipelihara, mohon info juga barangkali ada bengkel rekomendasi di sekitaran Jakarta ane nggak banyak riset ini dah pengen banget heehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. anu om..bukan di facebook forum blazer indonesia om..disana infonya banyak banget dan bermanfaat

      Delete
    2. Iya om Alhamdulillah blazer dah dapet lagi di simpen di royal motor Tangerang, ganti oli timing belt dkk biar recordnya dari nol dan nyaman hehehe

      Delete
    3. mantab om..bener part2 yang riskan diganti biar tenang dan aman dijalan

      Delete
  17. ad yg nawarin 30jt, pajak mati 2019, Velg Racing, Ban ny udah besar.. kira2 murah gak Om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngajak orang yang tau perblazeran aja om..soalnya kalau dandan gak murah..hehe

      Delete
  18. Masih wajar lah untk cc di atas 2000cc, ane pake nisan terano lebih ngocor bbm nya jakarta,pwt,sragen jakarta lagi abis bbm pertalit 1,9jt,masih wajar karna mobil gede😁😁😁😁😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah mantab habisnya banyak sekarang bensin 1ltr 10k

      Delete
  19. Saya pemakai kebo sdh lebih 14thn, kadang mikir sama orang2 yg bilang Kebo boros bbm. Kok (menurut) punya saya ga boros ya... biasa Jkt-Solo pp. Thn lalu pas pertalite masih 7650, Ciputat-Karanganyar(Solo) ga tembus 600rb y. Cuman emang Kebo (saya) ni terkesan ga bisa lari... di toll jln datar mentok 125kpj. Punya saya Montera 2000.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok bisa irit banget om, punya saya aja, rembang-tayu-jepara-semarang-balik lewat demak-kudus-pati- rembang habis 700an.

      Delete
  20. Mantab, kebo saya So, 1L 12 km,

    ReplyDelete
  21. Ikut nimbrung om, awal minang blazer SOHC thn 2020,sampai sekarang, uda top overhol,metal,piston,stang,, askurk ganti, reyen 2 minggu ,saya buat prjalanan dari blitar jatim ke ujungnya kutai tumur,kaltim, habis bensin 750rb,

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah itu yang bikin mantab udah overhoul,,,jangan lupa gabung di forum blazer indonesia di grup fb om

      Delete
  22. Gaskeun open grup opel blazer, sya baru punya biru metalik 98 kece, pajak hidup diangka 25 🤪🤪

    ReplyDelete
    Replies
    1. murah itu..gabung aja grup fb forum opel blazer / komunitas opel blazer

      Delete