Wednesday 1 July 2020

Setelah 3 Bulan Nganggur Ketrima kerja

Covid19 mengajarkan banyak hal


http://suarahampa.blogspot.com/ hai hai hari ini ane akan menyampaikan kabar bahagia, seperti pada artikel sebelumnya pada April lalu tentang saya kehilangan pekerjaan di saat pandemi covid19 alhamdullilah saat ini saya dapat dari seorang HRD di perusahaan swasta bahwa saya lolos test .


       Sebelumnya saya menyadari bahwa saat ini banyak orang yang nganggur karena entah kena PHK atau karena kantornya Bubar, ane pun merasakan, hal ini akan menjadi pengalaman yang pasti akan selalu inget di sepanjang hidup ane, di saat ane butuh biaya eh malah kena PHK, alhamdullilah juga banyak temen di kantor lama yang udah dapat pekerjaan baru , namun beberapa juga masih ada yang menganggur, semoga segera menyusul seperti yang lain.

        Hampir 3 bulan saya agak desperate karena selalu berakhir dengan penolakan atau setelah test tidak ada kabar, hal tersebut memang biasa terjadi di dunia kerja, ane sangat mengapresiasi dengan perusahaan yang segera mengabarkan kalau tidak lolos test, jadi pencari kerja tidak menunggu nunggu, lebih baik segera di kabari daripada digantung, gak enak dah. tapi berdasarkan pengalaman memang kalau tidak ada kabar itu memang tidak lolos, beberapa perusahaan memang malas untuk mengabarkan, ane juga sempet tanya ke HRD dimana perusahaannya pernah ane lamar, eh dibales pun tidak, huhu -__-" sedih gaesss.. namun disitu saya percaya pasti suatu saat saya akan ketrima kerja, alhamdullilah hari ini saya mendapatkan kabar itu, saya percaya karena walaupun kondisi begini tetap ada lowongan yang buka, saya yakin nanti akan ada rekrutmen besar besaran juga setelah pandemi covid19 ini.

       pandemi Covid19 banyak mengajarkan sesuatu , seperti kehilangan pekerjaan itu sesuatu yang mungkin terjadi pada seseorang, jadi covid19 mengajarkan selalu siap pada keadaan yang tidak pasti, misalnya ane harus punya sampingan entah usaha atau apa yang jelas kita punya penghasilan di luar penghasilan pokok, Covid19 ini juga mengajarkan banyak bersyukur, dulu waktu kerja ngeluh, ah gaji cuman segini, ah tiap hari kerjaanya cuman kerja dll. ternyata setelah kena PHK hal tersebut adalah sesuatu yang nikmat yang patut di syukuri, mungkin ini memang cara Tuhan untuk mengingatkan untuk selalu bersyukur, pelajaran lain adalah covid19 mengajarkan hemat, ketika saya sudah tidak ber penghasilan maka saya harus berhemat agar tabungan tidak tergerus banyak. dan hal yang penting covid19 ini mengajarkan tentang kesehatan, orang orang mulai aware terhadap kebersihan diri, misalnya selalu cuci tangan, semoga kebiasaan hidup bersih ini menjadi bagian dari hidup dan terbawa setelah pandemi covid19 ini selesai.

      

    Selama saya nganggur saya ngapain aja ? saya biasa nya selalu melihat lowongna kerja di portal kerja, misal linkedin atau jobstreet asalkan sesuai requirement saya pasti lamar, satu persatu satu saya dapat undangan test, tapi juga banyak yang gak lolos screening. tak apa namanya juga usaha, untuk menopang ekonomi selama pandemi saya berjualan, biasanya saya jualan mainan di pinggir jalan, namun kadang seminggu cuman beberapa kali aja, karena sepi bahkan kadang tidak ada orang yang berhenti untuk melihat dagangan saya, saya menyadari kondisi sekarang orang lebih butuh memenuhi kebutuhan primer, kalau mainan kan gak primer gaess, makanya kadang sepi, seringnya orang lihat iklan saya di olx apa di fb lalu kita COD an atau barang saya antar kerumah nya, ada juga sampingan lain main saham, ini tidak pasti sih namun saya lihat porto saya dalam 2 bulan terkahir saya sebulan menghasilkan 500rb , dan jualan mainan 1 bulan terakhir ane catat laba bersih 1.2 juta. lumayan untuk menyambung hidup, memang Tuhan tidak membiarkan hambanya kelaparan selama mau usaha, saya sangat belajar bersyukur melalui masa masa ini, pelajaran yang gak mungkin saya dapatkan pada bangu sekolah maupun kuliah.

Saat ini saya udah bisa melupakan hal hal pahit waktu kena PHK, cuman saya sekarang kangen temen temen kerja dulu, udah hampir 3 bulan semenjak last day kantor bubar tidak ada pertemuan lagi, memang saat pandemi covid19 ini perkumpulan banyak orang di larang sih,

tak lupa special thanks to temen temen yang selalu support saya di kondisi yang sulit ini, love you gaess......

No comments:

Post a Comment