Wednesday 15 July 2020

Solusi Laptop Panas

Solusi Laptop Panas


http://suarahampa.blogspot.com/ pengen share nih, dulu laptop ane sebelumnya ane kasih semacam vakum kipas yang di deketkan di lubang angin laptop . mengatasi laptop lemot . itu artikelnya. nah kirain disitu masalah selesai ternyata tidak.


     Kebetulan ane dapat kerja dan untuk kerja make laptop sendiri, akhirnya yaudah ane perbaiki, tujuan ane ketukang servis adalah untuk minta bongkar ni laptop, yep laptop ane pembelian dari tahun 2012, gak kebayang donk dalemnya udah berdebu atau gimana,

     setelah ane sampai ke tukang servis dan kebetulan tetangga ane juga, dibukalah laptopnya, ternyata di deket komponen dalam banyak debu nya sob, ini debu gak bakal bisa keluar tanpa bongkar, emang udah bener ini dibongkar sama di bersihin debunya, sayang ane gak sempet foto, gak kepikiran kalau mau tak bikin artikel.

     di cek di bagian deket kipas itu banyak debunya, nah ini penyebab utama kipas jadi gak kenceng , sirip sirip besi itu juga banyak debunya, lalu thermal pasta di prosesor juga udah kering, lalu di tambahkan lah, setelah selesai dipasang dan dicoba.

     ane coba sendiri dengan main game, biasanya kalau main game kipas jadi kenceng karena deteksi overheat, eh kemarin gak kenceng, muternya gak sampai bunyi dan hawa panas keluar, ane pegang bodynya juga adem, artinya emang debu kotoran di dalam bikin kipas gak kenceng dan panasnya muter didalam, kalau dibiarin katanya bikin cepet rusak, emang bener sih secara komponen didalamnya jadi kena panas karena hawa gak keluar.

     terus saat ini kipas tambahan tidak ane pakai, dan laptop pun gak lemot, jadi kayak dulu waktu baru lagi, oiya asal harddisk gak error lemot akan hilang dengan membersihkan debu didalamnya, ane pun cuman habis 80rb an. pengen buka sendiri kok takut karena kondisi keuangan baru gak well, jadi mending keluar uang tapi beres..hehe

sekian dari ane, jika laptopmu mulai lemot walau kamu udah ganti harddisk, install ulang atau tambah RAM coba aja dibongkar dan bersihkan semua debu didalamnya, dan thermalpasta nya jangan lupa ditambahkan jika udah kering gaes... 


No comments:

Post a Comment