Thursday 23 April 2020

Mengatasi laptop lemot

Mengatasi laptop lemot


http://suarahampa.blogspot.com/  biar nganggur ane jadi produktif bikin artikel ah, oiya selamat menunaikan ibadah puasa yak temen temen ku yang muslim, semoga diberi kelancaran. jadi laptop ane tu dulu rasanya lemot banget. kalau awal awal dipake sih maish oke ya, lama lama berasa lemot, oiya ane make laptop asus a43s belinya tahun 2012, dah lama banget dah.


     Pertama ane makai ini buat nggame lama lama kalau panas berasa tersendat sendat, ane bingung kan, padahal dulu awal awal beli dipake buat nggame kuat kuat aja tuh, kok akhir akhir ini jadi lemot patah patah gitu.

     Langkah yang pertama adalah ane cek harddisk laptop, bener saja ternyata harddisk laptop udah gak normal, kecepatan read sama write nya jadi pelan, wajar sih ya udah 8 tahun gitu, akhirnya ane belikan SSD, wow ane takjub ternyata cepet banget booting time nya pun cuman itungan detik, tapi kok lama lama kalau panas jadi lelet lagi ,ane jadi berfikir jangan jangan thermal pasta udah habis. ane sih belum check up mengenai ini sih, cuman asumsi saja, atau bisa jadi putaran kipas blower yang di laptop udah mulai menurun. bisa jadi juga.

    Akhirnya ane belu semacam kipas penyedot vakum gitu
itu wujudnya, jadi dipasang di tempat blower nya, ini buat bantuan mengeluarkan panas di dalam laptop. akhirnya kira kira 6 bulan pakai ini laptop ane gak pernah lemot lagi, ternyata dugaan ane bener. laptop berasa lemot / tersendat sendat karena overheat, sebaiknya sih segera dibenarkan daripada , takutnya nanti merusak komponen. tapi ntar aja dah..kalau pas ada rejeki lebih.

Sekian dari ane ,semoga pengalaman ini membantu dalam memecahkan masalah laptop kamu lurd...

No comments:

Post a Comment