Wednesday 22 April 2020

Kehilangan Pekerjaan saat pandemi Covid19

Kehilangan Pekerjaan saat pandemi Covid19

http://suarahampa.blogspot.com/ ane baru mood banget untuk nulis gaes, sebelumnya ane sempet down banget beberapa minggu setelah kena layoff, jadi kemarin tepatnya akhir maret perusahaan memutuskan untuk menghentikan semua kegiatan perusahaan yang ada di Jogja dan di Jakarta, ane gak mau nyebut perusahaan apa, yang jelas bergerak di bidang IT, pengalaman kerja disitu ane 4 tahun lebih, 3 tahun pertama jadi QA tester , lalu setelah itu jadi Project Manager Officer.


     Yep semua karyawan sontak kaget, karena gak ngira efek corona datang lebih awal, jadi kata management yang di atas bilang kalau sudah tidak ada dana lagi untuk menjalankan operasional perusahaan, jadi terpaksa dihentikan semuanya, gak cuman pengurangan tapi bisa dikatakan kantor sudah bubar.

     Sebelum bubar sempet diisukan mau diremote kan , eh ternyata hari Senin menjadi Senin kelabu, karena ane ngira kita rapat besar untuk membahas WFH tapi ternyata tidak, nasib berkata lain , tapi atasan bilang dengan suara yang berat membacakan sebuah 2 lembar surat yang berisikan pemberhentian operasional perusahaan, kita semua gak ada yang menangis, karena saking sedih nya. ane juga makdeg dalam hati, karena memang ane pahami situasi saat ini sulit banget untuk mencari pekerjaan.

     Setelah pengumuman pemberhentian pekerjaan bini ane sempet WA " gimana jadi WFH gak ?" karena ane memang bilang mungkin rapat besar terkait dengan WFH, jujur membaca pesan itu bikin ane nangis, di kantor sih kita masih guyon tentang bagaimana selanjutnya setelah ini, mau kerja dimana dan lain lain, sesekali bercanda namun hati tetep aja sedih.

     Tiba saat nya ane pulang, ane biasanya kalau ke kantor bini ane boncengan untuk main ke emaknya , jadi hari itu bini ane ada ditempat mertua ane, disitu ane belum bilang, sambil diperjalanan sesekali bini ngobrol, melanjutkan WA tentang WFH yang ane gak gubris, dalam perjalanan pun rasanya kayak nangis gaes, ditambah hari itu mendung banget, cocok dah suasananya, bener bener senin kelabu. baru sampai rumah setelah mandi ane baru bilang, jujur ane cengeng banget. saat itu ane baru bilang kalau kantor bubar. awalnye ane gak menitikkan air mata, tapi ane malah nangis sesenggukan, rasanya gagal gitu jadi suami ..FYI bini juga ane suruh resign dari kerjaannya di jakarta, jadi kita sudah tinggal berdua, dan kita berdua jobless gaes.

*******
beberapa hari setelah ane kehilangan pekerjaan kita sangat mudah sedih banget, hampir beberapa hari setelah itu kalau malem bini suka nangis, alhasil ane pun nangis dalam diam juga, orang tua juga gak tau kalau ane kehilangan pekerjaan, baru 3 harian setelah itu bini bilang ke ortu ane, oiya ane tinggal serumah sama ortu, baru ortu tau , karena emang sebelum itu ditanyain kok gak berangkat kerja gitu, ane jawabnya cuman libur.

Setelah kehilangan pekerjaan ane baru nyadar, kalau capek kerja itu nikmat, dibanding capek nyari pekerjaan tapi gak keterima keterima, mungkin kehilangan pekerjaan ini tamparan buat ane yang kurang bersyukur, semoga kedepannya ane biar lebih bersyukur, saat ini ketika menulis artikel ini ane masih keadaan belum bekerja, sedang nyari nyari, sembari nyari nyari terkadang ane gunakan waktu buat upgrade skill karena background ane QA tester aplikasi, dan skill ane masih manual testing maka ane gunakan untuk belajar automation testing.

alhamdulilah kita masih ada tabungan sedikit, dan beruntungnya lagi cicilan di kartu kredit tinggal dikit, jadi untuk pengeluarn bayar hutang, untuk menyambung hidup saat ini masih mengandalkan tabungan, jujur untuk nyari sampingan ane masih pesimis, ane juga sebenarnya punya sampingan jualan mainan , ada di ig saya @bantulanekamainan bisa diklik linknya, selain itu ane juga invest di saham, jujur situasi begini saham pun anjlok, yang ada rugi.

jika ada temen temen sekantor yang baca ini atau siapa saja yang baru kena PHK. tetaplah bersyukur , mungkin ada rencana lain dari Tuhan yang lebih baik, semoga pandemi corona ini segera berakhir gaes, dan iklim ekonomi di Indonesia seperti semula, dan segera mendapatkan pekerjaan gantinya. aminn..

   

No comments:

Post a Comment