Wednesday 15 July 2020

Ngurus Plat 5 Tahunan tidak sampai 2 jam di Samsat Bantul

Ngurus Plat 5 Tahunan tidak sampai 2 jam di Samsat Bantul


http://suarahampa.blogspot.com/ ane pengen share gaesss..jadi kemarin itu ane disuruh bapak ane untuk pajak 5 tahunan, nah beruntung ane gak telat karena emang hari kemarin adalah hari terakhir, kalau telat bisa kena denda.


     ada kejadian ngeselin nih gaes, pada hari Senin 13 Juli 2020 ane sebenarnya dah ngantri nih, eh pas ngecek BPKB ternyata salah BPKB yang ane bawa adalah motor lain, nah dari ini sebaiknya kalian bisa ngambil hikmahnya, selalu cek sebelum berangkat, alhasil setelah itu ane balik dan nyari nyari BPKB nya, berhubung ketemunya siang maka ane balik hari Selasa 15 Juli 2020.




     dari rumah ane pukul 7.30 biar nyampe sana antriannya gak banyak gaess.. nah ane langsung datang ke bagian cek fisik gaes. udah ada petunjuknya kok, setelah itu mencet tombol antrian dulu , lalu kamu akan dapat nomer antrian dan jangan lupa ambil dokumen yang ada di gambar atas itu, lalu isikan sesuai kendaraan gaes. usahakan berangkat pagi biar dapet nomor awal.


di atas adalah surat dan fotokopian yang wajib dibawa ke samsat, oiya usahakan bawa pulpen buat nulis2 ntar, kalau saya mending fotokopi di Samsatnya aja,  sama kang fotokopi nanti akan disusun sesuai kepeluarnnya, baik banget dah.


nah ane lampirkan jam kerja cek fisik, jam kerja nya seperti digambar atas yak gaes, ane lampirkan bisa diperhatikan dengan seksama, selain itu ane lampirkan juga di atas tarifnya PNBP STNK dan TNKB kalau motor sih rumusnya untuk 5 tahunan nambah 160rb di tambah biaya tahunan gaes.
kira kira 8.10 petugas cek fisiknya datang, gaes. nah disini dicek lengkap juga, misal lampu spion, perhatikan lampiran di atas hal apa saja yang harus dilengkapi, karena kalau tidak lengkap maka disuruh pulang untuk melengkapi dulu, reporttt kan. cek fisik disini cepet kok, namun terkadang ada kendaraan yang harus buka spakbor dlu, namun kebanyakan kendaraan jaman now tidak ribet untuk nggesek no rangka dan no mesin, 10 menit gak sampai dah. selanjutnya digesek maka akan seperti ini
Seperti di atas setelah di cek fisik , selanjutnya dibawa ke pengesahakn cek fisik


Kalau di Samsat Bantul Sebelah utara sendiri, disitu berkas dikumpulkan , termasuk ktp asli beserta kopiannya, STNK dan kopiannya, BPKB dan kopiannya dan hasil cek fisik tadi, semuanya dah dikumpulkan, lalu akan dipanggil , setelah dipanggil kita akan mendapatkan dokumen seperti dibawah ini, dan disini kita bayar 160rb



Selanjutnya dokumen ini di bawa ke lantai 1 untuk memasukkan dokumen, di atas udah di sambut mba mba Polwan kemairn, akan diarahkan kemana harus tahap selanjutnya, dan saya akan mendapatkan nomor urutan di loket nanti


nanti kita akan dipanggil untuk membayar di kasir sesuai arahan dari petugas, sudah ada petunjuknya diikuti aja, ada layar juga monitor untuk memantu nomer berapa gilirannya, setelah itu kita dipanggil dan membayar jasa raharja dan PKB nya


Setelah dipanggil maka saya membayar diatas dan disuruh antri lagi , antrinya adalah nunggu STNK jadi, disini tidak ada urutannya, namun dipanggil nama sesuai STNK yak, harap di perhatikan, 



nah itu antriannya didepan, harusnya rapi yak karena di masa pandemi ini harus jaga jarak, dan setelah itu saya dipanggil dapat STNK, tidak sampai disini masih ada tahap selanjutnya yaitu ambil plat gaesss..menuju bawah lagi



Stank kan ada 2 lembar nah 1 lembarnya nanti dikumpulkan diloket plat nomor, lalu ditunggu saja sampai nanti giliran nya dipanggil, disini gak lama kok, paling 10-15 menitan gaes, total waktu nya adalah dari jam 8 sampai jam 9.30 , 1 jam 30 menitan, sungguh cepat, dibanding samsat yang dulu . dan biaya yang an ekeluarkan adalah 160+140 rb, jadi 300rb. daripada kamu lewat calo mending ngurus sendiri, gak ribet kok, kalau kamu kerja bisa di hari Sabtu gaes..selesai kok 1 hari.


sekian dari ane dan saya sangat mengapreasiasi layanan di Samsat bantul, terimakasih sudah membaca.bye bye





No comments:

Post a Comment