Friday 11 February 2022

Terdiagnosa Normal Tension Glaukoma

Terdiagnosa Normal Tension Glaukoma




Halo gimana kabare lurr ? apakah baik baik saja . lama tidak menulis artikel, bukan karena saya bosen, tapi karena memang tidak ada mood buat nulis dan pengen istirahat dlu aja, di artikel 2022 ini ane akan menulis mengenai teka teki penyakit ane yang berhubungan dengan artikel ini  ada pelangi ketika melihat lampu.


ada apa dengan saya ? jadi kemarin bulan lalu saya memberanikan diri untuk periksa mata di YAP jogja, ane waktu itu datang dengan keluhan mata terasa kenceng dan pandangan pelangi ketika melihat cahaya terang dikondisi malam hari, lalu saya bagian registrasi diarahkan ke spesialis glaucoma. ane melakukan pendaftaran via WA dlu . saat daftar petugas akan menanyakan apa keluhannya dan diarahkan ke poli yang sesuai dengan keluhan yang ane alami.

pertama datang ke sana saya ke bagian pendaftaran untuk daftar ulang, jadi walaupun udah daftar via WA maka harus daftar ulang untuk pasien baru, waktu itu saya make mandiri bukan BPJS, nah pertama kita daftar lalu setelah itu baru menuju ke bagian ruangan spesialis glaucoma, sebelum periksa ketemu dokter glaukoma kita akan diperiksa oleh perawatnya dulu, seperti tekanan bola mata, FYI tekanan bola mata saya waktu itu kanan kiri 20 - 21 , oiya saya udah 1.5 thn lepas dari timol, ane juga merasa nyesel kenapa gak dari dulu ksini aja gitu. di sini kita juga di cek refraksi , misal minus maka kita disuruh ke ruangan refraksi dulu untuk melihat tingkat miopi nya, kalau saya minus nya nambah tapi silinder nya tetep sama, nah ternyata mata kiri saya ini nambah minus nya cukup cepet.


setelah periksa refraksi maka saya ke ruangna glaukoma tadi untuk ktmu dokternya, dokter saya waktu itu Ibu Dokter Retno Ekantini, beliau dokter spesialis glaukoma di YAP, ketika saya masuk maka saya langsung di cek kondisi mata saya menggunakan slit lamp, pemeriksaan ini bertujuan untuk melihat kondisi mata kita apakah ada kelainan atau tidak, selanjutnya beliau menyarankan untuk OCT .

OCT singkatan dari  Optical coherence tomography, menurut artikel dari google yang saya dapat intinya alat ini mrupakan teknologi pencitraan yang menampilkan gambaran resolusi mikron, cross sectional, pada jaringan invivo termasuk mikrostruktur okuli .sumber https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/27498

pemeriksaan jenis ini tidak sakit kok, cuman kita disuruh melihat sebuah sinar lalu ada petugas yang akan melakukan scan, kita cuman disuruh untuk mengikuti cahaya object pada alat OCT, sama kita gak boleh berkedip beberapa detik ketika akan dilakukan scan, gak sampai 10 menit kayaknya. lalu ada hasil output seperti ini.



dari hasil ini kita bawa ke ruangan glaucoma , nah baru sini saya dikasih tau hasilnya, beliau tidak menjelaskan banyak , cuman bilang sudah ada kerusakan glaucoma, menurut analisa yang saya pelajari dari google, itu kuadran lingkaran kalau merah artinya udah warning, dan hijau bagus, jadi mata kiri udah warning, ya intinya udah ada penipisan syaraf mata, dan saya di diagnosa NTG (normal tension glacoma ) glukoma tenana normal, artinya udah ada kerusakan syaraf walau tekanan normal, karena tekanan saya adalah 20-21, sebenarnya masih batas atas,

oiya selain kuadran tadi ada hal yang penting juga yaitu itu kan ada gambar kayak donat ya ? nah semakin lingkaran tengah membesar itu semakin tidak bagus. terus gimana kondisi mata saya ? alhamdulilah saya tidak merasakan penyempitan pandang , tapi saya belum test lapang pandang sih, tapi dari yang saya rasakan saya masih merasa normal normal saja. namun untuk mata yang dari hasil OCT warning itu memang berasa kayak ngblur, tapi bisa dibantu dengan kacamata, waktu itu memang mata kiri saya berasa minus nya tambah, kayak gak cocok cocok kalau pake kacamata gitu.

saya bertanya dengan beliau penyebab utama apa ya bu dokter ? apakah karena saya kerja di depan komputer ? kata beliau bisa jadi keturunan, saya juga bilang kalau ibuk bapak kakek nenek gpp dok, tapi beliau berkata bisa jadi mbah2 terdahulu.

memang bener glaucoma ini dijuluki si pencuri penglihatan karena banyak yang tidak bergejala, saya cukup bersyukur sudah ketauan penyakit yang selama saya idap di mata saya. terus kemarin saya diresepkan cendo glaopen minidose, oiya FYI glaucoma ini tidak bisa disembuhkan, yang hanya bisa dilakukan adalah mencegah memperburuk keadaan, 



nah ini obat tetes yang berguna untuk menurunkan tekanan bola mata, perlakukan NTG sama dengan glaucoma2 lain , intinya semaksimal mungkin diturunkan asal tidak dibawah minimal, saya denger2 minimal tekanan mata or sering disebut TIO 10 mmHg. 

anjuran pemakaian obat tetes nya pada saya 1 x tetes aja dalam sehari, bentuk nya tube gitu obat tetesnya, dan obat glaopen in tidak ada pengawetnya, jadi hanya bisa digunakan 4x tetes saja, dan harus ditaruh didalam kulkas setelah dibuka. harga obat kisaran 100rb an, untuk 20hr karena ada 5 pcs tube.

wejangan saya dalah ketika temen temen merasakan tekanan bola mata tinggi, misalnya diraba sangat keras, ada pegel2 di sekitar mata, ada halo disekitar lampu atau pelangi,atau starburst, atau bahkan sampai mual muntah karena pusing dan sumbernya sekitar mata menurut saya alangkah baiknya segera ke dokter dan ceritakan sejujurnya keluhannya. karena kunci penting dari glaucoma ini adalah deteksi dini, semakin dini ketauan maka maintain akan segera dilakukan biar penglihatan terjaga / tidak makin parah kerusakan syaraf mata. bisa dicari di google sih ciri ciri glaucoma.

terus saya periksa habis berapa ? saya habis hampir 800rb an, tapi menurut saya untuk kesehatan segini cukup worth.




saya disini dulu temen temen, semoga sehat selalu ya..trimakasih






7 comments:

  1. Sekarang gimana kondisi matanya bang?

    ReplyDelete
  2. Sekarang sudah aman bang matanya? Kalau boleh tau umurnya berapa bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. secara p[englihatan masih aman..nanti kontrol OCT lagi bulan depan mas..sy 30 thn mas

      Delete
    2. Saya tunggu ya mas updatenya. Dan semoga cepat sembuh mas

      Delete
  3. Halloo kak, sekarang gimana nih kak? Boleh ga minta nomer WA nya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bsia dilihat di about me kak untuk kontak wa saya

      Delete