Saturday 18 November 2023

Jangan pernah membayar minimum kartu kredit

 Jangan pernah membayar  minimum kartu kredit

di atas ada lah contoh statement tagihan kartu kredit CIMB, terlihat ada total tagihan 5.7jt an lalu minimumnya adalah 280rb an.

saya pernah tidak sengaja membayar full, ini karena saya salah perhitungan , kenapa bisa salah soalnya sy kadang membayar cc itu sebelum tanggal cetak, akibatnya ketika dibayar duluan kan mengurangi tagihan nah yang jadi problem adalah tagihan yang sekarang saya kurangi dlu yang sy bayarkan, eh ternyata duit yang sya bayarkan itu dah masuk ditagihan, namun ada pengluaran lain dimana mengakibatkan saya salah hitung. bingung ya ? wkwk

kenapa saya tidak menyarankan kita membayar minimum adalah karena ada bunga guys, ya seperti yang kita ketahui ketika kita tidak bayar full itu ada bunganya, memang itu bisa menjadi 2 sisi, bisa menjadi penolong ketika tidak ada uang, tapi bisa juga membuat terlena.

banyak juga pengguna kartu kredit membayar tagihan hanya minimum payment, akibatnya tagihan cc nya tidak lunas lunas, ya gimana mau lunas wong ketika kita membayar minimal kartu kredit itu ada bunganya..kisaran 2% dr total tagihan,

ya anggep aja tagihan kita 2jt lalu kita bayar minimum katakanlah minimumnya 100rb terus kita bayar minimumnya aja, ujung ujungnya tagihan makin menumpuk , karena ketika kita bayar minimum maka sisa tagihan akan dikenakan 1.9jt kena bunga 2% itu.

selain itu juga susah naik limit, ini saya mendengar dari youtube yang membicarakan CC,ya menurut saya wajar sih bank tidak memberikan limit naik, wong debitur aja cuman bisa bayar minimum, saya sendiri sih cuman 1x aja selama memakai cc kena bunga tagihan, itu pun plg cuman 5% yang kurang bayarnya, jadi gk gede. terbukti saya tidak ngajuin tp cc saya dan istri sy bisa naik.

tp hal yang adalah asumsi saya ya, hehe yang jelas ketika kamu bayar minimum artinya kamu tidak mampu membeli sebuah barang / ketidakbijaksanaan dalam menggunakan kartu kredit, harusnya kartu kredit itu dgunakan dengan bijak, menjadi tools yang bermanfaat, jangan sampai menjadi bencana.

tips saya sih sebelum kita kredit2 barang itu sebaiknya dibikin perhitungan, saya bisa membuat file spreadsheet yang berisi tagihan cc, jadi ketika gajian udah tau kita ada spare berapa untuk bayar cc. jadi gak gelagepan ketika pengluaran lebih besar dari pada pendapatan.

saran saya bagi yang gak kuat bayar cc / selalu bayar tagihan minimum, lebik baik dilunasi utang nya lalu tutup CC nya sekalian, karena itu indikator kamu tidak mampu menggunakan CC, takutnya kalau CC masih dipelihara kejadiannya akan berulang.

sekian dan terimakasih ...

No comments:

Post a Comment