Sunday 5 November 2023

Kenapa saya tidak tertarik dengan Securites crowd funding (SCF)


Kenapa saya tidak tertarik dengan Securites crowd funding (SCF)


Securities Crowdfunding adalah metode penggalangan dana di mana perusahaan atau proyek mengumpulkan investasi dari berbagai individu melalui platform daring dengan menawarkan surat berharga, seperti saham atau obligasi. Ini memungkinkan akses pembiayaan bagi perusahaan kecil dan startup serta memberikan kesempatan kepada investor ritel untuk berinvestasi dalam proyek atau perusahaan yang menarik bagi mereka. Regulatory cukup beragam dan harus dipatuhi untuk melindungi kepentingan investor.


pertama

1. saya masih merasa kurang aman karena yang di IHSG aja ada aja perusahaan indikasi yang laporan keuangannya dimanipulasi, apalagi yang memeriksa hanya dari organisasi si crowdfunding nya.

https://finance.detik.com/bursa-dan-valas/d-2917244/saham-dibekukan-4-bulan-inovisi-diduga-manipulasi-laporan-keuangan

2. Transaksi sekunder di SCF relatif sepi, karena sepi maka menyebabkan market tidak liquid, katakanlah transaksi harian hanya 10jt, kamu memiliki 1M di porto, mau keluar susah banget, saya lihat di beberapa platform SCF indonesia mengalami market yang tidak liquid.

3. Kemungkinan gagal proyek, saya pernah melihat beberapa di youtube terkadang ketika proyek dimulai dana sudah dihimpun, karena dana belum tercapai kan otomatis project belum mulai ya, nah disini investor dirugikan karena dana tertahan di sana, kehilangan opportunity untuk mendapatkan cuan ditempat lain

4. kurang percaya dengan aplikasi startup penyedia SCF mengingat sekarang baru tech winter , saya sendiri ragu dengan si startupnya, terlebih ada suatu aplikasi yang disuspend menerbitkan saham baru karena terganjal sebuah regulasi, nah saya disini jadi ragu banget, mereka aja gak bisa solving masalahnya sendiri, lalu kenapa saya harus invest di sana..ya kan ? mendingan invest yang pasti pasti aja.

5. Laporan keuangan yang kurang tidak diawasi, laporan keuangan dalam aktivitas crowdfunding sering kali tidak diawasi dengan ketat. Ini merupakan salah satu kekurangan dari platform crowdfunding, terutama di sektor crowdfunding untuk investasi atau sekuritas.

Ketidakawasan laporan keuangan dapat menimbulkan risiko bagi para investor, karena mereka mungkin tidak memiliki akses penuh atau informasi yang memadai untuk menilai kinerja keuangan proyek atau perusahaan yang mereka pilih untuk didanai. Hal ini dapat mengakibatkan ketidaktransparan dalam penggunaan dana atau kinerja keuangan yang buruk. terus punishment nya juga gak jelas kan ? ujung ujung nya dana investor dibawa kabur.

begitu lah alasan kenapa saya tidak tertarik di crowdfunding manapun, untuk jangka panjang menurut saya aman di IHSG karena di IHSG banyak mata yang mengawasi, jika terjadi kecurangan seluruh orang indonesia akan melihat beritanya, berbeda dengan aplikasi SCF bisa jadi ketika terjadi kecurangan tidak muncul berita sehingga kasus menjadi tidak terawasi dan akhirnya mangkrak.





No comments:

Post a Comment