Sunday 23 June 2019

Coolant VS Air Jeding

Coolant VS Air Jeding


Coolant vs air jeding adalah perdebatan panjang yang terjadi di grup permobilan, ada yang menyarankan pake air ac misalnya, atau air aki dan yang terakhir air sumur or jedinger. Oleh karena itu ane akan mencoba sendiri perbedaan setelah jadi ane taruh penjepit kertas,apa tu namanya yang 1 ane taruh di air jeding or air kran lalu satunya ane taruh di air khusus radiator.


     percobaan tersebut mungkin ngefeknya beberapa hari , coba nanti keliatan apakah penjepit kertas di air coolant yang berkarat atau kah yang di air jeding ? sebenarnya air radiator sudah diciptakan dengan sedimikan rupa, biasanya ada zat zat tertentu seperti zat glycol  yang membuat mempunayi sifat titik didih tinggi jadi ketika mesin di pacu maka air penguapan nya gak sebanyak air mineral karena mempunyai titik didih tinggi, lalu selain itu biasanya air radiator yang bagus itu mempunyai zat anti karat, ya buat apa beli radiator tapi didalamnya tidak mengandung zat anti karat, macam air dikasih perwarna aja, zat anti karat ini berfungsi mencegah terjadinya korosi pada cooling system di mobil terbukti di mobil yang menggunakan jeding biasanya tutup nya udah karatan lalu airnya pasti keruh kekuning kuningan, ya itu karatnya rontok jadi bercampur dengan air. selain itu mencegah terjadi korosi pada dinding silinder head, sama perpak gasket nih, perpak gasket silinder head ini walaupun  cooling system sudah menggunakan radiator namun tetap saja bisa bikin gasket jebol, apalagi menggunakan jeding, hehe



      Seperti yang kita ketahui memang ada banyak part pada cooling system seperti tabung radiator, waterpump dan thermostat nah kalau ternyata ada yang karatan dan macet or tidak berfungsi semestinya kan berabe kan, bisa bisa mobil jadi overheat, turun mesin ntar.. lalu fungsi warna misal warna biru apa merah pada air radiator itu bisa buat ngtrack jika terjadi kebocoran, ane coba taruh air radiator di dinding radiator, maka akan terlihat bercak bercak, coba kalau pake air , gak bisa keliatan kebocorannya.


    Lalu bagaimana kalau sudah terlanjut menggunakan air jeding mau hijrah ke air coolant ? ada beberapa suhu di grup perboilan yang ane join itu melakukan korok radiator dulu biar kerak kerak nanti jika terkikis oleh radiator tidak membuat macet cooling system, karena ada yang berpendapat kalau dulunya air mineral bisa beralih ke air coolant maka  bagain yang kropos akan terkikis air coolant karena coolantnya mempunyai zat anti karat. jadi dikorok dulu baru di flush dan ganti air radiator, di pasaran pun banyak merk, jadi pastikan yang ada komposisi zat anti karatnya, jangan asal air berwarna biru or merah, hehe. oiya yang ane coba itu air merk Master Power Coolant, kalau diliat memang tidak ada komposisi glycol, tapi coba kita buktikan, apakah master coolant mempunyai zat anti karat? coba besok hasil nya ane update beberapa hari kedepan gaes. lalu bagaiaman dengan mobil ane ? alhamdullilah pemilik lama sudah menggunakan air coolant jadi ane tetep teruskan aja menggunakan ari coolant, gak mahal kok, satu galon gak lebih dari 100rb an



Segitu dulu dari ane, kalau ada kesalahan mohon kritik dan saran yak gaes...

update setelah 3 hari dari post ini ternyata hasil sudah keliatan

yang air coolant paper clip tidak karatan


sedangkan untuk air kran paper clip sudah karatan

No comments:

Post a Comment