Sunday 2 June 2019

Biaya Turun Mesin Opel Blazer

Biaya Turun Mesin Opel Blazer



Artikel ini mencoba menjawab temen-temen tentang biaya turun mesin opel Blazer, jadi beberapa minggu yang lalu mobil ane ada kerusakan yang cukup mengkwatirkan, yaitu radiator ada olinya, dan kebalikannya..kopi susu, nah penyakit ini biasanya menyerang motuba, termasuk penyakit yang ditakuti oleh para empunya karena bikin dompet kosong..hahaha


      Jadi ceritanya ane googling googling tuh, bengkel khusus Opel Blazer / Chevrolet Blazer di yogyakarta, ane menemukan seseorang yang cukup lama bermain di per blazeran ini, orangnya juga aktif di grup tentang perblazeran, langsung ane kontak melalui WA dan si OM ini menyuruh membawa kebo nya ke bengkelnya, lalu hari senin ane anterin sekalian masuk kerja sama Om mekanik langsung di cek dan ane dikabarin estimasinya.



     Setelah hari jumat ane nanya ternyata sudah jadi dan bisa diambil, Hari Sabtunya ane ambil deh, oiya turun mesin yang ane lakukan adalah TOP OH atau Turun Mesin setengah, yang dicopot adalah bagian silinder headnya. lalu sama mekaniknya di cek ternyata silinder head ada yang kropos lalu tidak rata, oleh karena itu silinder head dibawa ke tukang las khusu silinder head setelah itu dilakukan slep atau meratakan, yup silinderhead harus rata , biar tidak terjadi kebocoran. sebenarnya ane belum lama turun mesin juga, tapi karena mungkin kurang teliti ternyata gak awet, setelah itu gak lama radiator selalu kurang terus tapi tidak ada kebocoran, diliat dari packing head yang lama terlihat ada bekas rembesan radiator, artinya radiator habis terbakar di dalam mesin. oleh karena itu kalau soal turun mesin lebih baik serahkan pada ahlinya ahli ..core of the core 



     Sebelum tak ambil ane nanya Om mekaniknya nya, tentangTiming Belt masih bagus apa tidak, tapi si Om bilang kalau timing belt lebih bagus di lihat dari jarak tempuh, untuk Opel Blazer DOHC bisa mencapai 30.000 Km an , mengingat komponen ini cukup vital dan akan berbahaya jika sampai putus akhirnya ane minta ganti juga tapi untuk Belt nya saja, bukan satu set, lebih baik sih satu set sekalian. okay berikut rinciannya
nah itu sebenarnya uhtuk komponen yang lain sih opsional karena beberapa seal di dalam mesin di mobil punya ane sudah minta ganti, karena kata Om mekanik sudah ada yang keras, alhasil beberapa di ganti, menurut ane lebih baik diganti, karena biar sekalian turun mesin, repot kalau harus turun mesin lagi untuk mengganti seal yamg harganya gak seberapa. part yang diganti berikut ini


 Kalau gak salah namanya part diatas adalah packing  adaptor intake


 nah di atas adalah sumber masalah, yaitu packing head yang membuat radiator dan coolant nyebrang

nah ini klep mesin, ini diganti ternyata ada keretakan, bahaya kalau sampai patah didalam
 Ini adalah timing belt nya, sebenarnya kalau diliat dari fisik masih bagus tapi daripada daripada..lebih baik ane ganti sekalian.



Setelah turun mesin efeknya terasa sih, kebo terasa lebih bertenaga, air radiator gak kurang-kurang lagi, sama dulu kalau starter pagi hari ada asap putih tebal. dan sekarang sudah hilang..hehe 

Sekian dari ane, mau tanya bengkel tersebut dimana ? bisa japri ane...kontak ada di about me. okay makasih sudah mampir

6 comments:

  1. Mau nanya bengkel nya dmn gan makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hubungi saya di telegram apa wa saya om..ada diaboutme..tp lokasi bengkel ada di jogja om

      Delete
  2. luar biasanya sharingnya. ibaratnya, permasalahan "hanya" pada packing head ya ini om. air jadi masuk ke mesin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener om simple tapi biaya nya lumayan nih om :D

      Delete
  3. Saya mau benerin mobil blezer saya akibat ngejim

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga terselesaikan gan, kok bisa sampai ngjim >

      Delete