Sunday 9 June 2019

Misteri Air Radiator selalu kurang tapi tidak ada kebocoran

Misteri Air Radiator selalu kurang tapi tidak ada kebocoran


Pernah kan ane bikin artikel tentang air radiator selalu habis , padhal tidak ada kebocoran, padahal ane udah ganti tutup reservoir kali aja tutupnya udah gak kuat nahan , ane juga udah ganti tutup radiator , tapi bukan ori, tapi alternatif merk denso, tapi tetap aja masih kurang kurang...


     oiya ini ane kejadian sebenarnya udah lama , hampir 1 tahunan lebih tapi tetep ane diemkan aja, jadi setiap pergi ane selalu buka kap depan untuk lihat level air radiator pada tabung cadangan resevoir, ane tambahkan kalau di bawah level, nah puncaknya pas puasa kemarin. jadi ane ngalami lagi yang namanya kopi susu gaes, ternyata dulu air radiator selalu kurang tapi tidak ngalami kebocoran karena terbakar didalam mesin, jadi istilahnya bocor kompresi, alhasil boil sebenarnya tenaganya berkurang, tapi belum parah karena bocornya dikit gaes.




   dari perpak pun keliatan air nyebrang, mungkin bengkel yang dulu tidak pas masangnya atau karena silinder melengkung tapi tidak diratakan dahulu, alhasil ketika dipasang tetap aja tidak presisi kedatarannya lalu air lama lama dodosi / gerogoti lem besi pada packing head.

    Sebenarnya cara ngtes sih gampang aja, ada di artikel sebelumnya tapi ane ceritakan disini aja,daripada buka buka artikel ane kan, yaitu usahakan pada mesin keadaan dingin lalu buka radiator bawah namun sebelumnya matikan mesin mobil dulu, tambahkan air bila tidak sampai dibibir tutup radiator,pastikan air keadaan sudah sampai dibibir tutup ya. setelah itu minta temen untuk lakukan starter, karena harus salah satu melihat pada radiator, jika ada semburuan atau hentakan yang bukan karena goyangan mesin hidup maka kemungkinan besar kompresi bocor, bisa juga dengan alat radiator pressure, jika ditest maka tidak ada kebocoran terlihat dari luar dan indikator gauge turun perlahan kemungkinan besar juga bocor didalam, cara mudahnya dan akurat bawa ke bengkel aja dah..hehe

    Bagaimanapun kebocoran air radiator terbakar dimesin tetap berbahyaa.karena pasti lama lama akan terjadi yang namanya kopi susu, kalau sudah kopi susu parah maka mesin jadi pincang, kalau kecil mungkin di deepstick belum terlihat , tapi di tutup oli keliatan sesuatu yang mirip warna kopi susu..momok memang,,hehe

Sekian dari ane, kritik dan saran monggo gaes..kalau ada pertanyaan bisa hubungi via about me yakkk


No comments:

Post a Comment