Friday 21 June 2019

Review Nikon J5

Review Nikon J5


hay hay gan, kebetulan ane dapet pinjaman nih kamera mirroless nikon J5, yuhuu kamera mungil yang cukup powerfull,oiya review disini ane gak mendetail yak, kalau ingin mendetail ya kunjungi website yang membahas lebih dalam lagi, ane memang gak berpengalaman ngreview sebuah barang.

      kamera ini rilis tahun 2015 pada pertengahan tahun kalau gak salah,dengan pilihan silver dan black lalu ada kombinasi black dan silver. Saat ini sih harganya sudah worth banget dengan segudang fitur yang tersemat didalamnya, harganya bisa didapet dengan harga 4.3jt an, wow..udah full set tuh, ada kitab didalamnya, kabel usb, 1 unitbaterai, unit body dan lensa kit, dan strap tali bawaan.





      dari segi bentuk kamera ini memiliki bobot yang ringan, jadi kalau terbiasa dengan DSLR sepertinya kalau motret pake kamera ini berasa aneh, ringan banget. lalu secara genggaman juga sangat pas ditangan, macam gandeng tangan pacar orang . tombol tombolnya pun sangat ergonomis, dari atas ada tombol ON/OFF , lalu ada tombol pilihan mode ambil kamera dan ada tombol ambil video, jadi button ambil kamera dan ambil video itu dipisahkan gaes, kayak kamu dan bribikanmu..dipisahkan oleh beda dimensi..wkwkw. di atasnya pun udah ada built in flash, sisi samping kanan tidak ada apa apa, lalu untuk sisi kiri ada socket colokan untuk HDMI dan USB, lumayan HDMI bisa buat ngdisplay di layar monitor atau TV. dari sisi bawah ada tempat buat masang baterai dan colokan memori, memori menggunakan Microsd ya gaes, kemarin sih ane beli yang 64gb, biar muat banyak. lanjut dari depan, nah ini bagian yang keren menurut ane, ada layar 3 inch yang bisa di tilt dan sudah touchscreen dan bisa buat ambil gambar, jadi bisa buat selfie atau cocok untuk food blogger. maksud ane tilt kayak gini hlo


lanjut.di bagian samping layar ada button untuk melihat hasil jepretan, button menu , button navigasi yang bisa diputer2 dan disitu kita tempat buat nyetting2 seperti terang redupnya, mode pengambilnannya dan bisa atur flash dari sini. serta ada tombol yang bisa diputer, untuk mode manual sih bisa buat ngatur2, oiya untuk ngatur shutter speed menggunakan button ambil video tapi di puter yak. lalu ada button wifi, jadi kita bisa download gambar dari hasil kamera tersebut serta bisa ngshoot dengan aplikasi nikon di android tentunya, lalu ada button delete, nah bagusnya button delete ini gak nonjol, agak masuk kedalem gitu, bagus banget lah secara ergonomis.



     nah untuk lensa kit nya adalah lensa Nikkor 10-30 VR, untuk bokeh bokehan masih enakan pake fix sih, zaizalah  ngomongin lensa ane gak paham jadi skip aja.

ngomongi kemampuan kamera ini , kamera ini bisa mengambil gambar dengan maksimum resolusi 5568 x 3712 , rata rata dengan gambar segitu file size nya 10mb an nih gaes. untuk iso mencapai 12800 dengan noise reduction, lalu untuk kemampuan ambil video bisa sampai full hd 1080/60 , gambarnya jernih broo tapi memang jika menggunakan kamera resolusi tinggi maka memori cepat habis karena filenya bisa gede kan. didalam kamera ini pun tersemat fitur fitur pengambilan gambar creative, caranya puter mode di logo kamera yang ada huruf c nya,  misalnya ada night portrait, night landcape, skin softening, fish eye,  cross screen , toy camera effect, cross process,  miniature effect, easy panorama, soft dan HDR . oiya ada mode pengambilan sport mode juga tinggal puter mode ke gambar orang lari aja.  lalu untuk pengambilan video pun ada mode advance movienya, disitu ada ada mode 4-seconds movie, jump cut hasil kayak videonya bayu skak, fast motion, slow motion nah gak tau kenapa di tempatku cuman 4 detik aja nih, time lapse movie. 4K dan HD. keren kann. 


lalu sekarang ngmongin, kekurangan nya kok ketika hasil foto dilihat di kamera kecerahan terlihat pas, nah tapi ketika di pindahkan ke komputer pencahayaan terlihat redup, ngeselin kan lalu ane rasa kok kalau buat ngrekam baterai cepet habis dan body mirrorless nya terasa panas yak, untuk baterai boros sih wajar karena cuman 850 mah aja, lalu tidak ada colokan buat external audio, sayangnya itu, jadi kalau ambil suara ya pake microphone bawaan. 

overall sih ane rasa dengan harga segini udah bagus lah dapet kamera ini, untuk hasil gambar jepretan menyusul yak, karena ane akan lampirkan hasil gambar asli bukan kompresan.. kritik dan saran monggo

No comments:

Post a Comment