Sunday 9 June 2019

Timing Belt Opel Blazer

Timing Belt Opel Blazer


Hay hay hay..... karena acara sungkem-sungkem lebaran sudah selesai ada waktu bikin artikel nih, oiya sebelumnya saya selaku owner dan penulis tungga di blog ini mengucapakan selamat hari Lebaran dan mohon maaf lahir dan batin, jika banyak kesalahan atau kata-kata yang menyinggung atau komentar yang terlewatkan tidak ane bales..maap yakk...key lanjut...jadi pas turun setengah kemarin ane minta tolong sama mas mekanik untuk melihat apakah timing belt musti di ganti atau belum , tapi mas nya bilang wah biasanya kita ganti timing belt pake patokan KM, kalau dari fisik sih kalau sudah parah sudah bisa diliat kasat mata, tapi kalau tiba tiba putus mana tau kan ? makanya lebih aman pake patokan KM.


      To the point, Timing belt adalah sebuah sabuk yang di desain sedimikian rupa yang berguna untuk menggerakan camshaft dimana mengatur katub masuk dan katub keluar, ritme nya juga tidak sembarangan, karena kalau putus tiba-tiba bisa bertubrukan dan komponen komponen rusak, beberapa pengguna yang pernah mengalami putus pas mesin jalan adalah klep bengkok jadi ya biaya akan mahal, lebih baik diganti sebelum putus ya kann.. oiya komponen akan bertubrukan jika timing belt putus tidak terjadi di semua mobil sih, kalau pada blazer, jenis SOHC aman jika timing belt putus pas jalan...kalau DOHC bisa bikin komponen tubrukan dan dompet kopyahh....wasalam dah

     Kalau sudah parah sih timing belt bisa diliat dari ciri fisiknya, bisa jadi paling parah ya sobek atau retak-retak jika di lipet, bisa juga ada keausan pada gerigi. kalau di blazer sih untuk tipe DOHC diganti paling tidak ketika sudah jalan 30.000 KM, untuk SOHC bisa 60.000. itu ane baca dari para sesepuh grup blazer, kalau lebih baik diganti sekalian satu set, kalau Timing Belt aja yang ori 500rban, kalau satu set bisa 1.4an, belum jasa pasangnya hlooo.. kalau ane mending tak serahkan pada ahlinya ahli or core of the core, kalau di baca sih harus ngepasin, gak sembarangan gitu.

     Ternyata menggunakan model belt sama model rantai memang memiliki kelebihan dan kekurangan . kalau belt sih plus nya suaranya akan sunyi tp kekurangan penggantian lebih cepat dibanding timing chain, karena modelnya terbuat dari karet jadi bisa sewaktu putus dijalan kalau tidak di pantau, kalau timing chain sih pling klau tidak diganti jarang banget putus, paling cuman berisik aja..CMIIW

Sekian dulu dari ane,semoga menambahkan informasi .banyak kesalahan moonmaap gaesss... 


(diliat sih masih belum retak yak,tapi lebih baik diganti sekalian karena ane tidak tau track recordnya)

1 comment: