Saturday 29 June 2019

Menghilangkan bunyi di kaki-kaki mobil

Menghilangkan bunyi di kaki-kaki mobil


yoyoyo.....selamat datang di blog ane gaes, pernah gak mobilmu ketika jalan yang kriting terdengar suara kriet kriet ..cit cit cit cit, bunyi seperti tikus gitu, atau bunyi seperti truk muatan pasir nglewatin jalan berlobang..wkwkw kriet kriet gitu, sebenarnya ini terjadi di kebo ane udah lama, tapi karena kalau malam hari suara nya berasa kenceng, karena malam terasa sunyi kan, akhirnya ane coba cari cari cara menghilangkan bunyi tersebut.

     Cara pertama ane coba pake silicon spray merk waxco, di kemasan sih tertulis menghentikan bunyi decitan , oleh karena itu ane beli dengan harga 70rb an, ane semprotkan di bagian sela sela sambungan kaki-kaki, misal di bushing2 atau di karet, setelah ane semprot ane bawalah si kebo ini ke jalan yang kriting, alhasil suara kaki kaki masih bunyi, ketika  stir dibelokan ada suara ngek ....ngok ...ngek....ngok...ealah


nah itu, ya walapun gak berfungsi baik di kaki kaki lumayan lah buat simpenan, ya buat mengatasi macet pada kaca, karena si waxco ini bukan oil base, tapi mineral base. jadi gak bikin karet lonyot cuy. lanjuuttt cara selanjutnya

     Percobaan kedua ane ambil lah grease merk ROTARY ini  sebenarnya buat wheel bearing sih, tapi ane gak tau kalau diaplikasikan di karet karet sambungan kaki kaki efek negatifnya apa, bodo amatlah. ane beli di BL harga kemasan 500ml cuman 40rb an kok, murah cuy.. lalu ane ambil sikat gigi buat ngolesin

lalu sikat ane celupkan di grease 
setelah ane celupkan ane oleskan di karet karet seperti balljoin, karet link stabilizer, di sela sela idle arm, sela sela pitman juga, ane ratakan aja seperti ini






tampak gak bersih yah..haha bodo amatlah, lalu setelah itu ane coba ke jalan yang kriting, eh alhamdullilah bunyi bunyian hilang, yak bunyi bunyian sangat menganggu, apalagi saat melewati di jalan kampung dan banyak orang, bikin malu, masa punya gerobak gak dirawat, sampai pada bunyi . sebenarnya ini hal biasa karena terkadang pelumas di kaki-kaki mobil seiring dengan waktu dan perjalnan misal kena air maka lama lama hilang, bisa juga karena saking keringnya di kaki-kaki, jadi pada bunyi...oiya kalau ada efek negatif nya ane kasih tau yak


Sekian dulu dari ane..bye bye semoga membantu,..kritik dan saran monggo gaes 

3 comments:

  1. Alhamdulillah manjur bro, ane aplikasikan dengan Grease ke semua titik yg agan anjurkan, suara kriet kriet ngek ngek bilangg, btw blogspot gini masih ada tak 😁

    ReplyDelete