Friday 20 November 2020

Pilih Lensa Tele apa Lensa Fix ?

 Pilih Lensa Tele apa Lensa Fix ?




halo gaes, ane pengen sedikit membuat sebuah pendapat, mengenai sebaiknya pilih lensa tele apa lensa fix ? kalau kamu pilih mana, yang saya tuliskan disini mengacu lensa saya yaitu tele nya 70-300mm tamron  dan lensa fixnya adalah yongnuo 50mm.


Seperti yang kita ketahui lensa di atas memiliki peruntukan sendiri sendiri, lensa tele nya ini bisa buat memfoto object jarak jauh, oiya ini ada macro juga gaes, di focal length tertentu, lalu lensa fix tentunya gak bisa di zoom, yang ada cuman puteran bukaan aja, gak bisa zoom, sudah paham kan ? hehe.

Menurut saya kalau disuruh memilih lensa fix apa tele kalau saya jawabanya milih dua duanya, karena ya seperti ane jelaskan punya tujuan sendiri sendiri seperti contoh lensa tele ini biasa ane pakai buat memfoto produk, nah ini cocok sih, jadi di bikin paling zoom lalu ane geser ke macronya, hasilnya bokeh nya dapet, tapi bokehnya jujur saja masih cantik bokeh nya fix, kalau disini bokehnya lebih memisahkan object yang di foto dengan background, berikut hasilnya.


kalau menurut pendapatku sangat cocok untuk memfoto produk, terus menurut saya lensa ini serba guna , karena kita bisa buat pakai memfoto pemandangan, atau misal kita sedang jalan jalan bisa lah pakai lensa ini buat foto foto bareng temen temen, cuman untuk merekam ? menurut saya tidak rekomended terlebih lensa yang tidak punya IS nya atau tidak ada image stabilizer nya, seperti yang saya punya ini, goyangnya parah gaes. jadi cocoknya buat foto foto aja, jadi jangan harapkan bikin video cinematic pakai lensa tele yang tidak ada image stabilizernya, kecuali pakai tripod dan kita gak usah gerak gerak sih, jadinya tidak ada goncangan , bisa aja.


terus ngomongin ke lensa fix, lensa fix ini jelas tidak ada zoom nya, kalau kita pakai buat jalan jalan ini tentunya sangat merepotkan, lebih enak pakai yang tele dah, malah lebih enak jg pakai kit, karena lensa ini untuk mendapatkan object yang kita inginkan maka kita harus maju mundur sendiri untuk ngepasin bidang yang di foto, merpotkan sekali kalau kita pengen foto jejer bareng bareng dan ternyata belakangnya dah kehabisan space buat mundur, wkwkw ane pernah sih jalan jalan pakai ini dan menyesal, mendingan pakai kit dah. lalu peruntukannya ? kalau yang model fix ini cocoknya kalau buat memfoto model model gitu, cocok banget. jadi lebih ke objectnya dibanding dengan backgroundnya. 


nah itu contohnya, bokehnya tu background nya ada buletan buletan gitu cahayanya, kalau yang tele lebih memisahkan gitu. nah ini lensa cocok buat kamu misalkan pengen jalan berdua, nah pengen bikin foto instagramable cocok banget nih, ala ala model lah.

kesimpulannya menurut saya tergantung kebutuhan sih, kalau saya jelas pilih dua duanya, tergantung kebutuhan kita mau foto seperti apa, hehe jadi menurut saya lensa fix dan tele ini kalau dibandingin tidak apple to apple, tapi apple to mango lah .wkwkw , sekian dan terimakasih





No comments:

Post a Comment