Sunday 29 November 2020

mengganti pompa bensin opel blazer

 mengganti pompa bensin opel blazer


Halo sob, artikel ini tak jauh dengan si motuba blazer, emang nih blazer suka banget jajan, tapi kali ini jajan karena ownernya, bukan karena rusak yak. 




Jadi ane belum lama itu bikin post di FBI (grup facebook) a.k.a Forum Blazer Indonesia, nah disana keluhan ane tu si motuba blazer ini loyo kalau udah panas, dah gitu suara lebah terdengar di tanki bensin, wkwkwk lalu ada tanggapan dari suhu yang bilang itu kalau mesin ga da masalah bisa jadi pompa bensin dah lelah. 



menurut beliau ada pompa bagus yang semprotannya tekanannya tinggi, yaitu pompa spin, tapi bukan motor spin ya gaes, tapi chevrolet spin, dari situ ane beli pompa oli di tokopedia, dan ketemulah pompa oli merk caovis ini, ini pompa second ya gaes, dan begini penampakkannya.




dari bentuk fisik sih menurut ane meragukan, tetangga ane yang biasa ane mintain tolong jg ragu nih sama pompanya, di liat aja tuh fiisknya, ada kayak patah, tapi dah dilem sama sellernya, ini harganya 350rb sob, harga sgini maklum lah. bagus sih buat cadangan, dan ini socket model besar yak, mirip mirip po
mpa avanza socketnya.

Dapat ilmu dari beliau untuk mematikan bolongan kuningan kecilnya. 

akhirnya tutupnya di gepengkan pake tang lalu kasih tenol biar nutup, pakai solder yang hi temperature yak, sebelum naik ini saya coba dulu ternyata tekanan lubang itu kenceng bgt, akhirnya dimatikan biar tekanan lubang utama kenceng.



oiya ini kali ke 2 menurunkan tangki yang segede peti mumi ini, bisa dibayangkan berat nya seperti ini, ini nyopotnya gampang sih, yang susah itu masangnya gaes, apalagi kalau sendirian, untuk cara masang atau nyopotnya bisa buka file di FBI yak,  intinya sebelum menurunkan semua selang harus lepas dulu termasuk kabelnya, karena tau sendiri kalau barang tua rawan getas, takutnya rumah pompanya jadi korban.

tadi sih ada drama setelah berhasil dipasang, yaitu pas mau test drive selang naiknya malah lepas, alhasil di starter gak bisa dan bensin malah tumpah, bisa dibayangkan tadi ane buang bensin berapa banyak, pas hujan hujan lagi, alhasil basah basahan ngolong buat nancepin ni selang, jadi selang kiri kanan itu ada kancingnya, pastikan kancingnya pas yak, kalau yang tengah emang gak ada kancingnya. 

oiya tanda tanda pompa bensin udah lelah itu  menurut yang ane baca ada beberapa hal, starter panjang, ada suara lebah dalam tanki, jadi suara fuel pump terdengar keras dari luar, loyo, kalau udah parah tiap berapa km akan mati, lalu kalau parah lagi ya mokat , nah kalau yang ini mau gak mau turun tangi, tapi bisa diakali dengan melobangi body, tapi kalau saya masih maneman gaes. tapi kalau dibolongi positive nya kalau mau ganti or perbaiki fuelpump tinggal ambil dari atas. 

terus setelah diganti apa efeknya ? kalau yang ane rasakan ya ini suara pompa jadi gak kayak sarang lebah, soal loyo kalau panas udah gak kejadian, karena setiap masuk gang biasanya saya sering mati mesinnya, tadi masih bertenaga gak perlu injak gaes mainan kopling aja kuat gitu. sementara ini sih, semoga awet nih pompa nya..amin amin amin


No comments:

Post a Comment