Sunday 29 November 2020

hati hati penipuan mengatasnamakan sebuah Bank

 hati hati penipuan mengatasnamakan sebuah Bank



ane pengen share nih kejadian yang baru saja sore ini saya alami, jadi ceritanya gini ane kan pinjem mobile banking bini eh ternyata pin nya salah, alhasil ane dapet omelan sama bini.

nah dari situ ane berniat nanya lewat twitter dengan mention halobca, eh disitu ada 2 halo bca, yang 1 ada logo verified nya dan yang 1 tidak ada logonya dan terkesan tipu tipu banget. ini sih bangsat profile nya.


nah itu profilenya sekilas mirip yak, tapi diamati janggal, followernya dikit, tidak ada logo verified, dan usernamenya aneh, nah tadi orang ini nyamber dibalasan ane di halobca dengan meminta kode 16 digit di kartu.

lalu ane gak gubris, eh ni orang berusaha hubungi ane, doi follow ane tiba tiba dia DM ane, jarang banget akun verified follow kita sob, wkwkw ini dia terus menanyakan 16 digit kartu, ane diampan kok tiba tiba ada whatsapp masuk dengan ngaku ngaku BCA juga. halo baru kali ini cs bca nanggepi lewat WA, dia beralibi meminta 16 digit buat membuka blokiran, sayang chat terlanjur kedelete sebelum ane screen shot.

karena ane larinya mau kemana paham jadi ane kerjain, wkwkw tadi ane kasihkan gambar kartu atm, dia kayaknya sadar kalau yang ane kirimkan itu bukan valid, wkkw terus ane kirimmkan kartu indomaret, sok bodoh ane dia lalu nantang, wkwk masak CS nantang nih, lalu ane bikin voice text buat ngomelin ni orang, akhrinya ane di blokir. karena ane dah sadar

sedikit analisa, dia minta 16 nomor itu nanti larinya akan buat transaksi pembayaran, lalu setelah dia dapat maka nanti dia pasti minta OTP untuk verifikasi pembayaran, perlu diketahui bank pun gak bakal nanya itu gaes, perlu diketahui informasi di kartu atm itu sangatn penting,  jangan pernah disebarluaskan dengan sadar maupun tidak sadar ya, takutnya ada orang nakal kayak ini yang ngerjain ane malah tak kerjain balik..wkwk

itu bukti kalau BCA gak pernah minta data kartu , lalu perlu diingat carilah info akun officual yang ada verified nya,

intinya siapapun yang meminta data kartu anda itu pasti tipu tiup, jangan ladenin aja langsung block nya, semoga kejadian ini tidak menimpa siapapun , semoga artikel ini sangat bermanfaat. 

No comments:

Post a Comment