Saturday 5 December 2020

Peralatan yang ada di blazer saya

 Peralatan yang ada di blazer saya



halo gaes selamat weekend yah , ane pengen cerita nih, peralatan yang ada di mobil saya, siapa tau jadi inspirasi ya kan, hehe . 

peralatan pada motuba yang kita bawa menurut saya cukup penting terlebih kalau sering banget pergi dengan motuba kesayangan anda, biar nanti tidak merepotkan gitu hlo kalau ada trouble, nah disin ane ada beberapa list barang bawaan yang selalu ada di bagasi, to the point saja yak


1. tire kit

seperti yang kita ketahui tirekit ini biasanya bawaan dari mobil, jadi jangan sekali kali pergi jauh tanpa tirekit, ini wajib ya gaes,. kalau ada masalah tentang per roda an kita bisa perbaiki sendiri, karena kita gak tau terjadi sesuatu nya dimana, ya kalau rame sih enak bisa minta bantuan, nah kalau di jalan yang jarang dilewati orang ? tirekit ini kalau saya yang pasti kunci roda, dongkrak , dan segitiga pengaman . yang ane sering liat masalahnya disini adalah driver gak hapal letak kunci, mugnkin ini pemilik baru, driver gak bawa baut untuk melepas roda karena velg udah bukan bawaan, nah ini biasnaya perlu baut khusus karena biasanya kuncinya pun beda dengan yang ada pada bawaan.

2. tool kit 

nah biasanya bawa sekota tool kit yang isinya macam macam kunci sih, tapi ini yang sering kepake adalah kunci buat ngelepas aki, bergna sih, ane beli hanya di angka 150rb an tapi manfaatnya oke banget.

3. charger aki



nah charger aki ini pernah kepake ketika tiba tiba drop akinya karena lama gak buat jalan, cuman buat penunggu garasi aja. charger aki ini harganya gak sampai 100rb sob, sayangnya yang model gini kalau akinya habis bis maka akan perlu butuh waktu yang lama, menurut ane ini penting karnea siapa tau aki kita soak, oya ini tidak bermanfaat bagi pengguna aki kering, karena kalau aki kering modar pasti udah gak bisa di charge ulang, ganti baru solusinya..

4. digital voltmeter



nah ini berguna bagi motuba yang gak ada voltmeternya, jadi dengan alat ini maka kita bisa tau berapa tegangan yang ada pada aki sob, ini berguna bagi ini jg ketika waktu itu aki bener bener gak ada isinya, setelah saya test pun gak ada angka keluar.


5. air radiator



buat motuba yang biasa pake coolant ya mau gak mau bawa cadangan sob, kita tau air radiator  itu bisa ada penguapan, case lain adalah terjadi kebocoran pada perjalanan, nah ini berguna sangat, misal kepepet gak ada radiator yang kita bisa pakai air jeding sih sebenarnya,  ane merasa nyesel itu ketika saya gak bawa air radiator pas ada bocor di radiatornya, ane musti nyari air radiator , karena cukup jauh akhirnya terpaksa pakai air jeding..huhuu.


6. oli



nah oli ibarat darah gaes,. kenapa kita harus bawa oli ? oli ini bisa oli mesin, oli rem dan oli power steering gaes , jadi ketika ada kebocoran atau penguapan kita bisa nambahkan, kalau disaya ini wajib sih soal oli, harus ada dibagasi,bisa jadi ketika kita udah sampai tujuan baru ngeh kalau ada oli yang wajib di tambah, lebih baik sedia masing masing 1 botol, kalau saya sih oli mesin beli yang 1 liter, oli lain lain kemasannya yang kecil aja biar gak makan tempat gitu


7. part part penting terutama bukan mobil pasaran.


nah ini buat mobil yang bukan pasaran menurut saya kok wajib bawa kalau seirng keluar kota, karena takutnya kalau trouble dijalan susah nyari part nya, mungkin kalau ada bengkel sih pinggir jalan ada ada aja, cuman soal part ini yang agak susah nyari dadakan, misal pada blazer ini adalah, CKP , ICM , fuel pump, ada tambahan ? kalau fuelpump sih bisa pakai avanza, hehe intinya kira nya part susah ditemukan di toko umum lebih baik ready stock biar gampang kalau trouble.


menurut saya itu sih ada lagi sarannya ? kalau ada mungkin bisa ditambahkan di komentar ya sob.sip sip




No comments:

Post a Comment