Monday 21 December 2020

Tips tidak rugi di investasi saham

Tips tidak rugi di investasi saham


halo guys, akhir akhir ini dunia persahaman indonesia udah mulai cerah indeksnya, bagaimana tidak sejak masa awal pandemi yang indeks harga saham gabungan bisa dibawah 5k sekarang udah menyentuh 6k, kondisi nilainya udah hampir sama dengan sebelum corona menyerang.

seperti yang kita ketahui di medsos kayak twitter orang banyak share cuan sahamnya, emang betul sih ketika kita beli bulan bulan kemarin misal pick saham yang bagus katakanlah bluechip2 yang fundamental bagus pasti akan cuan kalau dijual di hari ini.

nah terus ane pengen share nih ane kan mulai belanja saham sejak awal pandemi, lalu porto pas pandemi itu bisa hampir floating rugi 50 persen lebih, jika modal 20 juta tinggal 7 10 jt aja, gila kann..waktu itu kalau gak salah sih ane modal nya 15an, rugi ya sekitar separonya lah..wkwkw stress gak ? enggak terlalu sih saya cuman yang ane kwatirkan saat itu adalah proses recovery yang lama, eh ternyata cepet aja proses rebound nya, dah mau ganti tahun indeks dah naik lagi.

terus porto ane gimana ? porto ane sih aada yang rugi, tinggal 1 sih yaitu saham adro , kenapa bisa masih rugi ? karena waktu pas corona anjlok2 nya itu ane gak avg lagi, lalu yang lain udah ane avg dan saat ini udah pada cuan. tinggal si adro aja yang belum nyetak cuan..wkwkw sabar  sabar..ini ane beli diharga waktu 1500an, sekarang 1500an, bentar lagi dijemput dah..amin amin amin ..semoga ya ndarr...

kalau dari saya tipsnya adalah mungkin ini goblok sih but works..wkwkw

1. jarang jarang buka OLT, yup ane udah mulai jarang jarang buka olt , udah ga setiap menit, kalau dulu dalam sejam bisa berkali kali, kalau sekarang pas sempet aja, hasilnya apa ? hasilnya adalah kita tenang dgn porto kita, 

2. jangan lupa untuk avg, nah ini dirasa jika saham yang kamu pegang masih oke, maka jangan lupa untuk average down saham, jadi tipsnya jika membeli saham jangan full power, bisa jadi 50 persen dulu, nanti 50 persen nya bisa buat avg down jika turun or beli saham naik 

3. jangan beli saham full power di barang yang sama, jadi kita beli bebrapa saham emiten, biar ketika rugi maka gak rugi banget, kan enak tuh kalau kita liat porto ada ijo ijonya..haha

4. gunakan uang dingin, ane gunakan uang dingin, biar kalau nyangkut anggep aja invetasi, as long as fundamental bagus saya rasa nyangkut gak masalah, bisa malah buat nambah muatan, hehehe . jadi kalau uangmu gak dingin jangan dimainkan buat saham, takut nanti ketika butuh mau ditarik malah boncos sahamnya, kan rugi sob..

5. modal yang kamu keluarkan udah kamu pertimbangkan jika rugi kamu iklas,. wkwkw bukan berarti kamu menyepelekan modal tapi dengan begini kamu bisa menakar sejauh mana rasa sakitmu terhadap kerugian yang bisa kamu alami, jika kamu masih takut los ya jangan banyak banyak modalnya, intinya dibikin mental dan psikologisnya terjaga, jangan sampai gegabah dalam mengampil keputusan

6. jangan baper, kalau kamu beli saham lalu turun jangan baper, atau kamu udah jual lagi eh harga terbang, hello disana banyak emiten bagus kok, main saham usahakan tetap tenang dan jangan gunakan emosi, berfikir jernih gesss.

7. anti cutloss, nah ini tidak disarankan ..wkwkw karena ini goblok juga, tapi ini ane terapkan di porto ane alhamdulilah dlm setahun tidak ada kerugian materi tapi ruginya apa ? ruginya di waktu gesss..wkwkw kayak waktu awal pandemi, kalau kamu tipe disiplin pasti dah kamu cutloss waktu los 10 persen misalnya, karena saya ndablek maka malah saya avg, tapi hasilnya malah alhamdullilah untung, kalau ini asal fundamental bagus dan bukan gorengan lemak tinggi gak masalah, kalau turun ya avg down. tinggal nunggu digoreng bandar lalu TP.

8. jangan mengejar transaksi harian, semakin kamu sering transaksi maka semakin rugi, ada benarnya gaes, karena dalam sehari saham itu sangat fluktuatif, jadi kalau hari ini udah naik tinggi gak usah dikejar, nunggu aja koreksi, kalau turun baru beli gituu.

9. proyeksikan keuntungan yang realistis, anggap aja kamu punya uang 20 jt , kamu menargetkan dlm sebulan untung 10jt ? wow beradd gesss...jadi menurut saya untung saham gak usah banyak banyak , asal untung katakanlan 5 atau 10 persen udah cukup ges, jadi asumsi modal 20jt, kita dlm sebulan untung 2 jt aja udah bagus, dan realistis proyeksi keuntungannya, bisa di achieve lah, 

10. sering bersyukur,  kalau saya sih misal bisa untung banyak alhamdulilah, tapi misal cuan 5 persen sampai 10 persen biasanya udah ane TP, karena kalau kita untung tanpa di TP atau floating untung tersebut hanya sebuah angka jika tidak di realisasikan (sell) pengalaman saya malah seringnya nanti turun lagi, yaudah deh asal udah cukup buat TP aja. gak usah rakus rakut, takutnya dah naik tinggi dibanting bandar..wqwqwqw

di atas sih tips dari ane, ini mungkin tidak bisa diterapkan di kamu, tapi tiap orang punya beda beda karakter, diatas adalah tips yang saya alami ketika survive awal pandemi sampai sekarang, terimakasih sudah mampir.

No comments:

Post a Comment