Monday 21 December 2020

Ganti Baterai TPMS pada mobil

 Ganti Baterai TPMS pada mobil



hai guys, kemarin minggu belum sempet bikin artikel, yaudah deh bikin artikel aja di hari senin, target sih biasanya sabtu minggu bikin artikel, kemarin gak sempet gess..


Kemarin ane ke tempat mertua, maklum si cucu jarang ketemu uti dan kung nya dr ibu nya, lalu naik kebo blazer ke sana , eh nyampai sana kok bunyi tit tit tit di monitor TPMS nya.



apa nehh, perasaan tidak ada bentur apa apa kok ada bunyi ti ti tit..ane cek juga di roda sensor nya gak lepas, terus ane biarkan baru sampai rumah ane cek lagi tu. sensornya karena ane sangat penasaran.

Ane coba pindah sensornya ke ban lain, lalu ane cek kok tidak ada apa apa, ane juga udah hidupkan dan matikan sensor tpms nya, juga tidak ada tanda tanda kehidupan, ane mikirnya sih belum ada 3 bulan kok udah habis baterainya. masa sih.

Karena ane penasaran maka ane buka tuh sensornya sebelah ban kanan depan, bukanya sih gampang ges, pakai kunci bawaan itu lalu diputer lawan arah jam 


nanti setelah dibuka maka akan keliatan begini, itu kalau di amati ada seal melingkar untuk mencegah air gak masuk kalau ujan kali yak, sayangnya kemarin kan ane membuka 2 sensor eh 1 nya ada yang lepas sealnya, jadi ini menurut ane rawan banget rusak karetnya, padahal belum getas hlo, tp pas tak buka malah putus sealnya.

nah itu baterainya sebelah kanan, ane bandingkan dengan baterai remot ane, setelah ane lepas dan ane ganti baterai sensor lain ternyata nyala, berarti bener baterai dah habis. setelah itu ane cek jenis baterainya yaitu CR1632, kalau punyamu mirip begini kemungkinan baterainya jg sama guys.


Sudah fix ketemu masalahnya lalu ane beli di toko elektronik, alhamdulilah mereka punya, ane beli merk panasonic ini dengan harga 15rb, semoga awet yak.


baru pagi tadi ane beli lalu tak pasangkan ke sensor yang gak detek, trus tak coba eh detek lagi, alhamdulilah bisa lagi, soalnya kalau rusak sensornya doang repot, kalau beli ya harus 1 set..wkkw kalau ketengan sensor kayaknya gak ada deh.

lalu untuk nambal seal yang putus tadi ane apain ? karena ane punya sealer dextone maka ane kasihlah disambungan antara tutup dan sensornya, ane kasih muter gitu biar di sambungan tertutup oleh sealer

jadinya kayak di atas, tapi kalau ane sih yang penting fungsional, kalau lebih bagus sih item sealernya, kenapa ane pake sealer ? karena kalau pakai sealer itu mudah nyopotnya, berbeda kalau make lem G atau lem alteco kesusahan nyopotnya, karena kan ini karet nglepasnya gampang..hehe

Sekian dan terimakasih sudah membaca artikel ini






No comments:

Post a Comment