Saturday 12 December 2020

Mengganti Knalpot Opel Blazer

 Mengganti Knalpot Opel Blazer


Halo gess, selamat weekend yah, di weekend tadi ane ingin manjain si kebo buluk ini ke tukang knalpot, dalam rangka peremajaan tabung kendangan , oiya ini ane gantinya di tukang knalpot pak bengos, jalan bantul, utara pertigaan cepit. timur jalan.



Jadi pertama ane beli dulu knalpotnya nih di tokopedia, ane lihat sih seller dari pubalingga, terkenal dunia knalpotkan kan daerah sana, jadi ane yakin pasti garapannya bagus nih, sebenarnya kita bisa juga sih custom mesen gitu, tapi karena gak mau ribet yaudah penting udah ada barangnya dulu gaes. gambar di atas adalah spesifikasi knalpot yang ane beli, mungkin kalau ingin custom bisa menggunakan ukuran itu, terbukti tadi pas kok PNP banget.



oiya alasan kenapa ane ganti knalpot adalah suara bocor gaes, di toel dikit aja gas nya suara knalpot masuk kabin, FYI kata pengangon lain kalau knalpot bocor itu selain suara berisik ada efek buruk lainnya, yaitu jelas udara kotor bocor, katanya boros, nah ane kurang tau relasinya gmn, sama ngempos, ini katanya berhbubungan dengan tekanan balik dan kompresi ,ane kurang paham juga. kalau niatan ane sih yang penting suara gak masuk kabin aja .



ane beli ditokped knalpot ini seharga 350rb belum termasuk ongkir yak, ongkirnya sekitar 65rb an, itu bentuknya , mirip kok . PNP dah, kalau mau tau sellernya bisa kontak ane yak, ane kasih link nya. tadi proses nya pergantian kurang lebih 1 jam an, namun ini tergantung skill sih, tiap teknisi mungkin beda beda. 


Setelah knalpot lama diturunkan kita lihat ujudnya, nah itu ujudnya, wajar sih usia udah dari lahiran 97 wkwk udah 20 tahunan, wajar kalau udah karatan, kita lihat yak bocornya


keliatan kan ? ngeri kan karatannya, kata bapaknya tadi kalau di tambal percuma, nanti pasti karatannya pindah lagi, udah bener katanya diganti daripada di tambal gengs, toh ini slow moving part gitu, jangan pelit pelit lah sama motuba kita.

total biaya yang ane keluarkan, yaitu harga knalpot 350rb + ongkir 60rb, plus jasa 50rb, murah bet gaes biaya pasangnya ini, ane tadinya menduga 150rb an, ternyata cuman 50rb an. 

kalau pengen tau ini bengkelnya pak bengos bisa diklik ya, menurut ane rekomended ah.. 

terus knalpot baru terpasang efeknya apa ? yang saya rasakan paling signifikan segi suara sih, suara knalpot gak masuk kabin, di rpm 2-3 rb kalau dulu suara knalpot jelas banget dikabin, ini tadi engga, untuk urusan ngempos dan boros ane agak susah buktikan...sekian dulu yak gaes




No comments:

Post a Comment