Saturday 3 August 2019

Review Steady Cam Taffware S40

Review Steady Cam Taffware S40


akhir-akhir ini ane lagi seneng iseng iseng bikin video ya cuman buat sekedar update status di Whatsapp aja, ane dapet pinjeman kamera mirrorless Nikon J5, udah bagus sih cuman ketika buat ngrekam sambil jalan maka goncangan sangat keliatan, oleh karena itu ane googling googling buat menstabilkan, ada pilihan dari harga yang jutaan sampai ratusan ribu, karena ane lagi kere hore yaudah ane coba aja yang harga 300rb an. yup ini ane beli di shopee kalua gak salah sama ongkirnya 315rb an dah. okelah ane order.


     Lanjut beberapa hari paketan datang, ane bawa paketannya kok terasa berat, kayak rindu nya dilan..pfttt.. okay saatnya unboxing, yup wadah terlihat sederhana tidak ada kardus nya cuman kardus macam kardus indomie, kali sama sellernya dibuang yak, 
sama cuman ada gabus dan 1 perangkat stabilizer, kelengapannya tidak banyak, cuman ada kunci L,baut mounting 2 pcs,  tidak ada buku petunjuk, 6 butir pemberat dan 1 unit steadycam nya. bisa diliat gambar atas. nah untuk menggunakan ane perlu buku tutor di youtube, karena tidak ada buku manualnya. ane jelaskan dikit dikit aja yak..karena akan jelas kalau menonton video di youtube, intinya menggunakan glidecam /steadycam adalah menstabilkan gambar jadi kamera dipasang dengan posisi yang pas, tidak condong kekanan / kiri . atau maju dan kebelakang, atau bahasa jawanya ndungkluk atau ndangak.
sebelum mencoba maka aksesoris pada kamera ane copot, pada kamera ini ane lepaskan strap nya biar gak mengganggu, 

langkah pertama adalah pasang dudukan kamera ke kameranya ada dua baut yang disediakan, pilihlah salah satu posisi baut dan bautnya
sayangnya tidak di kasih baut mengencangkan, akhirnya ane pake gagang ketokan kuku..wkwk buat ngencengin, pastikan kenceng yak gaes.

langkah kedua pasanglah kamera ke steady cam / glide cam caranya adalah
nah itu untiran yang ke atas adalah buat naruh kamera yang sudah di mounting ke dudukan plat besi, kendorkan dan pasangkan, setelah itu pastikan tidak terlalu miring ke kanan atau kekiri, untuk melihat kemiringan bisa dilihat di gagang untiran yang warna ijo itu, didalamnya ada air dan ada gelembungnya, membantu macam waterpass. pastikan di posisi center, kalau terlalu miring ke kanan ya itu dikendorkan lagi dan geser kamera ke agak kiri, bisa lah pasti kalian,

Langkah ketiga adalah posisikan ndangak atau ndungkluk sesuai keinginan


caranya adalah make baut untiran yang kedua atau bawah kendorkan dan atur sesuai keinginan, lalu pas mengendorkan jangan lupa kamera dipegangi, takutnya plat besi bablas dari rel, hoho kalau sudah lanjut step selanjutnya.

Langkah keempat adalah, pastikan beban dibawah adalah tidak terlalu berat dan tidka terlalu ringan ,
itu ada untiran , bisa ditarik kebawah dan keatas, kalau kebawah beban makin berat , ke atas makin ringan



kalau keberatan bisa dikurangi bebannya, kayak ane, karena kamera mirrorless sangat ringan maka ane cukup make beban 1 biji kiri kanan aja, itu sebenarnya baut ada diposisi atas, tapi sengaja ane taruh dibawah biar gak ganggu ane kalau pas belokin steadycam /glidecam.

lalu untuk memastikan beban bawah pas atau tidak adalah sebagai berikut 


Pegang tangan kanan ke handle glide cam, lalu tangan kiri pegang badan glide cam, pada posisi 90 drajat, setelah itu lepaskan. harusnya turunnya gak cepet banget, kira kira 3 detik. tapi ada beberapa orang yang mengatakan sebenarnya itu tergantung kebutuhan aja, kalau buat lari larian maka beban bawah di banyakin karena biar gak goncang goncang pas dibuat lari.

oiya cara megang steadycam adalah posisi handle ada di sebelah kanan.
nah ane kuirang tau ane megangnya udah bener apa belum, yang jelas disebelah kanan yak. setelah itu tangan kiri adalah berguna untuk membelokkan ke kiri dan ke kanan gunakan kedua jari telunjuk dan jempol untuk membelokkan.
biar beloknya smooth maka perlu berlatih, ane juga belum smooth . megangnya jangan seperti dibawah ini 


kalau seperti diatas maka fungsi stabilitas udah gak ada, kamera akan goyang. kalau belum jelas langsung liat di youtube aja gaes.

Testimoni dari ane sih ya, ane perlu belajar lebih dengan menggunakan alat ini, karena untuk mengendalikan kok ane masih agak susah, buat jalan kok masih terasa belak belok, dan tangan kiri buat belokin dan belok kanan belum smooth. ane liat di youtube kok keliatan gampang, pas ane praktekin kok susah amat yak. lalu gimbal ini terasa berat, maklum kemarin aja pas beli ongkirnya dihitung 3 kilo, kali ini bobotnya bisa 2 kiloan, lama lama lengan kanan ane bisa keker nih..wkwkwk lalu hasilnya bagaimana ? menurut ane cukup memuaskan, keliatan banget hasilnya sebelum make dan sesudah make nih stabilizer.

ada hasil video dari ane nih, nah ini ane tes sambi lari.

terus ini dibawah tes sambil jalan

selanjutnya adalah hasil editing dengan filmora tentunya make glidecam / steadycam juga
overall ane cukup puas sih, 

Segini dulu dari ane sob, ada kritikan dan saran langsung tulis dikolom komentar yak gaes..bye bye

No comments:

Post a Comment