Saturday 24 August 2019

Pengalaman Retur Barang Di Bukalapak

Pengalaman Retur Barang Di Bukalapak


Berawal dari titipan tetangga ane yang memesan PSU TRAVO SWICTH di bukalapak yang setelah barang sampai dicoba malah gak bisa, akhirnya ane komplain dah tu seller.


     Ane fotokan bukti barang tersebut tidak berfungsi atau rusak, oleh karena itu ane komplain tu seller, ane chat duluan seller nya dengan menyertakan bukti2 yang ada, setelah itu seller menyetujui, nah oleh karena itu ane pilih komplain , caranya adalah masuk ke detail pembelian setelah barang sampai maka status ada pilihan "Komplain" didalam  menu komplain ada jenis komplainnya, ada Barang Belum saya terima, Barang rusak/pecah/cacaty, Jumlah Barang Kurang, Komponen barang tidak lengkap, Barang Tidak sesuai pesanan dan lainnya. karena barang yang ane terima rusak maka ane pilih "Barang rusak/pecah/cacat".

     Setelah memilih jenis itu muncul halaman komplain, nah disini ada fitur chat, fitur chat disini digunakan untuk diskusi dengan seller dimana kita ditengahi oleh si BL, ada penengahnya lah..kalau lewat fitur chat biasa kan tidak ada penengahnya, lalu diskusi fitur chat di menu komplain di anggap valid. Setelah mengajukan maka seller harus menyetujui karena kalau tidak disetujui maka kita tidak bisa input no resi barang yang kita retur. next..tak lama seller menyetujui komplain dari ane lalu disitu muncul informasi lengkap alamat seller..nah disitu kita bisa menulis alamat seller sesuai apa yang ada di menu komplain, selanjutnya ane kirimkan ke JNE, setelah itu ane masukkan RESI di kolom yang di sediakan di menu komplain, oiya kita mengirimkan barang retur biaya ditanggung sendiri..kerugian materi dan waktu memang. Lanjutt.. setelah barang ane kirimkan maka beberapa hari status tracking di menu komplain berubah, ada keterangan bahwa barang di terima, lalu di bagian seller juga ada info resi yang barang dikirimkan , setelah itu seller mengirimkan barang dan beberapa hari ane terima kan. ane cek lagi alhamdullilah dah bener. case closed dah.

     Nah begitulah gambaran komplain barang di Bukalapak, menurut ane sih gak ribet. cukup simple. tapi sebelum pencet tombol komplain sebaiknya bisa di diskusikan dengan seller di private chat dulu..siapa tau memang ada ketidak tahuan mengenai barang yang kita terima, daripada barang yang dikirim ternyata tidak rusak tapi karena kitanya yang gak tau..rugi waktu dan rugi materi kan...terus sama untuk seller lebih baik sebelum di kirimkan bisa di tes dulu..apalagi barang yang tidak bersegel karena daripada jadi rugi kedua duanya kan. sebenarnya mau ane lampirkan screenshot nya tapi karena menu komplain hilang sendiri di menu detail transaksi ya sudah lah...


No comments:

Post a Comment