Wednesday 7 August 2019

Air Radiator Berwarna Susu Strawberry

Air Radiator Berwarna Susu Strawberry 


Sebelumnya ane dapat bahan artikel ini dari grup facebook "Motuba". yang terkenal dengan sebutan "Gejil" dan "Mbah" itu hlo,  ane juga udah izin sama empunya buat nulis ulang di blog ini, jadi orang tersebut mengeluhkan tiba tiba air radiator nya berubah warna jadi susu strawberry, apa tuh ? masa iya kecampur susu UHT strawberry.


     Lanjut,ane memberikan komen kalau air radiatornya udah kecampur sama oli matic, karena oli ATF kan warnanya agak kemerah2an setau ane, karena transmisi blazer ane walaupun manual tetep olinya ATF atau oli Matic, ane bilang itu ada kebocoran pada oil cooler, part ini nih jadi biang nya yang menyebabkan kebocoran.

     Setelah itu empu yang punya mobil, oiya mobilnya new civic Matic yak, membawa ke bengkel, ternyata bener, ada part yang minta ganti, oil cooler tersebut, di Market place sih harganya untuk oil cooler matic sekitar 2.5an, nah tapi repotnya adalah karena oil cooler ini berhubunan komponen matic adalah yang ditakutkan pelumasan matic tidak maksimal karena sudah kecampur air, takutnya matic nya mbrodol yang bisa mengakibatkan dompet jadi kopyah, ini nih yang bikin ane takut buat beli mobil matic, kalau perbaiki bagian transmisi matic relatif mihil dibanding manual, setau ane memang oil cooler ini dilewatkan dengan jalur air radiator jadi kalau ada kebocoran  yang otomatis salah satu nyampur atau kedua-duanya nyampur. ada sih yang oil coolernya menggunakan angin. 

    Ane baca baca tujuan dipasangi oil cooler adalah biar menjaga kekentalan oli matic tersebut, kalau kepanasan kan nanti jadi kekentalannya makin berkurang, kali aja bikin part2 nya gak terlumasi dengan maksimal, hoho. 

Segitu dulu sob, semoga aja menjadi pembelajaran buat kita semua, saran ane sih kalau mau berpergian gak ada salahnya nengok per air an di mobil, misal air radiator, air washer, oli mesin, oli rem, oli kopling dan oli oli lainnya. 

No comments:

Post a Comment