Monday 22 July 2019

Lupis Mbah Satinem

Lupis Mbah Satinem



"terlihat sederhana tapi memancarkan sejuta kebahagian...." iya kayak kamu..yang baru baca ini... 

Awalnya dulu ane penasaran sama rame rame dipinggir jalan barat Tugu dekat hotel pesonna, ternyata setelah ane amati ada mbah mbah berjualan makanan tradisional, lalu pas ane berangkat pagi ane penasarankan kan, ane coba datengin. jualan apa sih kok rame banget, ternyata mbah ini jualan mbah satinem, penjual lopis legendaris lintas generasi yang ada di Jogja,.



     Ane perhatikan langi ternyata gak cuman lopis aja , ada cenil, gatot, ketan yang dikasih bumbu , ane belum pernah merasakan ketan tersebut, serta ada lumpia,  tapi yang paling terkenal sih adalah lopisnya lopis adalah beras ketan yang dimasak dgn daun pisang, dibuat macam lontong gitu gaes, lalu untuk menikmatinya di tabur parutan kelapa dan  juruh kalau orang jogja menyebutnya atau kuah dengan gula jawa, kalau kalian cari ada di timur hotel pesonna, selatan jalan. alamat lengkapnya adalah dsini Jl. Bumijo No.52-40, Bumijo, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55231 buka mulai dari 5.30 pagi sampai habis, biasanya gak sampai jam 10 pagi dah habis.



    Ada yang unik dari simbah yang pernah didokumentasikan  di episode streetfood oleh netflix, yaitu ketika datang maka kita akan dapat nomer antrian
kalau pas rame banget ketika kita datang langsung ambil antrian gaes, tadi sih ane dapet  nomor 43 jam 8pagian, pas datang baru antrian 39, kira kira 20 menitan giliran ane. kalau pengen cepet sih pas mendekati injury time, waktu pas mau habis, karena biasanya yang beli itu pekerja jadinya kalau pagi berjubel, kalau dah jam 9 gitu agak sepi tapi ya untung untungan, kadang udah habis. uniknya lagi pas motong lopis menggunakan semacam benang, bukan pisau, kali kalau pake pisau nanti malah jadi lengket yak, ane sih beli 5rb an biasanya, dapet 4 potong kayak gambar di atas. dalam berjualan mbah satinem ini ditemani anaknya,  jadi nanti anaknya yang nrima orderan lalu mbah satinem yang melakukan tugasnya ngedoli, dan yang manage uangnya adalah anaknya, jadi . lanjut kita review sediki




di lihat pengemasan menggunakan daun pisang, sangat go green banget , karena mudah terurai tidak mencemari lingkungan, disini kita bisa customize, mau campur atau lopis aja, kalau ane sih lupisnya aja. kita bisa kok beli se lontong tanpa dipotong, nanti kuah dan parutan kelapa di sendirikan . tadi ada ibu ibu beli 10rb per lontongnya. dalam sehari katanya bisa jualan 10kg an..wew mantab sekali si Mbah ini.

gak jadi review2 makananya, menurut ane 5rb berasa kurang. tapi kalau 10rb kok berasa kebanyakan. karena ketan ini kan padet, dan bikin kenyang. tekstur lembut. ketannya sangat berasa . karena dibungkus dengan daun pisang ada ciri khasnya, pepraduan parutan kelapa dan juruh gula jawa sangat cocok. endol banget...pokoknya wajib dicoba deh jika kamu berkunjung di jogja. berikut yang sempet ane foto











Semoga sehat selalu nggih mbah, diberikan umur panjang ..

No comments:

Post a Comment