Friday 19 July 2019

Ciri Dinamo Starter Rusak

Ciri Dinamo Starter Rusak


nah ini lanjutan dari artikel ane yang mengenai udah ganti aki kok masih starter berasa berat , atau ini link nya aki blazer ternyata setelah panas baru ketahuan nih apa yang bikin aki berasa tak bertenaga.


     Oiya ini kejadian di opel blazer yak, tapi biasanya ciri ciri dinamo starter mulai rusak hampir sama dengan mobil lain, yaitu ciri ciri yang menandakan aki rusak kalau pagi hari biasanya aki tekor, sama coba dibuat nyalain lampu utama sama klakson, kalau suara gak keras dan lampu gak terang bisa jadi aki udah soak, sama kalau pengen tau sih pake voltmeter, nyobain nya kondisi mesin mati yak. ini nih contoh suara starter saat pagi sebelum dinamo di servis klik link ini starter pagi sebelum di servis

   
    Contoh di atas adalah suara ketika pagi, memang terlihat lancar sih, tapi ketika panas baru ketahuan , di kontak starter beberapa kali baru nyala, repotnya pas baru di lampu merah, masa nunggu dingin, di klakson kendaraan belakangnya donk, ini nih suara nya ketika mesin panas starter ketika panas

   ciri yang paling keliatan Aki soak apa dinamo starter soak adalah, ketika pagi mudah distarter, ketika panas malah susah, ini ciri paling mencolok, jadi sebelum ganti aki pastikan dulu akinya bener bener soak, jangan kayak ane tuh, udah beli aki ternyata yang soak bukan aki tp dinamo nya.



   Nah di blazer ini nyopot dinamonya susah banget, kalau tipe SOHC sih tinggal dari atas, nah kalau DOHC bisa make cara dari bawah, yaitu modal kunci rotari lalu nyopot engine mounting kanan depan, karena kalau dari atas musti bongkar manipol, beresiko banget dan ribet ngembaliinnya.

    Kemarin sih ane pasrahkan tetangga ane buat nyopotin dinamo starter, karena kalau dibawa ke bengkel dinamo gak semua tukang dinamo mau, ribet banget dah ni blazer, setelah berhasil dicopot maka dibawa ke dinamo, ditinggal 1 hari karena antrian lama, habis nya sebagai berikut
daripada nanti kejadian lagi maka dibongkar total termasuk switch nya, permasalahan pada dinamo biasanya kadang gigi giginya dah pada ompong, sama gigi planetary yang paling sering aus, karena itu kan muter dan bahannya dari teflon, selain itu biar tegangan bagus juga kabel aki di patri sekalian
setelah diservis hasilnya sebagai berikut setelah di servis udah dicoba kondisi mesin panas distarter hasilnya starter ringan dan normal..

Sekian dari ane,semoga artikel ini membantu





No comments:

Post a Comment