Saturday 27 July 2019

Kenangan Jaman SD Era 90an

Kenangan Jaman SD Era 90an


Tujuan ane bikin artikel ini adalah untuk pengingat aja, siapa tau kelak ane udah tua dan ane lupa dengan kenangan SD maka ane bisa baca tulisan ini, tulisan ini berdasarkan ane yang alami dulu waktu SD, ane SD tahun 90an, siapa tau pembaca disini juga mengalami hal yang sama


Uang Saku, masih teringat waktu kelas SD dulu ane pas kelas 1 ane dikasih uang saku 100 perak, dikit banget kan ? kalau jaman dulu 100 perak itu bisa buat beli es lilin sama siomay, pas masih awal awal kelas 1 SD ane sih jarang jajan. ane orangnya penakut gaes.

Pembagian susu gratis, nah ini hal yang paling memorable banget, jadi dulu di sekolah ane kadang kedatangan Susu Milo, biasanya nanti semua anak kebagian, jadwal antar kelas berbeda-beda biar nunggu nyan gak kelamaan. dulu sih susu Milo cuman dikasih cup kecil itu, walaupun kecil tp kok bahagia banget, yang ngasih langsung dari SPG/SPB Milo nya, selain ngasih cuma-cuma juga mereka jualan. ya istilahnya buat promosi. ada lomba juga waktu itu. ada lomba yang ane inget itu masukin bola basket ke keranjang, kalau bisa masukin 3 bola maka dapat Bola basket.



Naik sepeda berangkat sekolah, dulu waktu SD kelas 1 ane dah naik sepeda, awalnya di barengin ortu, terus lama lama sendiri, masih inget dulu pas berangkat dan pulang itu banyak anak anak bareng bareng naik sepeda, entah kenapa jaman now ane kok gak melihat pemandangan itu yak. kali karena orang tua kwatir sama anaknya, karena tak liat jalanan jaman sekarang dah banyak kendaraan bermotor, kalau dulu masih jarang

Beli mainan di abang abang depan gerbang.
dulu inget betul kalau pagi hari berangkat sekolah setelah sampai sekolah ane gak langsung masuk kelas, tapi malah datengin ke abang abang penjual mainan, kadang sedihnya uang gak cukup, maklum jaman dulu ane gak berani minta buat beli mainan, hehe kadang beli mainan hasil dari ngumpulin uang saku, selain mainan ada juga pongpongan kalau orang jawa nyebut atau bahasa indonesia ketomang, waktu ane SD yang ngehit adalah mainan digimon, gundam, tamiya , dan kartu Yugi OH, ada juga mainan kartu kwartet. kalau Digimon ini harganya agak mahal bisa belasan ribu. oiya yang paling nghit adalah tamagochi digimon yang bisa di tarungkan itu.

pelajaran olahraga biasanya favorit, yup temen temen dulu pada memfavoritkan pelajran olahraga, karena kita biasanya jalan jalan dulu setelah itu kita melakukan olahraga di lapangan, misalnya sepakbola, kasti . gak enaknya sih dulu kalau jam olahraga harus bawa pakaian, zaizalah masa gak ganti.



Membeli perlengkapan sekolah , nah jika tahun ajaran baru ini adalah hal yang paling ane suka, biasanya ane memilih buku yang gambarnya bagus, dan dusgrip yang menarik, kalau didaerah ane dusgrip itu adalah nama lain tempat pensil/ polpen.

Saat kelas 1 dan kelas 2 hanya menulis menggunakan pensil, haha teringat ane, dulu waktu SD kelas 1 dan kelas 2 kita nulsi dibuku tulis masih pake pensil, karena mungkin kelas 1 dan kelas 2 adalah masih tahap belajar banget, jadi masih banyak yang salah.

Takut di suntik cacar, nah ane kurang tau sebenarnya dulu itu namanya suntik apa sih?, teringat ketika ada ibu ibu atau bapak bapak berpakain putih putih (suster) maka kita akan heboh, apalagi ada pemberitahuan akan adanya suntik tersebut, kalau gak salah disuntik kelas 1,2,3 kelas 4 5 6 udah engga. biasanya pas disuntik maka kelas lain akan nonton, udah macam tontonan aja. apalagi degdegan pas udah mulai gilirannya,  ane orangnya cengeng biasanya ane menangis waktu disuntik, pas pulang sekolah maka gendong tasnya berasa sakit, habis itu seharian lengan terasa sakit dah. biasnaya serentak sih kayak gitu. satu kecamatan bisa jaraknya gak lama, karena temen ane yang gak satu sekolahan juga mengalami hal yang sama.

Kalau males jadwal bawa buku semuanya, hhahah masih inget betul nih, kadang ane bawa aja buku semuanya, kalau males jadwal, akibatnya tas terasa berat ..wkwkwk

Udah ngerjain PR eh buku nya gak kebawa, moment nyebelin banget ketika SD , buku lupa gak kebawa padahal PR ada dijam pertama, maklum waktu SD itu tegang, apalagi ketemu guru yang galak.

Baris Berbaris sebelum masuk kelas, masih ingat betul saat SD maka sebelum masuk kelas kita berbaris di samping pintu, setelah itu ketua kelas yang akan mengomando.

Kalau gak bisa ngerjain PR nangis..wkwkwkw dulu ane banget, kalau gak bisa ngerjain PR ane nangis, cengeng banget lah ane, lalu setelah itu kakak ane biasanya membantu ngerjain PR. pas ane SD kelas 1 kakak ane dah kelas 6.

Suka ngmong dadakan ke ortu jika butuh sesuatu buat paginya , nah jaman dulu itu kita gak mikir, kita mikirnya orang tua dah kayak doraemon, bisa ngabulkan apapun dari perutnya, padahal misal barang tersebut susah kan agak sulit dicari, misalkan ane butuh lem fox atau kendi buat di gunakan untuk pelajaran ketrampilan pas malam mau tidur, padahal kan itu nyarinya susah, apalagi toko toko dah pada tutup, kelak kita mungkin akan mengalami hal yang sama sebagai orang tua..haha kalau teringat lucu banget yak kita.duhduh..



Ketua kelas adalah orang yang paling dihormati, nah dulu waktu SD kita takut banget sama ketua kelas, biasanya kita memilih ketua kelas dengan melihat postur tubuhnya yang gede, biar pada takut..hahaha nyebelinnya kalau pas ada pelajran kosong maka kita disuruh mengerjakan LKS pada halaman sekian sekian, nah kalau ada anak anak yang "rame atau berisik"  dan "usil" maka ketua kelas disuruh gurunya buat nyatetin nama2nya.

Deket sama lawan jenis di cie cie in, nah jaman dulu itu malu banget kalau kita ketauan ngobrol atau bermain dengan lawan jenis, karena pasti di cie ciein atau di jodoh2in sama temen se kelas, duh duh.

Boker di sekolahan adalah hal yang memalukan, awkawk masih inget betul kalau ada yang habis BAB maka pasti di tanya2in "koe bar ngiseng yo?" setelah itu pasti kita nya malu, bisa disorakin satu kelas,wkwkwk asem banget memang.  

Menabung tiap hari senin, nah biasnaya kita dikasih buku tabungan, nanti kita kasih ke orang tua, lalu nanti orang tua akan ngasih uang buat ditabungkan, jaman dulu nabung 5rb itu udah banyak banget sob,jjujur saja tabungan ane dulu sangat dikit karena memang orangnya gak suka nabung, kebawa sampai sekarang..wkwkwkw



Beli makanan yang ada hadiahnya, masih inget dulu beli yang ngehit itu Kinoman, yang pertama robot robotan kinoman, jadi bentuknya itu bungkusnya kotak, lalu ada permen 5 nah hadiahnya adalah bagian tubuh dari robot kinoman, paling bahagia adalah dapet badanya, paling males kalau cuman dapet senjata, sebelum beli kita biasanya diem diem mencetin bungkusnya, karena kalau ketauan abangnya bakal marah2 karena bungkusnya rusak..wkwkw masih inget Robot kinoman namanya Ken dan Alex, sama siapa lagi lupa dah. ada juga Totoro, totoro juga  dari kinoman. masih inget juga makanan Taro, dulu dapet mainan macam bidak catur, tapi dbaliknya bisa buat ngecap kalau ada tintanya.

Pamer barang yang mahal , nah inget dulu ada anak yang suka pamer barang yang mahal, biasanya orang tuanya adalah orang tua yang berada atau kaya, misalnya sepatunya bagus. kalau ane dulu sih paling sepatunya merk ATT..wkwkw 

kalau udah kelas 5 atau 6 Selama liburan ada semacam Les disekolahan , jujur ane dulu paling gak demen kalau ada les, biasnaya disini pakaian dibebaskan, kadang ane suka skip...dasar ane

Orang tua kadang telat jemput , nah dulu ane waktu awal awal sekolah kan kadang dianter, nah dulu ane pernah gak dijemput, alhasil nungguin sampai sore, kadang ada yang nawarin dianter tapi kan waktu dulu takut banget kalau diculik..kwkww 

Segitu dulu sob, kali aja ada kesamaan antara ane dan situ, makasih dah membaca ya sob..bye bye. kalau ada bisa tambahi dikomentar











No comments:

Post a Comment