Sunday 5 June 2022

Review inverter Taffware 1000watt

 Review inverter Taffware 1000watt



kali ini saya ingin membahas mengenai salah satu perangkat yang ada di mobil ane, yaitu Inverter. inverter ini intinya adalah suatu rangakaian elektronik yang bisa mengubah tegangan dari DC (searah) ke AC (bolak balik). di mobil ane bukan buat ngamper ya guys, cuman buat naruh aja wkwkw . sp tau tiba2 butuh suatu aliran listrik.

saya baca - baca jenis inverter itu ada beberapa jenis model, seperti yang kita ketahui ada yang MSW atau modified sine wave , inverter MSW ini biasanya dijual dengan harga yang murah, dengan harga 150rb pun kita bisa dapat, kekurangan dari MSW ini gelombang nya berbeda dengan gelombang listrik PLN, alhasil katanya di beberapa perangkat tidak cocok, tidak bisa buat menyalakan sesuatu yang ada dinamonya, misalnya kipas, jenis satunya yang saya ketahui adalah ada PSW atau kepanjangan dari pure sine wave, nah jenis ini gelombang nya mirip dengan listrik PLN, jadi perangkat elektronik bisa lebih awet daripada make yang model MSW , bisa digunakan untuk menyalakan yang ada dinamo nya kayak kipas, kekurangannya harga di atas MSW.

mari kita unboxing dalamnya ada apa guys.



nah ini inverternya guys, modelnya kotak gitu persegi panjang, seri dari inverter ini NQB1000W , inverter ini mempunyai daya maksimal 1000watt namun untuk arus continues sekitar 500w , jadi gunakanlan untuk perangkat disekitar 500w ,untuk voltase output AC 220v, seperti arus listrik PLN. oh iya biar awet maka gunakankan peralatan yang  beban continues nya dibawah 500w ya guys. input voltage 12v artinya butuh sumber tegangan 12v , jadi perhatikan sebelum membeli, karena di pasaran sering ada 2 pilihan 12v dan 24v, aki kendaraan mobil umumnya adalah 12v.  


kelengkapan dari pembelian ini adalah, kabel capit positif dan negatif untuk menghubungkan ke sumber daya aki, lalu ada socket lighter, jadi bisa dicolokkan di socket lighter didalam mobil. serta ada selembar petunjuk cara penggunaan.



kita bisa melihat dari fisiknya bagian depan terlihat ada petunjuk voltase listriknya, jadi nanti aki kita mempunyai tegangan berapa , semakin aki kondisi baik dan ampere nya gede maka semakin awet tegangan listrik yang bisa digunakan, ada tombol on off, tentunya untuk menyalakan inverter, jadi ketika digunakan jangan lupa di on kan,  ada keterangna power dan fault, nah power ini kalau hidup akan berwarna kuning gitu, terus ada fault, ini kemarin saya coba ketika lampu fault nya maka inverter tidak menghasilkan listrik , setelah saya perhatikan ternyata ini proteksi ketika baterai aki kita sudah mau habis, jadi ada limiter nya biar tidak sampai habis sampai 0%.



dari sisi belakang terlihat simple, ada 2 kutub yang bisa dilepas pasang untuk memasang kabel penghubung inverter ke aki, lalu ada fan juga, ini fan akan berputar ketika invertr sudah mulai panas. kemarin awal - awal dingin lalu kepake 20 menitan baru nyala. di inverter ini dilengkapi dengan perlindungan termal otomatis, Power inventer ini dapat mencegah terjadinya overload dan overheating dengan cooling system, memberikan protection dengan cara melakukan shutdown otomatis. sayang nya di inverter ini saya tidak menemukan kartu garansi hanya garansi toko, hampir lupa mention soal harga, saya beli inverter ini di harga 425rb , di pasaran sekitaran sgitu juga harganya guys.

tujuan utama saya membeli inverter ini adalah untuk jaga jaga mati listrik, karena di tempat saya itu kalau mati listrik kadang lama, nah kalau pas kerja sangat menganggu juga kan, karena nyawa di pekerjaan saya ada diperangkat laptop dan router wifi, jadi inti saya beli ini ketika listrik mati maka saya bisa tetap kerja dengan mengandalkan inverter dan aki 12v.

nah ini testimoni saya percobaan inverter menghidupkan kipas angin 35watt, saya coba ini beneran PSW bukan nih, kalau bukan PSW tentunya tidak akan nyala si kipas angin ini.


saya coba juga dengan menghidupkan router wifi ZTE dengan sumber aki VRLA, aki mainan anak saya coba dengan aki spesifikasi 12v 7ah, kemarin bisa bertahan kira kira 4jam an


terus ini adalah percobaan untuk menghidupkan laptop / monitor lcd 20 inch kayaknya dengan aki mobil 12v 50ah, sayang nya aki saya sudah tidak bagus, jadi ketika arus sudah diputus otomatis oleh inverter namun ketika saya hentikan inverternya dan saya starter mobilnya malah drop ..wkwk jadi alhasil nunggu listrik nyala dan saya charger kembali ..wkwk




overall saya cukup puas dengan inverter ini, tinggal ketahanan nya, bisa awetkah ? nanti saya update kalau ada sesuatu yang perlu saya sampaikan, trimakasih semuanya .. 







No comments:

Post a Comment