Saturday 7 December 2019

Spooring Opel Blazer

Spooring Opel Blazer


suarahampa.blogspot.com masih inget dengan kasus blazer ane yang makan sebelah ? ternyata setelah kemarin ganti kaki balljoin ban kanan depan masih makan dalam, akhirnya tadi barusan ane bawa ke setiawan buat di spooring. beruntung di jalan Bantul ada jadi ane gak perlu jauh jauh.


     Spooring adalah menyelaraskan posisi roda dan kaki kaki mobil (sudut-sudut roda) ke posisi standar sesuai dengan spesifikasi mobil agar mobil settingannya kembali default pabrik, tujaun spooring adalah biar mobil terkendali dan nyaman di kendarai. di dalam spooring ini si teknisi akan melakukan penyettingan pada four wheel aligntment, yaitu meliputi chamber, caster, toe angle(toe-in/toe out) dan turnigng radius, menurut dari mas mas setiawan spooring itu mobil sebaiknya di spooring ulang kira kira tiap 10.000 km an atau 6 bulan, nah ane sih kurang paham kenapa mobil 6 bulan harus dispooring? ane sih kayaknya ngga ..karena blazer ane paling setaun baru bisa menyentuh 5000km an.

  Nah kata mas nya itu kalau kita ganti bagian part kaki kaki harus di spooring, jadi kalau kita ke bengkel kaki kaki sebaiknya semua urusan di kaki kaki di beresin, karena menghemat biaya untuk spooring ulang. jadi sekalian gitu hlo gaes. nah salahnya ane sih dulu pernah bongkar kaki kaki, ganti bushing arm, ganti idle arm dan ball joint tapi setelah itu gak ane spooring, jadinya yaitu ban makan dalam.

    Cerita tadi,ane tadi ke setiawan spooring jam 8 pagi, ternyata ketika baru buku masih ada meeting dan bersih bersih, jadi kira kira 8.15 an dimulai, beruntung ane dapet pertama, karena setting kaki kaki blazer ini cukup susah, banyak hal yang perlu disetting, oleh karena itu biaya spooring lebih mahal dibanding mobil lain, misalnya avanza, tadi ane selesai aja kira kira jam 10.30 an gaes, lama bett dah.tapi gak papa sih.. demi ban dalam tidak makan sebelah.

    

ini termasuk pengalman ane pertama spooring gaes, pertama ke counter, bilang keluhannya apa, lalu nanti sama yang di CS akan ngasih tau, ini sebaiknya spoorng atau balancing atau yang lain gitu, karena keluhan ane termasuk spooring maka mas nya ngasih tau pekerjaannya nanti adalah spooring
nah dijelaskan panduan dari atas, tapi karena ane milih spooring aja maka ane hanya dapat layanan nomoer 1 dan 5, lalu ane pengen nambah angin sekalian jadi nambah nomor 2 gaes jadi nambah 5rb per ban . untuk biaya spooring sendiri untuk blajer sekitar 250rb gaes. 
skip skip skip..

untuk melakukan spooring teknisi akan menaikkan mobil ke atas, lalu dipasangi sensor sensor gitu di empat roda, lalu nanti di komputer nya akan detek sudut sudut kaki kakinya, nah nanti disetting semaksimal mungkin gaes, beruntung mobil ane bisa disetting, deg deg an juga kalau mobil perlu ke kaki kaki dulu, karena biaya kaki kaki cukup lumayan juga gaes.. setelah di otak atik lalu sama mas nya di coba dulu, eh tapi sebelum diperbaiki doi nyoba ngetes dulu nih ditemukan kendala ini
-  stir miring ke kiri
- belok ke kanan berat ke kiri enteng
- dll

itu mas nya akan menganalis yang termasuk bagian dari efek kaki kaki yag gak normal, lalu mas nya akan memperbaiki sesuai settingan nya.

nah kalau belum puas ada garansi 2 minggu gaes...

sedikit review, tempat tunggu enak ada AC nya adem, kamar mandi cukup bersih lalu ada air minum di galon ambil sendiri. nyaman pokoknya.

Setelah selesai maka kita akan mendapatkan billing dan dikasih catatan seperti ini




total biaya habis 270rb  (spooring dan cek nitrogen)

nah gambar ini adalah laporannya perhatikan kolom initial, yaitu sebelum dilakukan perbaikan, lalu disamping kanan ada spesifikasi, disitu ada batas toleransi minimal dan maksimal, lalu ada final, yaitu nilai setelah dilakukan penyettingan gaes.

dah sekian dulu dari ane gaes..bye bye makasih dah mampir


No comments:

Post a Comment