Friday 13 December 2019

Sehari Jadi Pengantin

Sehari Jadi Pengantin


suarahampa.blogspot.com pengen cerita pengalaman sehari jadi pengantin, sebelumnya ane udah ngelamar calon bini ane itu udah 6 bulan sebelumnya, lalu setelah itu kira kira 4 bulan sebelumnya kita datang ke WO, yup kita make WO, karena mengingat istri ane ini pindah pindah jadi tidak menetap, kalau di kampung saya sih biasanya udah di handle sama warga sekitar, jadi lebih baik kita make WO saja. lalu ketika menjelang 1 bulan sebelumnya pernikahan dimulai kita sama WO dan siapa yang ditunjuk ada rapat, disitu sekalian fitting baju dan penjelasan tugas tugas tiap sie gitu.


    Kemarin tanggal 17 november 2019 itu acaranya Ijab sekalian Resepsi,biar sekalian capek jadi dijadikan satu.  jadi saya sebagai suami kalau di adat sini itu kita ketika mau nikahin orang maka selain bawa sanggan maka kita ngasih pasok tukon yang nominalnya terserah berapa semampunya kita gitu. tidak ada patokan nominal, ini dikasih pas setelah nikah sih, biasanya di taruh di perhiasaan tapi karena ane males bawa cash maka ane transfer ke rekening istri ane, di kotak uang cuman ada uang simbolis dan bukti rekening aja.

Sebelum hari H, udah kita persiapkan dulu, mulai dari sanggan , nah sanggan atau seserahan ini kita beli beberapa bulan sebelumnya, nyari yang promo gitu deh..wkwk modal promo pokoknya, lalu untuk perhiasan ane beli mendekati hari H, karena kalau jauh hari takutnya ukurannya berubah gitu. untuk urusan undangan kita sebar maksimal 3 minggu acara dimulai, untuk temen temen deket sih ane datengin sendiri ke rumahnya, kalau yang jauh di hubungi lewat WA aja.

Sebelum hari H dimulai istri ane dah cuti dulu,dia dah semingguan di jogja, oiya dia ambil paketan spa untuk menikah, ada berbagai treatment, katanya biar seger gitu. lumayan lah buat merelaks kan badan, kalau ane sih gak cuti, jadi minggu Acara maka jumat ane masih kerja gaes...maklum jatah cuti udah minus..haha, nah disini itu kita musti jaga kesehatan gaes, gak boleh sakit, beberapa hari sebelukmnya ane berasa masuk angin, untung gak lama..sembuh sendiir dah.

Oiya ada yang hampir lupa, untuk urusan KUA kita sendiri yang ngurus gaes, gak susah kok, diikuti aja aturan aturannya, kira kira 2 minggu sebelumnya kita beresin dulu,  kita memilih ijabnya di luar , jadinya ada biaya tambahan 600rb

Ketika Sebelum hari H ane persiapkan apa aja yang akan dibawa besok, ane jadikan satu biar gak ketinggalan, karena ane kan datang digedung duluan, sedangkan yang bawa sanggan dan lain lain itu kan saudara atau tetangga gitu, jadi kita pasrhan kan orang rumah.

Acara ijjab dimulai jam 8 ane sih udah datang digedung sejak habis subuh, sedangkan bini ane datang sebelum subuh, dandannya wajar cewek itu agak lama gaes.

Skip skip tiba pukul jam 8 gaes, rundown nya adalah ijab, sumpah ane deg deg an sekali, yang ngijabin bapak bini ane sendiri. alhamdullilah berjalan dengan lancar. setelah ijab selesai baru bini ane keluar, disini kita masang cincin dan tanda tangan dibuku nikah. setelah itu kita foto foto bentar dengan saudara2 dan masuk lagi ke ruang ganti

Setelah ke ruang ganti jam 10 rundown nya kita harus sudah ganti baju, karena akan dimulai panggih. ada beberapa kegiatan disitu, dan ada edan edan an juga. yang jadi edan edan an temen SMA dulu, jadi dapet diskon deh..haha

Pas panggih ada acara ngasih pisang sanggan , jadi dari pihak saya akan ngasih pisang sanggan tersebut ke pihak wanita


Selanjutnya adalah kembar mayang, kalua gak salah sih ya artinya biar pasangan hidup bahagia selalu, mohon koreksinya

Selanjutnya ada acara lempar suruh, atau balangan gantal. artinya biar pasangan selalu memberikan kasih sayang agar hidup nya selalu bahagia

Selanjutnya adalah wijikan , jadi bini ane nyuciin kaki ane, artinya ini adalah tanda bakti istri ke suami gitu.


Selanjutnya adalah ada pecah telor, jadi telur di tempelkan dijidat ane dulu lalu ke bini ane, terus sama mba mba pendamping dipecah kan gitu,

Setelah itu ada tampa kaya, jadi ane mengucurkan ada biji  bijian gitu, lalu bini akan menerima, melambangkan laki harus tanggung jawab gitu gaes. dan nanti biji biji an di berikan ke pihak orang tua wanita.
Selanjutnya ada suap suapan gaes, kemarin sih simbolis aja nasi kuning dan air putih, saling nyuapi gitu melambangkan cinta dan kasih sayang gaes

Selanjutnya sungkem ke orang tua kedua belah pihak, sumpah ane mewek gaes, karena disini ane udah mikir, sekarang ane udah jadi keluarga, harus mandiri..gak boleh bak buk lagi...  dan ada rasa terimakasih yang gak bisa diungkapkan telah membesarkan kita sampai besar hingga membangun keluarga sendirim gak terasa ane menitikkan air mata..dasar cengeng ane

Setelah acara selesai maka dilanjut dengan resepsi, nah diresepsi ini kita hampir 2 jam berdiri gaes..wkwk capek bener dah, apalgi make sandal yang tinggi, ternyata sakit juga..wkwkw oiya ane ada momok tersendiri sebelum nikah , yaiotu ane kan gak bisa ngampet pipis, alhasil ane pake pampers dewasa, dengan ajaibnya saat nikah ane gak merasa pengen pipis tapi setelah acara mau selesai baru terasa deh,

Sebelum acara selesai di akhir acara ada lempar bunga, nah ini mas mas WO minta nyiapin 3 dooprize biar menarik, jadi kemarin yang dapet bunga ada doorprize menarik dari kita dah.

Sekian dari ane,,semoga artikel ini cukup memberi gambaran ..makasih dah baca


No comments:

Post a Comment