Sunday 10 November 2019

Isi Seserahan Nikah

Isi Seserahan Nikah


suarahampa.blogspot.com  seserahan di adat lingkungan saya di daerah Jogja biasanya diberikan oleh pihak Pria ke Wanita, ada yang ngasih seserahan pas Tunangan ada juga pas nikahan hari H nya, kalau ane sih pas hari H aja, isi nya sebenarnya tidak ada hal yang menjadi pakem, harus ini harus itu, tapi biasanya seserahan adalah sepengadeg atau kebutuhan dari bawah sampai atas, tidak wajib harus ini harus itu, tapi opsional aja. 


Sebelum ane kasih list2nya didalam apa saja , tips ane misal kamu mau nikah 6 bulan akan datang , mendingan dari sekarang bisa memulai nyicil, kayak ane kemarin nyicil belinya, jadi gak terasa lama lama dah ngumpul, sama manfaatkan moment tertentu, misal lebaran, biasanya Bodyshop kalau lebaran itu diskonan, biar diincer tuh, rajin rajin buka olshop. siapa tau diskonnya lumayan. karena bisa menghemat budget dan dialihkan ke budget lain gaes.



Kalau ane sih kemarin ada beberapa barang list barang yang ane masukkan ke seserahan

1. Perlengkapan Mandi


  • sabun
  • sikat 
  • Kumur kumur 
  • Pasta Gigi
  • Cukuran 
  • Deodorant 
  • Shampo 
  • conditioner 
  • vitamin rambut
  • handuk 
  • body wash 
  • body lotion 
  • parfum 
  • spon mandi 
2. Kosmetik



nah kosmetik ini biasanya juga moment tertentu banyak diskonan, jangan dilewatkan kesempatan itu gaes, kebanyakan hampir 80 persen kosmetik yang ane beli melalui online. dalamnya ada berikut ini listnya




  • lipstik
  • eyeliner
  • maskara
  • pelembab
  • makeup remover
  • pembersih
  • blush on
  • eyeshadow
  • bedak 
  • Bodyshop British Rose 



Nah itu listnya, kebetulan my bae gak suka dandan, jadi belinya gak banyak banyak

3. Perhiasan

ane kemarin beli perhiasan buat maharnya , ada beberapa barang
  • Sepasang Cincin Kawin
  • Gelang
  • Kalung
  • Liontin

Karena di ajaran agama saya melarang cowok menggunakan emas maka ane buat dengan paladium gaes, perhiasan ini juga gak harus ini itu. semampunya saja lah. oiya gambar diatas belum ada perhiasan..wkwk belum ane masukkan ke box situ



4. Perlengkapan Ibadah

Karena Mas kawinnya perlengkapan sholat maka ane belikan beberapa barang seperti
  • Sajadah
  • Mukena
  • tasbih

Ini barang barangnya opsional aja sih, 

5. Pakaian 
untuk isian kategori pakaian ane kemarin beli beberapa item
  • Pakaian Muslim
  • Baju Sarimbit
  • Celana dalam
  • BH

dah itu aja gaes, gak banyak kok

6. Perlengkapan Pesta


Untuk perlengkapan pesta ini sebenarnya bukan perlengkapan pesta-pesta banget, kemarin sih ane beberapa item. 
  • Tas
  • Sepatu
  • Sandal
  • Dompet

nah itu kemarin hasil buruan diskon, lumayan dapet tak branded harganya 50 persen off, kalau ketauan my bae bisa marah2 nih..wkwkw gataunya hasil diskonan. kebanyakan ini hasil buruan diskon sih. lumayan buat nekan keperluan




7. Pemesing

pemesing adalah pemberian untuk calon kakek atau nenek calon bini kita, kalau adat jawa misal nenek kakeknya ada 2 ya kita beli pemesing, biasanya sih jarik pemesingnya. maksud dari pemesing adalah dulu kan calon bini kita suka diasuh oleh kakek atau nenek, nah pasti pernah ngompolin dipakainnya, oleh karena itu ini sebagai simbol menghormati.




Selain di atas biasanya kalau ada jawab ada beberapa juga
misalnya
  • Beras
  • Ayam
  • Gula teh
  • makanan misal dari ketan , wajik gitu
  • Buah-buahan
List di atas biasanya buat simbolis aja sob, dan ane liat sih bukan syarat wajib. opsional 

Dulu sih ini yang milih pacar ane, jadi biar dia beli apa yang disuka, daripada kita udah beli gak dipake atau gak terpakai, kan sayang. jadi kalau beli seserahan mendingan dirundingkan berdua ya..biar berguna dan terpakai nanti isi seserahannya

Untuk Wadah seserahan sih bisa nyewa atau beli, berhubung kemarin masih ada tinggalan box seserahan dari kakak ane yaudah ane pakai lagi, sama beli kekurangan box. ane belikan yang rotan itu. kalau kamu mau nyari tempat sanggan bisa nyari di Kado Kita, belakang galeria, daerah sagan, disana banyak pilihannya, dan kita bisa sekalian bungkusin. kalau ane sih kemarin beli wadah model rotan, 70an.ukurannya besar kok. gambar wadah rotannya ane buat naruh bodyshop itu. lalu kemarin ane bawa ke tempat sanggan, perbox kena 35k, udah include jasa, ngasih bunga bunga palsu dan printilan lainnya. murah sih menurut ane.

note : ane bukan dibayar untuk promote kado kita, cuman buat info aja gaes

Segitu dulu sob dari saya..ane gak bermaksud apa apa buat artikel ini, ini cuman buat gambaran aja ..sekian dan terimakasih








No comments:

Post a Comment