Friday 21 February 2020

Jalan - Jalan Ke Bali

Jalan - Jalan Ke Bali ....

suarahampa.blogspot.com ane pengen share nih tentang kemarin kita jalan jalan ke bali 4 Hari, kemarin jumat 14 Februari 2020 sampai 17 Februari 2020, kemarin kita make air asia kebetulan tiketnya murah gaes, ntar deh di akhir cerita ane tuliskan semua biaya yang ane kaluarkan.

Oiya ane terbang berangkat jogja bali dari Bandara Adi Sucipto sekitar pukul 3.50 tapi karena saat itu cuaca buruk maka diundur atau delay jadi jam 4.50 an, penerbangan kira kira 1 jam an , ini adalah moment pertama kali naik pesawat, ngeri ngeri sedap ketika take off, busyett jantung ane double pedal atau berdetak kencang, namun ketika udah sampai atas maka tenang, hanya ada guncangan kecil ketika menabrak awan, dan ketika landing pun ane tidak tegang.

Sebelum nya ane udah dari awal booking hotel dan sewa motor, sewa motor sih menurut ane cukup worth, ane kemari sewa 70rb sehari dapatnya motor scoopy 2016, lumayan lah, jadi. kita sewa dijemput di bandara, jadi dari bandara ane COD an dan ke hotel nya naik motoran,

Oiya kita nginepnya di daerah Kuta, yaitu dari jumat dan ke senin hanya habis 800rb an, murah kan ? itu pun udah termasuk breakfast, ane nginepnya di Instyle hotel  Jl. Dewi Sri No.I No.16, Legian, Kuta, Kabupaten Badung, dari bandara ke Hotel paling cuman 20 menitan, ke pantai kuta pun hotelnya deket, ane sarankan mendingan kalau ke bali nginep ke hotel yang sudah include sarapan, karena apa ? biar gak bingung nyari sarapan, dan setelah sarapan langsung bisa berangkat main.

OIya ane kemarin juga dari rumah bawa mantel, buat jaga jaga, kemarin sih dapetnya mantel ponco, tapi karena kalau berdua mantel ponco terkadang si penumpang gak kebagian mantel , jadi mantel yang bawa sendiri berguna, kemarin sih ane sempet kena hujan disana gaes.

Ane ceritakan dari Hari pertama yak.

Jumat, 14 Januari 2020
Jumat Malem sekitar jam, 7 ane landing di bandara Ngurah Rai, ane dijemput sohib ane yang kebetulan ada temen yang sew motor itu, lalu kita menuju hotel Instyle, setelah itu kita nyari makan, karena bingung akhirnya kita ke sunset star, dari hotel deket, disitu ada berbagai makanan cepat saji, ane makan di Hokben.

Setelah makan ane kira kira jam 10an kita jalan jalan di beachwalk daerah kuta

disini sebenarnya kayak mall aja, jadi main main mall cuman posisi di pinggir pantai, kita cuman jalan jalan aja sih, disini kita parkirnya didepannya, jadi malam itu gak menghabiskan uang banyak. lalu kita pulang gaes.

Sabtu, 15 Januari 2020
Hari sabtu ini kita ada rencana ke, pura Ulundanu, The Bloom Garden, Joger dan Tanah lot gaes.

Ke Pura Ulun Danu atau bedugul,Danau Beratan, Candikuning, Baturiti, Tabanan Regency, Bali 82191

nah perjalan dari hotel ke sini cukup jauh gaes, kita cabut jam 8an dari hotel, sampai sana kira kira 1 jam 30 menitan , kira kira 50km an, kita tempuh naik motor dengan mengandalkan GPS, alhamdullilah GPS nya mengantarkan ke jalan yang tepat, oiya saran ane disini pake kartu yang sinyalnya bagus, kemarin kita pake Three alhasil ketika di daerah Bedugul gak ada sinyal 4G, ane sih ada GPS offline buat cadangan, pake aplikasi Sygic gaes, lumayan membantu lah. oiya ane sarankan disini pagi, karena kemarin agak siang sedikit ketika kita turun maka jalanan rame banget.

Sampai sini kita bayar 73rb udah 2 tiket dan parkir, pemandangan disini cukup bagus, dan instagramable, gambar diatas hanya contoh ya, masih ada spot spot foto, oiya cuaca disini juga dingin, kita disini gak lama, kira kira 1 jam an aja, hampir lupa, perjalanan disini ketika mau ke lokasi jalanya menanjak, harap berhati hati dan perhatikan peraturan lalu lintas setelah itu kita ke The Bloom garden

Br. Batusesa, Candikuning, Baturiti, Tabanan Regency, Bali 82191

disini biaya masuk dan parkir nya  43.000, pemandangan cukup indah, karena ada taman dan banyak tempat tempat instagramable, misalnya kayak hiasan tulisan LOVE dan kincir belanda, kalau kamu pernah dijogja itu mirip mirip The World Landmarks, disini kita gak lama karena cuaca mendug gaes, cukup rekomended sih.

Joger Luwus,
Jl. Mekarsari - Baturiti Bedugul No.16, Luwus, Kec. Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali 82191

Maaf tidak ada gambar karena disini tidak boleh ambil gambar, disni kita bisa beli berbagai oleh oleh khas bali dengan ciri kata kata yang jenaka, ada baju baju, gelang kalung, sandal, jam dan lain lain, kayaknya joger paling lengkap ya disni yak, disini cuman parkir aja.

Pura kecil di tengah hutan & tempat perlindungan hewan, dengan kawanan monyet yang bebas berkeliaran.
Tiket masuk alas kedaton 43rb udah 2 orang dan pakir motor, di sini melihat kawanan monyet yang dibebaskan, monyetnya sangat banyak gaes, ane agak takut karena katanya biaasanya monyet merasa tertarik dengan kacamata, ane kalau gak pake kacamata gak bisa jelas, akhirnya sama petugasnya dipinjemin tongkat kayu kecil, oiya ane ksini sebenarnya gak sengaja kesini tapi karena lihat aja plakatnya lalu mampir, kemarin pas kesini cukup sepi gaes, entah karena pas gak rame atau gimana, tapi menurut ane B aja sih tempat wisata ini. ane gak lama disini lalu lanjut ke Tanah Lot.

Beraban, Kec. Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali 82121

Kita ke Tanah Lot dari alas Kedaton gak terlalu jauh gaes, oiya masuk kesini totalnya 43rb udah 2 tiket sama parkir, disini melihat pemandangan Pura di tengah tengah laut,  kita tidak bisa turun ke pantai karena waktu itu pas pasang, disini pemandangannya cukup bagus, dan luas banget, jadi harap pastikan kamu tidak lapar, biar kuat buat jalan jalan di sekitaran Tanah Lot.

Kuta

kita berencana untuk melihat sunset, ke Kuta dari Tanah Lot tidak jauh, cuman jalannya banyak yang ditemui titik titik macet, di peta keliatan merah juga, alhasil sampai sana udah jam 6an, eh di bali ternyata sunset nya bukan jam6an, karena hampir jam 6.30 aja masih terang benderang, baru mulai jam7 mulai gelap malam, akhirnya setelah gelap kita pulang , sebelum pulang ke hotel kita beli di Massimo di deket Krisna, rasanya sih kalau tempo gelato kok enakan tempo gelato, lalu kita makan malam di Nasi pedas Ibu Andika, nah disni kalau gak suka pedes mendingan beli menu yang gak pedes aja, karena ane kemarin beli yang pedes ternyata pedes banget buat ane yang gak suka pedes, lalu kita lanjut pulang ke Hotel dah.

Minggu, 16 Januari 2020
kita hari Minggu Berencana ke Kampung Panglipuran, GWK , dan Pandawa
Seperti Hari Sabtu , setelah sarapan jam8 pagi kita cabut ke

Jl. Penglipuran, Kubu, Kec. Bangli, Kabupaten Bangli, Bali 80661

Tiket masuk nya gak mahal kok, 31.000 udah tiket 2 orang dan sudah parkir motor, ngmongin perjalanan. perjalanan cukup memakan waktu 1jam an lebih kayaknya, lalu perjalanan diarahkan ke jalan raya, jalannya kalau di jogja mirip kayak ringroad gitu, cuman motor dan mobil jadi satu, itu yang ane agak ngeri,tapi ketika kira kira 10km an dari lokasi lewat jalan pedesa an.

Sampai sana kebetulan kita pas ada prosesi ane kurang tau acara apa, lalu ada acara nikahan, itu diatas rumah yang memiliki acara nikahan, uniknya di sini emang kampung nya ini beneran di tinggali, bentuk tembok-tembok masih jalan dulu banget, kita bisa masuk ke rumah warga juga, disitu kita bisa melihat rumah aslinya, dan biasanya di rumah rumah tersebut jualan pernak pernnik, misalnya aksesoris dan baju baju gitu. 1 jam an disini kita pulang lanjut ke GWK

GWK (Garuda Wisnu Kencana)
Raya Uluwatu, Ungasan, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali 80364

Sebenarnya masih banyak spot spot foto yang instagram able, tapi ane gak ane tunjukkan semuanya, biar penasaran.hehe tiket disini cukup mahal menurut ane 2 orang kita 200rb gaes, ngmongin perjalanan dari panglipuran ke GWK cukup jauh gaes, 1 jam 30 menitan kayaknya karena ini kan letaknya di daerah selatan, masuk sini kemarin lewat tol, eh malah kesasar ke Pelindo, oiya tol di Bali yang di tengah laut bisa dilalui sepeda motor gaes, untuk masuk bisa pake kartu e-money, skip skip skip. setelah sampai parkiran GWK kita dijemput kendaraan shutte yang bentuk nya kaya kereta mini, lalu sampai loket kita tinggal redeem aja, karena udah beli lewat aplikasi fave. tempat di sini cukup luas gaes. jadi pastikan perut kenyang dulu yak, disini ada berbagai patung besar dan ada pertunjukan pertunjukkan di waktu tertentu, sebenarnya kalau gak pengen capek kita bisa naik kendaraan semacam golfcar tapi mahal perorang 30rb, itu pun tidak keliling, kebetulan kemarin pas datang kesini ada tari tari an. oh iya kemarin kita datang ke patung yang besar itu ternyata setelah sampai kalau mau masuk harus bayar lagi, 100rb an kayaknya didalamnya  berisi museum, tapi ane gak naik sih..ngirit cahhh ..pukul 4.30 kita cabut ke pantai pandawa

Pantai Pandawa

tiket masuk disini 18k udah sama parkir gaes, murah diantara tiket tiket yang lain, disini ane kagum dengan keindahan ketika mau lokasi , ada patug patung dipinggiran jalanan, namun sayang nya untuk pantai sih menurut ane kok B aja yak, hampir sama dengan pantai di gunung kidul, cuman yang beda disini banyak turis turis yang bermain selancar, sebelum jam 7 kita pulang , karena mau ke krisna mencari oleh oleh

Krisna
kita ke krisna untuk destinasi akhir buat nyari oleh oleh, kemarin nyari oleh oleh dari bali seperti pie dan ada beberapa macam lagi, misalnya keripik sambel matah, manisan mangga pedas dan ada kacang kacangan gitu.

Senin, 17 Januari 2020
kita hari senin tidak berencana kemana mana, cuman makan pagi di hotel lalu setelah itu packing barang barang gaes. dan motor sewaan ane minta untuk diambil ke hotel , lalu ke hotelnya naik grab car. ane terbang jam 10.50 tapi karena delay jadi 11.50 , setelah itu turun di bandara solo jam 11.50 karena kan emang beda waktu 1 jam, jadi penerabngan dan turun nya jadi sama, setelah itu naik damri dari bandara ke stasiun balapan naik prameks turun di Stasiun Tugu, setelah itu nggrab sampai rumah gaes.

Oiya tips ane kalau kamu bingung nyari makanan, mendingan buka aplikasi gojek /grab, liat aja di nearby . pasti ada restoran restoran di sekitar lokasi, tinggal kamu searching aja di google alamatnya dengan memasukkan kata kunci nama restoran, dengan aplikasi grab dan gojek bisa lihat harganya juga kan, ane sarankan kalau berdua aja mendingan sewa sepeda motor karena bisa nyari jalan cepat dan terkadang daerah wisata macet, pake motor bisa salip salip deh.. dan jangan lupa bensin selalu di fulltank biar tidak berhenti-henti yang memakan waktu.

berikut ini rincian biaya yang ane keluarkan berdua dengan istri ane

Tiket PP 2 orang  : 2.080.220

Hotel                    : 863.000

Hari Pertama (14-02-2020)
HoKben               :158.000 (makan bertiga dengan teman)
Indomaret            : 25.000+19.000 (beli minuman dan                                           makanan kecil)
Bensin                  : 25.000

krisna oleh2              : 300.000
indomaret es coklat   : 21.000

makan malem           :70.000

nah itu rincian biaya yang ane keluarkan, beberapa ada yang belum kecatat, misalnya grab ke bandara ngurah rai saat pulang dan grab dari tugu ke rumah dan grab pas berangkat, setidaknya bisa membuat gambaran

Semoga artikel ini berguna, kritik dan saran monggo...