Saturday 8 February 2020

Letak Stick Oli Daihatsu Zebra Espass

Letak Stick Oli / Dipstick  Daihatsu Zebra Espass


http://suarahampa.blogspot.com/ jadi ceritanya pak mertua ganti motuba , dari daihatsu charade 97 ke zebra espass tahun 1997, alasannya karena untuk akomodasi bawa barang cukup banyak maka tempatnya kurang gede gaes.


     Pak mertua beli ini plat AB bantul, setelah dinego dapat harga 24.5 dengan kondisi sebenarnya siap pakai, namun sayangnya AC nya tidak dingin, sama steer belum power steering masih power sepiring,alhasil pak mertua keberatan kalau nyetir tanpa power stering, kemarin sih dibelikan power steering sekitar harga 1.5an , ini pompa aja yak, ane liat sih sebenarnya udah ada rangkaian untuk power steering ,tapi tidak ada pompanya.

     Untuk AC juga tidak dingin, setelah ganti kondensor yang lebih besar lumayan dingin,oiya sedikit ngmongin fitur , tipe yang dibeli pak mertua ini udah double blower, tapi ya gitu deh, gak dingin dingin banget lah, karena kompresor nya kecil, entah ori apa bawaan kurang tau,

     Nah kemarin ngmongin soal oli, ini zebra espass udah make yang oli dengan kekentalan 20-50. mungkin penguapannya udah banyak, jadi make yang kentel. lalu kemarin mau lihat level ketinggian oli, eh bingung kemana nih dipstick, sampai googling juga baru nemu ternyata simple gaes. biasanya kan oli deket dengan blok mesin ternyata tidak, karena memang posisi mesin zebra espass 97 ini kan miring, tidak seperti mobil mobil yang ada moncong nya gitu

langsung saja, dimari letaknya
nah perhatikan yang ane merah merahi itu gaes.

coba periksa disitu
nah itu setelah ane zoom, tampak seperti ini

Lalu perhatikan itu ada semacam gagang dipstick, memang gagangnya kayanya udah rusak jadi dikasih cantolan yang penting bisa buat narik kali.

nah itu cantolannya, makanya tidak keliatan gagang dipstick yang biasa berwarna oranye, setelah ane tarik seperti ini

kalau menurut yang ane baca-baca dari google lubang bawah deket ujung itu batas minimal, lalu lubang atas batas maksimal, jadi kalau tidak ada oli nampak di dipstick segera tambahkan, sampai sebelum batas maksimal, kalau ane sih biasa ane tmbahkan di batas maksimal, atau amannya di tengah tengah min max, begitu

Sekian dari ane, terimakasih banyak sudah mampir..






1 comment: