Thursday 13 February 2020

Ciri Mata Silinder

Ciri Mata Silinder



http://suarahampa.blogspot.com/ hayy gaess.. pengen cerita nih..ceritanya kan ane udah make kacamata sejak 10 tahun yang lalu, kira kira tahun 2010 ketika pas ane masuk kuliah, dari ane periksa 10 tahun yang lalu itu ane gak pernah lagi test mata, eh kemarin pulang dari jakarta kacamata ane pecah, alhasil ane test mata lagi buat kacamata baru



Senin kemarin ane test mata di dokter Endang Purwanti, kalau kamu di jogja bisa test dimari gaes, lokasinya yaitu jokteng barat ke selatan dikit sampai nemu perempatan , lihat bangunan sebelah kiri atau timur jalan maka kamu akan melihat sebuah klinik, disitu ada dokter THT dan mata gaes, praktiku setiap hari Senin sampai sabtu jam 6 sore sampai 8 Malam, sampai disini ternyata tidak ada antrian, antriannya hanya urutan siapa yang datang duluan, jadi km harus inget siapa yang terkakhir sebelum kamu.

Pukul 7 ane dapat giliran, ane langsung disuruh test dengan autorefraktor, disitu ane cuman disuruh melihat gambar aja didalam nya, nanti mata kita akan fokus sendiri, oiya kalau kamu sebelumnya berkacamata maka kamu disuruh melepas dulu, nah ane dicoba bergantian dan akan muncul hasilnya, setelah di liat ternyata ane menderita minus untuk mata kanan -4.75 dengan silinder - 2 dan mata kiri -4.25 dengan silinder - 1. wow ane shock ternyata selama ini yang bikin ane buram ada silinder nya juga. ane masih belum percaya

Setelah itu ditest pake semacam mata kita disenteri kayak teropong , kalau gak salah untuk melihat seberapa silinder mata kita, CMIIW

Setelah itu kita dicoba dengan hasil komputer tersebut dengan melihat object dengan jarak 3 meteran, dengan tulisan test snellen di tampilkan di layar komputer, setelah dicoba dengan trial lens dengan ukuran sesuai komputer ternyata mata ane terlalu zoom out banget, dan terlalu berat, akhirnya diturunin ketemu 3.25 , ane dicoba pake minus 3.50 ternyata masih zoom out, suka nya dokter ini adalah tidak melulu dengan komputer gaes..setelah itu ane dapat kwitansi dengan biaya cuman 50rb aja..wow sangat murah sekali, kirain 100rb an ,..hehe

Selanjutnya ane bawa ke tukang optik dah, oiya gejala dari silinder atau dalam istilah medis Astigmatisme yang ane rasakan adalah

-  ane tidak bisa melihat dengan jelas ketika malam hari, nah ini yang paling ane rasakan, yaitu ketika malam hari maka lampu lampu cahaaya terlihat ngflare banget dan ane gak bisa baca tulisan dengan jelas dengan jarak yang jauh

- tidak nyaman melihat tulisan di menu misal fastfood, ketika ane melihat menu ane gak bisa baca tulisan di menu dengan jelas, dan ane perlu mengernyitkan mata untuk melihat dengan jelas

- garis pada object double2 dan tidak tegas, nah coba kamu lihat sebuah misal object kabel yang ada dijalanan, coba lihat object dengan jarak jauh, maka kabel tadi tidak terlihat tegas, tapi ada bayang bayang.


Nah itu yang ane rasakan  ketika silinder menyerang mata ane, mulai sekarang ane perlu extra hati hati dengan gadget, karena posisi sambil tiduran bisa bikin silinder, dan kalau baca baca cahaya nya tidak redup.

Alhamdulilah kacamata dah jadi, tapi ane saat ini masih penyesuaian, karena kacamata silinder berasa berbeda dengan kacamata minus aja.

No comments:

Post a Comment