Wednesday 6 March 2019

Review DSLR Nikon D3000

Review DSLR Nikon D3000


jadi ane tu akhir-akhir ini suka sama foto-foto sob, kepengen punya kamera DSLR gitu, kenapa gak mirrorless aja ? karena ane cukup kismin untuk beli itu,lagian ane juga masih mencoba-coba, yaudah lah ane taun lalu beli kamera Nikon D3000 di Marketplace dengan harga 2.2 jt, pikiran ane sih kalau akhirnya ane bosenan yaudah gak terlalu rugi gitu hlo, kalau beli yang mahal-mahal takutnya ane bosenan lalu malah rusak karena gak di pake.


     Kamera DSLR Nikon ini adalah kamera yang cukup populer untuk pemula , nubitol seperti saya ini, kamera ini rilisan taun 2009, ane belinya di tahun 2017 kalau gak salah,wkwkwk ketinggal banget ya, tapi tak apalah daripada ane gak beli, malah bikin penasaran seumur hidup kalau gak ngrasain DSLR. Dulu belinya Fullset, ada kardus, manual book, 1 Body Nikon D3000, 1 unit lensa kit 15-55mm , 1 unit baterai beserta charger dan strap.

     Kamera ini mempunyai kemampuan resolusi maksimal 10mp 2896x1944, ane kira dulu 16mp ternyata cuman 10aja, lah bayangkan kamera HP ane aja 16mp, ini DSLR cuman 10mp, tapi ternyata walaupun 10mp hasilnya tetap beda dengan yang di kamera HP, zaizalah ya.dari fisiknya kita bisa melihat  bagian samping kanan ada slot MMC , bagian bawah adalah tempat untuk baterai oiya baterinya mempunyai kapasitas 1080mAh,sedangkan samping kiri ada slot colokan mini USB, V-out , buat apa sih ini ? kali buat menayangkan ke sebuah layar yak?. lalu di dekat lensa ada tombol Fn, untuk timer serta ada button kecil untuk menyalakan Flash. kita lihat button di atas ada button bulat yang berfungsi untuk milih-milih mode foto, button info button setting konfigurasi Exposure dan button on off, sedangkan di belakang ada sebuah layar dengan ukuran 3 inch,nah sayangnya layarnya tidak bisa live view, kalau mau memfoto gak bisa lihat lewat layar, musti pake view finder sob, ada button navigasi, button play, dan button zoom in zoom out.

     Masuk ke settingan, kamera ini memiliki ISO range 100-1600 sob, range shutter speed 30/01/4000. Focus mode ada pilihan Auto-Servo AF,  Single Servo AF, Continuous Servo AF dan manual Fokus. lalu untuk AF-area mode ada pilihan, single point, dynamic point, auto area dan 3D-Tracking 11 point,  oiya kamera ini sudah dilengkapi juga penghapusan debu, dan Built in Flash,cocok untuk mengambil foto yang minim cahaya. 

     Pertama kali beli ane gak tau sama sekali cara pengoperasian kamera ini , lalu ane minta tolong temen ane yang paham tentang kamera ini, gak lama ane bisa mengoperasikan cara-cara penggunaan untuk pemula, sebenarnya bisa baca-baca di manual book, tapi ane lebih suka diajarin, bilang aja males baca, haha. nah sayangnya ada cacat pada kamera yang ane beli, ketika di zoom ada semacam bunga es yang berwarna warni, menurut temen ane sih itu ada jamur di sensornya, karena setelah ane ganti lensa dengan yang lain tetep ada bunga es warna warni sob.  sayangnya lagi ternyata kamera ini gak bisa buat ngrekam video, jadinya cuman buat foto aja sob, kalau kamu pengen beli DSLR murah untuk pemula dimana penggunaan pengen memvideo maka pikirkan kembali, karena fitur itu tidak tersedia di D3000. Menurut ane sih dengan harga 2.2 udah dapat fullset udah cukup best deal banget untuk belajar foto. ya siapa tau besok ada rejeki bisa beli mirorless. haha. oiya ane juga udah beli lensa FIX, ya biar cucok buat foto-foto yang bokeh-bokeh itu, hasil foto ane bisa diliat di IG ane, kali aja temen-temen ada yang pengen beli D3000 lalu pengen lihat gambar yang dihasilkan kamera tersebut, ini link IG ane @dennywidyatmoko. tapi beberapa foto udah melalui editing seperti snapseed sama adobe lightroom sob. kendala ane menggunakan kamera ini adalah ketika ane gak pake flash maka shutter speed kan biasanya membutuhkan agak lama ya, jadinya ketika goyang dikit itu gambar ngblur, beda dengan kamera Nikon D5300 milik temen ane, gak gampang blur ketika low light, 

yaudah ane kasih hasil foto nya disini yang belum melalui proses editing.
 . 

gambar diatas hasil menggunakan lensa kit bawaan, sedangkan dibawah ini menggunakan lensa fix yongnuo 50mm.



okay makasih sob udah mampir diblog ane, banyak kesalahan mohon dikoreksi yak...

3 comments: