Friday 4 September 2020

hati - Hati Penipuan Mengatasnamakan Sekuritas Indopremier

hati - Hati Penipuan Mengatasnamakan Sekuritas Indopremier



Jadi beberapa waktu ane dapat DM nih, intinya mas nya pengen menambahkan account tabungan di akun indopremiernya, oiya yang belum tau Indopremier adalah sekuritas keuangan gaes, kita bisa membeli saham / obligasi / reksadana melalui perusahaan ini, intinya perusahaan soal keuangan dah.


okay lanjut yak, jadi ane sarankan untuk menghubungi email atau telepon, nah ane juga bilang kalau email biasanya balesnya lama, nah ane menyarankan untuk menghubungi via telegram, seperti yang kita ketahui indopremier ada akun bot disana yang official yak, 

kronologi penuturan dari mas nya yang kena tipu ini adalah dia udah ngchat di akun yang valid sesuai ane kasih url nya, namun karena akun official ipot ini emang kadang slowrespon di jam tertentu (di luar jam kerja ) mas nya ini menghubungi akun ipot lain, dimana akun tersebut bisa jadi digunakan penipu untuk mengelabui korban.

oiya untuk akun officialnya ini yak. jangan sampai ada korban kesekian , karena indopremier official juga pernah mewanti wanti untuk berhati-hati karena diluar sana banyak orang ngaku2 gaes..ngaku punya pacaran misalnya tp ternyata jomblo..eh ngga ding bukan itu..haha


perlu diperhatikan di akun official ada logo centang artinya verified, tidak semua orang bisa verified akun yak. untuk url nya saat ini akun telegramnya adalah https://web.telegram.org/#/im?p=@IPOTBOT itu ya, jangan sampai salah.

balik lagi dengan kronologi kata masnay yang kena penipuan, jadi si akun scam ipot ini meminta fotokan kartu atm, nah perlu diketahui di kartu data nomor kartu , valid date /tanggal kadaluarsa / dan kode cvv itu sangat penting ya, itu kalau orang lain tau bisa buat ditransaksikan tinggal OTP nya aja apakah orang bisa dikelabui atau engga.

kata masnya akun bank mas nya di konekkan ke salah satu marketplace yang terkenal di indonesia, dari sms itu ada OTP nya, nah entah gimana ceritanya kok mas nya sampai ngasih OTP ke penipu, ketika OTP udah dipegang maka uang udah berhasil diambil oleh penipu. mas nya baru sadar ketika udah hampir 2kali .

intinya dari saya adalah jika ada siapapun yang meminta fotokan kartu atm itu jangan pernah, itu penipuan, pihak bank pun tidak pernah nanya sampai ksitu gaes, karena itu adalah super confidental banget, jangan pernah di infokan nomor kartu /valid date/ dan kode CVV nya.

satu lagi kalau ada OTP tapi kamu tidak merasa transaksi jangan pernah dikasih, karena kalau udah ada OTP masuk dan kamu tidak transaksi bisa jadi penipu / pihak yang bertanggung jawab sudah mengetahui idenitas kartumu, amannya jika udah begini minta bank untuk memblokir kartu dan minta kartu baru serta minta nomor kartu yang baru, nah OTP menjadi kunci terakhir, jika penipu berhasil mengambil OTP maka uangmu akan hilang. so perlu dingat betul betul jangan pernah ngasih OTP ke orang lain yak. 

terakhir ane cuman mau bilang , buat mas nya yang kena penipuan ini semoga mendapatkan ganti nya dan kedepannya lebih aware, ini pun pengingat buat kita semua, semakin canggih teknologi kalau kita gak paham bisa berbahaya gaes. untuk tanya tanya bisa hubungi saya ya, misal berbau penipuan. terimakasih sudah membaca dan selalu waspada.

No comments:

Post a Comment