Saturday 19 September 2020

Ganti kopling set blazer

 Ganti kopling set blazer


halo gaes, lama gak update artikel #CeritaBlazer nih, ini ane ada bahan artikel tentang kebo ane, udah lama gak update , hari ini ane nulis lagi dah.


berawal dari oli suka netes kalau dipanasin, ane nanya kesana kemari itu ada tanda kalau seal as kruk belakang dah keras, karena indikasinya adalah olinya netes saat jalan, cuman kalau kondisi diam gak netes, nah ini lebih merogoh kocek dalam dibanding cuman netes dari oil pan atau karter, karena kalau seal as kruk belakang ini maka harus turun transmisi gaes.

udah ane biarin cukup lama sih, asal setiap mau make harus cek level oli, usahakan tetap ane pastikan di poisisi level max, biar mesin aman terlumasi. lalu berhubung ane belum ada uang ane tahan dulu hampir 6 bulanan, nah bulan ini ane udah mulai kerja jadi ada uang buat perbaiki nih motuba.

bulan ini emang ane berniat untuk benerin itu kebocoran biar gak cak cek cak cek level oli sama biar garasi gak kotor karena oli. 

kemarin minggu ane bawa ke bengkel, disana dicek emang kayaknya beneran seal kruk belakang gaes, ngalamat turun transmisi, nah kemarin udah ane ambil tu boil semingguan ane inepin disana karena emang bisanya ane hanya sabtu atau minggu.

oiya ane juga minta tolong buat ngecek kopling set juga, karena biar pekerjaannya sekali turun ganti juga, di ceritanin mas montir ternyata emang bener ini kopling juga gak lama lagi habis gaes, ane sih ngerasa kopling keras dan agak dalam, setelah itu berasa tidak ada tenaganya ni kebo, ane tanya tanya harga nya 1 set itu 1.8 juta merk acdelco gaes. itu satu set ya, karena bagusnya emang kalau ganti kopling itu satu set sekalian.

sedikit info di blazer ini tidak ada settingan buat nyeting kopling, jadi kalau udah berasa dalam itu emang waktunya ganti, kalau di mobil mobil lain kan ada settingannya, kalau dah berasa dalam bisa di pendekkan, nanti kopling akan pendek sendiri kalau udah diganti baru.

setelah ane coba emang beneran rasanya enteng koplingnya, lalu ni boil juga ada tenaganya, gak ngempos gitu, emang sih selama di ane ini kopling belum pernah ganti kopling set nya, oiya ngomongin kopling set ini juga biasanya baut jangka panjang kok, jadi lebih baik beli yang bagus sekalian gaess.

kata suhu Oppa Baracuda kopling ini bisa bertahan dengan pemakaian 40rb sampai 60rb, namun itu soal awet tidaknya tergantung pemakai nya misalnya kebiasan buruk menggantung kaki di kopling bikin kopling akan bergesekan sehingga makin lama akan terkikis pelan pelan kanvas koplingnya, kebiasaan buruk lainnya adalah ketika di tanjakan posisi macet suka setengah kopling, karena baiknya daripada makai terus terusan setengah kopling lebih baik mobil depan berjalan lebih dahulu lalu kita jalan dengan gigi satu dengan melepas kopling , jadi intinya dikurangin main setengah koplingnya, pengguna mobil biasanya juga sering main setengah kopling ketika mencoba menahan mobil di tanjakan, nah ini lebih baik mobil di netralkan lalu tarik handrem, jadi usahakan kopling dilepas gitu.

gitu dulu ya sob soal kopling, ada cerita lain setelah ini, yaitu kemarin ane dikerjain banget sama motuba, jadi kemarin pas mau pulang itu radiator bocor gaes..dah besok lagi ini. karena si kebo baru dikerjain di bengkel deket rumah. bye bye makasih dah mampir





No comments:

Post a Comment