Saturday 24 October 2020

Starter Blazer Bunyi Cetek cetek

 Starter Blazer Bunyi Cetek cetek


Halo gaes, permasalahan motuba emang gak berenti berenti yak, makin tua makin problemnya keliatan aja, kemarin habis ganti kopling set, ganti radiator, eh kemarin malah mati starternya.


problem ini berawal kemarin ane kan ceritanya mau manasin mobil, lalu ane kebetulan ada kiriman ke JNE, akhirnya ke JNE  lalu pas pulang mau masuk gang rumah eh mesin mati karena telat gas nya, ane sering banget begini, lalu ane coba hidupkan ulang bunyi cetek, cetek. waduh apanya yak.


dari video diatas keliatan ya bunyi cetek ceteknya, coba dengarkan baik baik kalau gak kedengeran, karena ini kipas ikut muter juga jadi suara ketutupan kipas

ini pengalaman pertama di ane si blazer cetek cetek, langkah yang ane cek selanjutnya adalah cek tegangan aki,ane cek tuh dengan avometer digital tegangan masih 12an, artinya ini harusnya bisa starter, ane coba cek klakson serta hidupkan lampu, klakson bunyi nyaring dan lampu juga masih hidup terang.

okay lalu ane memvonis kayaknya dinamo starternya bermasalah nih, akhirnya ane minta tolong tetangga buat mendorong meminggirkan, haha mereka udah kayak olahraga, berat bet si motuba blazer ini katanyha.

lalu sampailah ke rumah tetangga yang ahli permobilan, dicoba dilangsung starternya tetep cetek cetek, karena menurut pengalaman kadang di langsung nanti bisa eh ini udah cetek cetek aja tetep gak nyala nyala. akhirnya mau gak mau dibongkar.

tau sendiri blazer DOHC tempat dinamo starternya nyempil, kalau gak ahli nyopotnya bisa lama, kebetulan tetangga ane punya banyak peralatan jadi tanpa harus bongkar manipol bisa dicopot dari bawah, copotlah dinamo staternya.






nah itu penyebab cetek cetek yaitu di switch starternya , kalau waktu dinamo starternya kemarin sih gejalanya berat putaran nya pas starter saat panas , kalau ini cetek cetek aja bunyinya

karena ada tembaga yang gak nyambung, dia aus karena sering terpakai ada legokan, ya maklum lah namanya barang tua, diliat itu keliatan kan ada legokannya. lalu diakali dibalik kuningannya dan diganjel biar lebih nonjol. wkwk kemarin tetangga gak bilang sih, kalau bilang ane belikan aja , harga 170rb an utnuk switch nya, cuman ya nunggu 3 hari karena beli di online shop.

Setelah diperbaiki dipasang dan distarter terasa lebih enteng, mungkin ya masuk akal karena kalau ada reggangan kan otomatis listrik gak full masuk, kalau rapetkan listriknya jadi full, starternya berasa ringan dan hidup lagi...alhamdulilah kebo hidup.

Ciri ciri switch bermasalah salah satunya cetek cetek aja, ini kalau darurat bisa sih didorong lalu masuk gigi 3 misalnya, tapi kalau mati ya dorong lagi, kalau liat tutorial switch di beberapa mobil dinamo starternya tempatnya gak nyempil jadi bisa di jumper atau apalah namanya di switch nya jadi pake obeng di tempelkan kedua kutub, tapi jangan sampai kena body karena bisa bahaya, takutnya terjadi short, kemarin sih gak berani di terapin diblazer karena rawan nyanggol deh.

segitu dulu sob permasalahan blazer ini, kalau ada pertanyaan bisa kirimkan komentar dibawah yak


No comments:

Post a Comment