Saturday 10 October 2020

Mengembalikan menu dual boot yang hilang pada windows

 Mengembalikan menu dual boot yang hilang pada windows


mungkin kamu saat in  baru pusing gimana ngembalikan menu windows di boot menu yang hilang  ? maka anda sudah benar memasuki artikel ini gaes, baca dengan seksama ya.

ceritanya ane kan udah install windows 10 di drive C, nah karena ini windows suka automatic update maka ane install win 7 di drive lain, tau sendiri update an win 10 gb ini makan kuota, kalau kuota kita unlimited gpp sih, tapi kalau terbatas merepotkan.

lalu ane install windows 7 di drive lain, skip skip sudah selesai kok ternyata pas restart pilihan windows 10 hilang. wah kemana nih ? ane kan bingung ya, akhirnya ane googling dan menemukan aplikasi untuk mengembalikan menu boot yang hilangm yaitu apps nya adalah EasyBCD,

Seperti nama nya "easy" ini apps sangat mudah sekali, coba aja googling dan download appsnya, lalu install , appsnya kecil kok, gak sampai 10mb kayaknya gaes.

setelah terinstall kamu akan melihat screen seperti ini'


 perhatikan ada menu menu disamping kiri, ada view setting untuk melihat menu settingan, ada edit boot menu yang isinya kita bisa set default mana yang mau dipakai, set countdown sebelum automatic dan lainnya, dan menu add new entry, nah poinnya ada disini gaes. kita langsung masuk ke menu add new entry


bisa dilihat disitu ada pilihan untuk menambahkan windows, linux, mac dan neogrub, namun yang ane bahas adalah ngembalikan windows 10 tadi.

Berdasarkan gambar di atas adalah langkah pertama

1 ) pilih type, nah disitu ada keterangnanya kalau ane milih windows vista / 7/ 8/ 10

2 ) name ini berguna untuk memberikan nama di boot menu nanti.

3 ) drive . nah ini penting jadi alamt directory disesuaikan dimana kamu tadi install win 10, ini harus benar ya

4 ) langkah terakhir adalah tap button "+" warna hijau tersebut artinya boot menu udah tersimpan.



langkah selanjutnya adalah masuk ke edit boot menu

nah disitu kamu bisa set deafultnya yang mana, klaau ane sih pengen win7 karena ane butuhnya win 7, kalau win 10 buat kerja aja, jika kamu sudah yakin maka tinggal save. setelah itu restart.

Setelah restart apakah muncul grub menunya ? kalau belum muncul kemungkinan salah, kalau error berarti bisa jadi alamatnya drive salah gaes.

oiya kalau ada kendala bisa tulis komentar disni, siapa tau ane bisa bantu atau hub via telegram di about me kontaknya, thanks dah mampir gaes..bye bye


No comments:

Post a Comment