Saturday 10 October 2020

Selang radiator pada bocor karena tutup reservoir

 Selang radiator pada bocor karena tutup reservoir 



halo selamat weekend gaes, artikel ini masih membahas soal motuba ane si mbah blazer,  artikel ini membahas tutup reservoir ternyata punya fungsi penting bagi cooling system blazer ini.




Sebelumnya blazer ane tu mengunakan tutup raditor yang seperti digambar di atas tersebut, kalau diliat memang beda dengan tutup orinya blazer, ada 2 lubang valve kalau di orinya, klaau itu cuman 1 aja.

nah kemarin itu problemnya adalah setelah ganti radiator dan mengunakan tutup di atas (katanya sih tutup aveo) maka selang selang di blazer ane tu pada bocor gaes, mulai dari sambungan T, sambungan bawah reservoir, sama sambungan yang di atas ban itu. pokoknya pindah pindah, dia mencari titik terlemah kayaknya.




Setelah ane googling di grup FBI ternyata ketika menggunakan tutup diatas ada juga yang mengalami hal yang sama , yaitu selang selang pada bocor gitu, bahaya kalau buat jalan karena kita gka tau kalau ada kebocoran , taunya tau tau indikator panas udah di redline aja,




usut punya usut ternyata memang tekanan bukaannya di bawaan dan tutup aveo tersebut kalau buat blazer harus ada modif dikit, yaitu dengan cara melubangi 1 lubang misal menggunakan peniti dibagian yang ane lingkari merah kecil itu. tujuannya biar si angin itu bisa keluar lebih cepat dibanding tanpa dilubangi, karena rilis tekannya kalau di tutup diatas lebih tinggi dari pada tutup bawaan. 



nah ni wujud tutup bawaanya, ada tonjolannya yang ada valve nya buat mengeluarkan tekanna yang lebih, tutup kuning ini mempunyai fungsi vital, kalau tidak bekerja bisa jadi nanti air radiator kalau panas akan meluap dari tabung reservoir, bisa juga selang selang yang udah pada getas akan bocor.


kemarin sih karena ane gak percaya dengna tutup kuning ini apakah vital atau tidak ane coba sendiri, yaitu pas selang bocor saat menggunakan tutup aveo ane gak benerin, langsung ane pasang tutup bawaan lalu ane coba buat muter muter, lalu ane cek di kolong, ternyata bocor tadi udah gak ada, berarti bener ini tutup rilis tekanannya cepet dibanding tutup aveo tadi, 

Seperti yang kita ketahui kalau di blazer ini rilis tekannya bukan ditutup item radiator, tapi ditabung reservoir, kalau di tutup boil jepangan kan valvenya ada di tutup radiator, kalau di motuba blazer ini rilis tekanan di tutup reservoir, jadi pastikan tutup tidak error biar cooling system berjalan dengan sempurna.

thanks sudah membaca gaes..ini berdasarkan kisah yang ane alami sendiri ya.







2 comments: